Pol Espargaro Minta Maaf Usai Kecelakaan di Sirkuit Mandalika

ITDC: tikungan 11 memang susah, tapi sudah sesuai standar

Lombok Tengah, IDN Times - Pol Espargaro kecelakaan saat balapan utama MotoGP Mandalika, Minggu (15/10/2023). Sementara itu, Francesco Bagnaia atau Pecco menjadi pemenang, kemudian di posisi kedua ada Maverick Vinales dan di posisi ketiga Fabio Quartararo.

"Mohon maaf, sangat mengecewakan bagaimana jalannya balapan setelah dua putaran yang luar biasa. Saya sudah berusaha dan berada di posisi 10 besar tapi tertinggal sangat cepat. Saya akan mencoba lebih keras lagi di MotoGP Australia," tulis Pol Espargaro dalam unggahan Instagram Story pribadinya, Minggu (15/10/2023).

Pol Espargaro gagal mendapatkan poin yang diinginkan setelah kecelakaan dan tidak bisa kembali ke lintasan. Hal yang sama juga dialami oleh Marc Marquez. Dia jatuh hingga keluar dari lintasan di tikungan 13.

1. Pecco juara MotoGP Mandalika

Pol Espargaro Minta Maaf Usai Kecelakaan di Sirkuit MandalikaFrancesco Bagnaia berhasil menjadi juara pertama diikuti Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales diposisi kedua dan Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo diposisi ketiga. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Pembalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia (Pecco) menjuarai race MotoGP Mandalika, Minggu (15/10/2023). Pecco yang start dari posisi 13, berhasil menyalip pembalap Aprillia Racing Maverick Vinales yang sempat memimpin balapan setelah pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin terjatuh di tikungan 11 Sirkuit Mandalika.

Dengan kemenangan di Mandalika, Pecco kembali kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2023 dengan perolehan 346 poin. Kemudian disusul Jorge Martin 328 poin di posisi kedua dan pembalap Mooney VR46 Racing Marco Bezzecchi di posisi ketiga.

Baca Juga: Marc Marquez Jatuh di Tikungan 13, Pecco Menang MotoGP Mandalika 2023

2. Pembalap jatuh

Pol Espargaro Minta Maaf Usai Kecelakaan di Sirkuit Mandalikamarqmarquez93

Pada balapan MotoGP Mandalika 2023, nasib sial dialami pembalap Repsol Honda Marc Marquez. Marquez jatuh di tikungan 13 pada lap 9. Begitu juga Jorge Martin, pembalap asal Spanyol itu jatuh di tikungan 11 pada lap 14.

Tercatat 7 pembalap yang mengalami kecelakaan pada balapan MotoGP Mandalika 2023. Mereka terpaksa harus kembali ke garasi dan tidak melanjutkan balapan. Mereka adalah Joohgan Zarco (Prima Pramac Racing), Jorge Martin (Prima Pramac Racing), Joan Mir (Repsol Honda Team), Fernandez (Gasgas Factory Racing Tech3), Marc Marquez (Repsol Honda Team), Luca Marini (Mooney VR46 Racing) dan Pole Espargaro (Gasgas Factory Racing Tech3).

3. Komentar soal lintasan Sirkuit Mandalika

Pol Espargaro Minta Maaf Usai Kecelakaan di Sirkuit MandalikaKonfrensi pers bersama Sandiaga Uno dan ITDC (IDN Times/Linggauni)

Banyaknya pembalap MotoGP yang jatuh di lintasan dikomentari oleh pihak ITDC. Menurut Direktur Utama ITDC, Ari Respati, lintasan Sirkuit Mandalika dalam kondisi yang baik. Meski demikian, ia tak menampik bahwa terdapat kesulitan yang berbeda di tikungan 11 Sirkuit Mandalika. 

"Tikungan 11 itu kesulitannya cukup tinggi. Harus waspada, buktinya pembalap lain bisa. Sirkuit Mandalika itu sudah diuji di semua tikungan dan sudah mendapatkan homologasi dari Dorna. Itu memang susah, tapi sudah standarisasi," ujarnya di Sirkuit Mandalika, Minggu (15/10/2023).

Baca Juga: Penonton MotoGP Membeludak, Tribun Sirkuit Mandalika Penuh

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya