Comscore Tracker

5 Aktivitas Seru saat Berwisata di Gunung Jae Lombok, Bisa Berkemah!

Destinasi wisata alam danau yang indah di Lombok NTB

Gunung Jae merupakan salah satu kawasan wisata alam yang dimiliki oleh Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung Jae memiliki daya tarik pemandangan danau yang tenang dengan dikelilingi oleh bukit-bukit di kejauhan dan sawah-sawah hijau yang terbentang sejauh mata memandang.

Destinasi wisata alam Gunung Jae terletak di Desa Sedau, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Terletak sekitar 22 kilometer lebih ke arah timur dari Kota Mataram atau dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari Kota Mataram.

Setiap harinya kawasan wisata ini tak pernah kehilangan kunjungan dari para wisatawan. Terlebih lagi saat akhir pekan, wisatawan yang datang biasanya memboyong pasangan, teman dan keluarga untuk menikmati suasana dan pemandangan yang disuguhkan. Cukup dengan membayar tiket masuk yang terbilang masih terjangkau, yakni Rp5000 per orang.

Tak heran jika wisatawan berbondong-bondong datang ke kawasan wisata ini, sebab selain menawarkan keindahan alamnya, beragam fasilitas pun lengkap tersedia mulai dari toilet umum, berugak (gazebo), colokan listrik, musala, tempat penyewaan tenda, dan deretan lapak yang menawarkan ragam makanan dan minuman.

Tak cukup di situ, beragam aktivitas menarik pun dapat dilakukan pengunjung di kawasan wisata Gunung Jae. Apa saja? Yuk kita simak!

1. Jalan-jalan

5 Aktivitas Seru saat Berwisata di Gunung Jae Lombok, Bisa Berkemah!Berkemah di pinggir danau Gunung Jae Lombok (dok. pribadi/Eka Fitriani)

Aktivitas yang umumnya dilakukan oleh pengunjung di kawasan wisata Gunung Jae adalah berjalan kaki mengelilingi danau. Berjalan kaki di kawasan ini terasa begitu menyegarkan sebab banyak melewati pepohonan rindang dengan pemandangan danau yang menawan.

Di samping itu juga, area pejalan kaki begitu bersih dan nyaman. Berjalan kaki mengelilingi area Kawasan yang total luasnya sekitar 10 hektare ini pun terasa menyenangkan.

Baca Juga: 10 Pantai Paling Populer di Pulau Lombok yang Wajib Dikunjungi 

2. Berkemah

5 Aktivitas Seru saat Berwisata di Gunung Jae Lombok, Bisa Berkemah!Berkemah di pinggir danau Gunung Jae Lombok (dok. pribadi/Eka Fitriani)

Berkemah menjadi aktivitas favorit bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama menikmati keindahan kawasan ini. Telah tersedia camping ground atau spot-spot untuk mendirikan tenda.

Para pengunjung dapat membawa sendiri perlengkapan berkemah ataupun dapat menyewa di lokasi. Saat berkemah jangan lupa untuk mengenakan pakaian hangat sebab udara cukup dingin di kawasan yang berada di lokasi ketinggian sekitar 25 - 30 meter di atas permukaan laut ini.

3. Piknik

5 Aktivitas Seru saat Berwisata di Gunung Jae Lombok, Bisa Berkemah!Piknik dan nge-grill seru di pinggir danau Gunung Jae Lombok (dok. pribadi/Eka Fitriani)

Piknik merupakan salah satu aktivitas yang mengasyikkan dan juga banyak dilakukan oleh para pengunjung. Lokasi piknik tersedia di pinggiran danau dengan menggelar tikar di atas rerumputan hijau yang terbentang di sepanjang pinggiran danau. Biasanya para pengunjung yang piknik membawa perlengkapan dan hidangan grill-nya.

Namun satu hal menjadi sedikit tantangan saat melakukan aktifitas ini adalah saat kondisi tertentu angin tak lagi sepoi-sepoi, namun sedikit kencang yang membuat nge-grill membutuhkan effort lebih karena harus menjaga api kompor yang bergoyang-goyang saat tertiup angin.

4. Naik Perahu

5 Aktivitas Seru saat Berwisata di Gunung Jae Lombok, Bisa Berkemah!Sejumlah pengunjung mencoba naik perahu di danau Gunung Jae Lombok (dok. pribadi/Eka Fitriani)

Karena berenang di danau Gunung Jae ini dilarang, maka sebagai alternatif lainnya pengunjung dapat memanfaatkan wahana perahu yang tersedia. Naik perahu menjadi aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan.

Terdapat sejumlah wahana perahu dengan harga sewa yang terjangkau bagi pengunjung untuk menikmati suasana dan keindahan dengan mendayung mengelilingi danau. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan menjaga keselamatan saat bermain perahu ya!

5. Memancing

5 Aktivitas Seru saat Berwisata di Gunung Jae Lombok, Bisa Berkemah!dok. pribadi/Eka Fitriani

Aktivitas yang tak kalah seru yang bisa dilakukan di Gunung Jae adalah memancing. Pengunjung yang datang banyak juga menghabiskan waktunya dengan memancing. Bagi para pencinta kegiatan memancing, tentu saja danau Gunung Jae merupakan lokasi yang tepat.

Sembari menunggu ikan berhasil tersangkut pada kail, pemancing dapat dengan leluasa menghirup udara segar Gunung Jae ditambah pemandangan hijau yang tentu memberikan ketenangan dan kesejukan.

Itulah lima hal yang dapat dilakukan untuk menambah keseruan saat berwisata ke Gunung Jae. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempat sampah, ya. Sehingga pariwisata yang ada tetap terjaga kebersihannya dan indah dipandang mata.

Baca Juga: Resep Singang, Kuliner Nikmat dari Pulau Sumbawa 

Eka Fitriani Photo Community Writer Eka Fitriani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya