Comscore Tracker

Mendaki Bukit Dandaun di Lombok, Dijamin Ketagihan!

Dekat Gunung Rinjani, rutenya cocok untuk pendaki pemula

Sembalun yang ada di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) jadi surganya para pegiat hiking atau trekking. Sebab kawasan pegunungan ini punya banyak pilihan bukit untuk didaki. Mulai dari yang mudah hingga yang susah, semuanya ada. Salah satu bukit yang termasuk mudah untuk dijangkau adalah Bukit Dandaun.

Bukit Dandaun juga menawarkan keindahan pemandangan khas pegunungan yang luar biasa dan savana luas yang jadi lokasi favorit untuk berkemah. Bukit Dandaun dan savananya jadi pilihan lain untuk menikmati Gunung Rinjani tanpa harus berhari-hari mendaki Gunung Rinjani.

1. Rute perjalanan ke Bukit Dandaun

Mendaki Bukit Dandaun di Lombok, Dijamin Ketagihan!dok.pribadi/Eka Fitriani

Bukit Dandaun berada di Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Untuk menjangkau lokasi ini, pengunjung bisa melewati jalur utara atau jalur timur dengan sepeda motor atau mobil.

Jika perjalanan dimulai di Kota Mataram rute jalur utara adalah Kota Mataram – Pusuk (Lombok Utara) – Pemenang – Bangsal – Tanjung – Gangga – Kayangan -Bayan – Senaru – Desa Biluk Petung – Desa Sembalun Bumbung. Kemudian jika memilih jalur timur maka rutenya adalah Kota Mataram – Narmada – Mantang – Kopang – Terara – Sikur – Masbagik – Aikmel – Suela – Desa Sembalun Bumbung.

2. Rute pendakian ke Bukit Dandaun

Mendaki Bukit Dandaun di Lombok, Dijamin Ketagihan!dok.pribadi/Eka Fitriani

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan dimulai dari pos registrasi atau lokasi parkir yang terletak di perkampungan warga tepat di bawah Bukit Dandaun.

Perjalanan ditempuh dengan melewati kebun warga setempat lalu melewati punggungan bukit dengan estimasi waktu tempuh sekitar 1 jam 40  menit untuk sampai di puncak Bukit Dandaun. P

erjalanan mendaki hingga puncak termasuk jalur yang mudah dilewati sebab jalur landai dan sedikit bebukitan yang tidak terjal, cocok untuk pemula yang ingin mencoba pendakian.

3. Berkemah menanti sunrise indah di puncak Bukit Dandaun

Mendaki Bukit Dandaun di Lombok, Dijamin Ketagihan!dok.pribadi/Eka Fitriani

Beberapa pengunjung memilih untuk berkemah di puncak Bukit Dandaun menikmati pemandangan persawahan dan bebukitan di depan mata dan pemandangan Gunung Rinjani yang menjulang tinggi terlihat di belakang tenda.

Selain bermalam menghabiskan waktu dengan berkemah bersama kerabat dan keluarga, puncak Bukit Dandaun jadi lokasi menikmati matahari terbit yang memukau. Lekas bangun pagi-pagi agar tidak melewatkan pengalaman menonton sunrise cantik di puncak bukit ini.

Baca Juga: Mengenal Ragam Fauna Taman Nasional Gunung Rinjani, Apa Saja? 

4. Padang Savana Dandaun jadi lokasi camping favorit

Mendaki Bukit Dandaun di Lombok, Dijamin Ketagihan!dok.pribadi/Imam Ahmad Askalani

Selain puncak Bukit Dandaun, terdapat juga savana yang ada di bawah Bukit Dandaun yang menjadi lokasi favorit para pengunjung untuk berkemah. Untuk menuju Savana Dandaun, pengunjung melanjutkan perjalanan menuruni bukit selama sekitar 20 menit.

Di sini, pemandangannya juga tidak kalah menarik untuk disaksikan. Sehingga tidak heran jika banyak pendaki yang memutuskan untuk mengambil gambar di savana ini.

5. Bukit Dandaun jadi lokasi trail running

Mendaki Bukit Dandaun di Lombok, Dijamin Ketagihan!dok.pribadi/Eka Fitriani

Selain jadi lokasi trekking dan camping, Bukit Dandaun juga jadi lokasi berlari bagi para pegiat trail running. Rutenya disebut run-able atau bisa dipakai lari karena medan yang tidak terlalu teknikal.

Jarak yang cenderung pendek namun menyuguhkan elevasi atau ketinggian yang lumayan menantang dan juga view yang cantik khas perbukitan Sembalun dengan panorama desa-desa dan juga view Gunung Rinjani.

6. Tetap utamakan keselamatan dalam mendaki

Mendaki Bukit Dandaun di Lombok, Dijamin Ketagihan!dok.pribadi/Eka Fitriani

Walaupun Bukit Dandaun dan padang savananya tidak begitu sulit untuk dijangkau, tetaplah melakukan persiapan dan menggunakan perlengkapan pendakian yang sesuai standar, mulai dari alas kaki, tas, tenda, pakaian dan perlengkapan lainnya.

Jangan ketinggalan untuk membawa jaket hangat karena lokasi ini cukup dingin dan kerap berkabut. Jangan sampai karena perlengkapan yang tidak memadai, pendakian menjadi tidak nyaman atau malah berisiko membahayakan keselamatan pendaki. Jangan lupa juga untuk membawa turun kembali sampahmu ya!

Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba pendakian di Bukit Dandaun?

Baca Juga: 10 Potret Terbaru Pesona Gunung Rinjani, Surganya para Pendaki!

Eka Fitriani Photo Community Writer Eka Fitriani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya