Sirkuit Elit - Tikungan Sulit, Rider MotoGP Habis-habisan di Mandalika

Kecelakaan terjadi di sejumlah tikungan Sirkuit Mandalika

Lombok Tengah, IDN Times -  Ajang balap MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 13 – 15 Oktober 2023 berlangsung sengit. Para pembalap berjuang habis-habisan demi naik podium. Beberapa dari mereka mengalami kecelakaan sejak latihan bebas pada Jumat (13/10/2023). Bahkan hingga sesi balapan utama pada Minggu (15/10/2023),  sebanyak tujuh pembalap jatuh dan tidak melanjutkan balapan hingga akhir lap.

Kecelakaan pertama dialami oleh Marco Bezzecchi. Pembalap Mooney VR46 Racing Team ini terpental keluar lintasan di tikungan ke-11 Sirkuit Mandalika. Marc Marquez juga hampir terjatuh di tikungan ke-7, namun Marc berhasil menyeimbangkan kembali kendaraannya dan melaju hingga finis. Itu terjadi saat sesi latihan bebas pertama (free practice 1) pada Jumat (13/10/2023).

Pada sesi practice di hari yang sama, kecelakaan pertama dialami oleh Jack Miller di tikungan ke-11. Tak berselang lama, Augusto Fernandez dan Brad Binder terlibat crash di tikungan yang sama. Kemudian Aleix Espargaro juga mengalami kecelakaan di tikungan ke-10.

Sementara pada latihan bebas kedua pada Sabtu (14/10/2023), Augusto Fernandez dan Miguel Oliveira terlibat kecelakaan pada tikungan ke-1. Keduanya kemudian tidak bisa melanjutkan balapan hingga akhir lap. Disusul oleh Marc Marquez yang jatuh pada tikungan ke-11. Pada MotoGP Mandalika 2022, Marc juga terjungkal di tikungan yang sama.

Kecelakaan para pembalap MotoGP ini masih berlanjut pada babak kualifikasi. Marc Marquez kembali jatuh, kali ini pada tikungan ke-13. Sementara Marco Bezzecchi dan Jorge Martin sama-sama kecelakaan di tikungan ke-16.

Pada sesi sprint race, kecelakaan masih terjadi. Brad Binder dan Aleix Espargaro terlibat kecelakaan di tikungan ke-16. Saat itu, balapan masih satu lap. Kemudian Marc Marquez lagi-lagi kecelakaan di tikungan ke-11 pada lap pertama. Nampaknya tikungan ke-11 ini menjadi tikungan yang sulit dilewati oleh Marquez. Ketiganya kemudian tak bisa melanjutkan balapan hingga akhir lap.

Tiba saatnya balapan yang ditunggu-tunggu, yaitu balapan utama para pembalap MotoGP yang sudah melakukan babak kualifikasi pada hari sebelumnya. Pada Minggu (15/10/2023), sebanyak tujuh pembalap mengalami kecelakaan. Mereka adalah Marc Marquez, Jorge Martin, Johann Zarco, Joan Mir, Augusto Fernandez, Luca Marini dan Pol Espargaro. Mereka kecelakaan pada tikungan ke-7 hingga tikungan ke-13.

Klik pada masing-masing tikungan untuk melihat nama pembalap yang jatuh

1. Penjelasan soal tikungan dengan kesulitan tinggi

Sirkuit Elit - Tikungan Sulit, Rider MotoGP Habis-habisan di MandalikaPembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin terjatuh saat MotoGP Mandalika 2023. (Antara Foto/Wahyu Putro A)

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan pembalap yang mengalami crash merupakan sesuatu yang normal. Sejauh ini, belum ada komplain dari Dorna Sports dan Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional (FIM) terkait dengan kondisi Sirkuit Mandalika.

"Analisa saya, pembalap jatuh karena kecepatan mereka memasuki tikungan yang mereka inginkan lebih cepat. Sehingga titik pengereman berbeda, jatuh di sirkuit, jatuhnya biasa tidak ada evakuasi medis yang dilakukan sehingga itu normal. Sampai saat ini kita belum terima komplain dari Dorna dan FIM," kata Priandhi.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Utama ITDC, Ari Respati. Dia mengatakan bahwa beberapa tikungan di Sirkuit Mandalika memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, salah satunya tikungan ke-11 tempat Marc Marquez langganan jatuh. Meski demikian, pihaknya mengaku tak ada yang salah dengan tikungan itu.

"Tikungan ke-11 itu kesulitannya cukup tinggi. Harus waspada, buktinya pembalap lain bisa. Sirkuit Mandalika itu sudah diuji di semua tikungan dan sudah mendapatkan homologasi dari Dorna. Itu memang susah, tapi sudah standarisasi. Kita ini aspalnya paling bagus kata Dorna," ujarnya di Sirkuit Mandalika, Minggu (15/10/2023).

Baca Juga: Pol Espargaro Minta Maaf Usai Kecelakaan di Sirkuit Mandalika

2. Dapat homologasi Grade A

Sirkuit Elit - Tikungan Sulit, Rider MotoGP Habis-habisan di MandalikaPemandangan Sirkuit Mandalika dari udara yang diklaim MotoGP sebagai sirkuit paling indah di dunia (www.instagram.com/@motogp)

Pertamina Mandalika International Circuit atau Sirkuit Mandalika resmi mendapatkan homologasi grade A dari Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional (FIM). Dorna Sports, MGPA dan MotoGP Race Director melakukan track inspection Sirkuit Mandalika sehari sebelum balapan, yaitu pada Kamis (12/10/2023). Dari hasil track inspection tersebut, FIM memberikan homologasi grade A.

Homologasi grade A merupakan grade tertinggi yang dimiliki FIM. Dengan demikian, Sirkuit Mandalika dinyatakan layak dan aman untuk balapan. Meski demikian, dengan tingkat kesulitan tikungan yang tinggi, sejumlah pembalap terjatuh, bahkan tak bisa melanjutkan balapan hingga akhir lap.

Diketahui bahwa sebelum gelaran MotoGP Mandalika 2023, MGPA melakukan proses pengecatan di beberapa kerb dan run-off area. Dengan total luas yang dicat yaitu 27.381 meter persegi. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pemeliharaan dan peningkatan fasilitas Sirkuit Mandalika untuk perhelatan MotoGP 2023.

Priandhi mengatakan sejumlah pembalap mengaku puas dengan lintasan Sirkuit Mandalika dan kualitasnya meningkat dibandingkan dengan event yang sama tahun lalu. Insiden jatuhnya pembalap dipastikan bukan disebabkan oleh lintasan sirkuit.

3. Hasil MotoGP Mandalika 2023

Sirkuit Elit - Tikungan Sulit, Rider MotoGP Habis-habisan di MandalikaBalapan MotoGP di Sirkuit Mandalika tahun 2023. (Antara Foto/Wahyu Putro A)

Pembalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia (Pecco) menjuarai race MotoGP Mandalika, Minggu (15/10/2023). Pecco yang start dari posisi 13, berhasil menyalip pembalap Aprillia Racing Maverick Vinales yang sempat memimpin balapan setelah pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin terjatuh di tikungan ke-11 Sirkuit Mandalika.

Duel sengit antara Maverick Vinales dan pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo terlihat dalam balapan MotoGP Mandalika 2023. Namun hingga berakhirnya balapan sebanyak 27 lap, Maverick Vinales tetap berada di posisi kedua dan Quartararo di posisi ketiga.

Pecco melahap 27 lap balapan MotoGP Mandalika dengan catatan waktu 41 menit 20,293 detik. Sedangkan catatan waktu Maverick Vinales hanya memiliki gap 0,306 detik dari Pecco. Sementara catatan waktu Fabio Quartararo gapnya hanya 0,433 detik dari Pecco.

Berikut hasil MotoGP Mandalika 2023:

1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

2. Maverick Viñales (Pabrik Aprilia)

3. Fabio Quartararo (Monster Yamaha)

4. Fabio Di Giannantonio (Gresini Ducati)

5. Marco Bezzecchi  (Mooney VR46 Ducati)

6. Brad Binder (Red Bull KTM)

7. Jack Miller (Red Bull KTM)

8. Enea Bastianini (Ducati Lenovo)

9. Alex Rins (LCR Honda)

10. Aleix Espargaro (Pabrik Aprilia )

11. Takaaki Nakagami (LCR Honda)

12. Miguel Oliveira (RNF Aprilia)

13. Raul Fernandez (RNF Aprilia)

14. Franco Morbidelli (Monster Yamaha)

4. Klasemen MotoGP 2023

Sirkuit Elit - Tikungan Sulit, Rider MotoGP Habis-habisan di MandalikaSesi latihan bebas di Mandalika. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Dengan kemenangan di Mandalika, Pecco kembali kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2023 dengan perolehan 346 poin. Kemudian disusul Jorge Martin 328 poin di posisi kedua dan pembalap Mooney VR46 Racing Marco Bezzecchi di posisi ketiga. Perjuangan Bezzecchi tak sia-sia meski memaksa diri balapan di Mandalika setelah melakukan operasi tulang rusuk sepekan sebelumnya.

Berikut hasil klasmemen MotoGP 2023:

1. Francesco Bagnaia (Ducati) - 346 poin (6 kemenangan, 10 podium)

2. Jorge Martin (Ducati) - 328 poin (3 kemenangan, 7 podium)

3. Marco Bezzecchi (Ducati) - 283 poin (3 kemenangan, 7 podium)

4. Brad Binder (KTM) - 211 poin (0 kemenangan, 3 podium)

5. Aleix Espargaro (Aprilia) - 177 poin (2 kemenangan, 3 podium)

6. Maverick Vinales (Aprilia) - 165 poin (0 kemenangan, 3 podium)

7. Johann Zarco (Ducati) - 162 poin (0 kemenangan, 4 podium)

8. Luca Marini (Ducati) - 144 poin (0 kemenangan, 1 podium)

9. Jack Miller (KTM) - 135 poin (0 kemenangan, 1 podium)

10. Fabio Quartararo (Yamaha) - 132 poin (0 kemenangan, 3 podium)

11. Alex Marquez (Ducati) - 108 poin (0 kemenangan, 1 podium)

12. Franco Morbidelli (Yamaha) - 79 poin (0 kemenangan, 0 podium)

13. Miguel Oliveira (Aprilia) - 73 poin (0 kemenangan, 0 podium)

14. Fabio Di Giannantonio (Ducati) - 70 poin (0 kemenangan, 0 podium)

15. Augusto Fernandez (KTM) - 67 poin (0 kemenangan, 0 podium)

16. Marc Marquez (Honda) - 64 poin (0 kemenangan, 1 podium)

17. Alex Rins (Honda) - 54 poin (1 kemenangan, 1 podium)

18. Takaaki Nakagami (Honda) - 50 poin (0 kemenangan, 0 podium)

19. Raul Fernandez (Aprilia) - 39 poin (0 kemenangan, 0 podium)

20. Enea Bastianini (Ducati) - 36 poin (0 kemenangan, 0 podium)

21. Dani Pedrosa (KTM) - 32 poin (0 kemenangan, 0 podium)

22. Joan Mir (Honda) - 20 poin (0 kemenangan, 0 podium)

23. Pol Espargaro (KTM) - 12 poin (0 kemenangan, 0 podium)

24. Lorenzo Savadori (Aprilia) - 9 poin (0 kemenangan, 0 podium)

25. Jonas Folger (KTM) - 9 poin (0 kemenangan, 0 podium)

26. Stefan Bradl (Honda) - 8 poin (0 kemenangan, 0 podium)

27. Michele Pirro (Ducati) - 5 poin (0 kemenangan, 0 podium)

28. Danilo Petrucci (Ducati) - 5 poin (0 kemenangan, 0 podium)

29. Cal Crutchlow (Yamaha) - 3 poin (0 kemenangan, 0 podium)

30. Iker Lecuona (Honda) - 0 poin (0 kemenangan, 0 podium)

Baca Juga: Akomodasi dan Direct Flight Terbatas Jadi Catatan MotoGP Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya