Pengelola Mandalika Kesal, Motor Ducati Panigale Tayang di Youtube

Tayangan video ini sudah diturunkan dari Youtube

Lombok Tengah, IDN Times - Pengelola Sirkuit Mandalika memprotes keras beredarnya tayangan video sepeda motor Ducati Panigale V4 R di Youtube. Video motor peserta World Superbike (WSBK) ini tayang di akun Youtube Soul Kutai Lombok. 

Ia adalah pegawai Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit merangkap Youtuber lokal setempat. 

Dalam video tersebut, pemilik akun Youtube Soul Kutai Lombok ini dengan santai mejeng di motor Ducati Panigale V4 R. Ia pun bergaya sembari memeluk motor bongsor yang turut serta dalam ajang WSBK di Sirkuit Mandalika pada 19 hingga 21 November 2021.

Video ini sudah diturunkan dari penayangan media sosial Youtube, tetapi komentar nyinyir warganet terlanjur membanjir laman Twitter sejak Rabu (10/11/2021).

1. MGPA: buka logistik melanggar aturan

Pengelola Mandalika Kesal, Motor Ducati Panigale Tayang di YoutubePekerja di Sirkuit Mandalika angkut paket WSBK melewati depan race control IDN Times/Ahmad Viqi

Chief Strategic Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harianto pun langsung angkat bicara. Apalagi motor yang sedang viral merupakan milik  pembalap Michael Ruben Rinaldi dari tim pabrikan Aruba.it Racing. 

Ia menegaskan, unboxing paket logistik yang diangkut dari Doha Qatar menggunakan pesawat kargo Boeing 777F Airways dengan kode penerbangan QR8356 registrasi A7-BFG jelas melanggar aturan.

“Betul. Ini tentu melanggar peraturan,” kata Happy kepada IDN Times, Kamis pagi (11/11/2021).

Pihaknya langsung melayangkan protes kepada penanggung jawab teknis paket logistik masing-masing peserta tim. 

"Kami sudah protes," singkat Happy.

Baca Juga: Kapolda NTB Akui ada Lahan di Sirkuit Mandalika yang Belum Dibayar

2. Berharap tidak terulang

https://www.youtube.com/embed/I9eFbXnOmY4

Happy mengaku beredarnya video unboxing motor peserta WSBK jenis Ducati Panigale V4 R milik Michael Ruben Rinaldi menjadi pelajaran bagi petugas yang berjaga di Sirkuit Mandalika.

"Semoga ke depan tidak terjadi hal- hal seperti itu lagi. Ini proses pembelajaran bagi kita," katanya. 

Seperti diketahui, tidak sembarang orang diperkenankan mempublikasi paketan logistik masing-masing tim. Baik dalam ajang WSBK hingga MotoGP. 

Bahwa, kargo logistik event MotoGP dan WSBK hanya boleh dibuka oleh otoritas kepabeanan negara setempat dan tim pemilik kargo. 

Hal itu untuk menghindari terjadinya spionase dan manipulasi motor balapan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Pemilik akun Youtube Soul Kuta Lombok minta maaf

Pengelola Mandalika Kesal, Motor Ducati Panigale Tayang di YoutubePemilik akun Facebook Syamsoul Kuta minta maaf/dok. Facebook Syamsoul Kuta

Pemilik akun Facebook Soul Kuta Lombok mengklarifikasi usai melakukan video review melalui akun Youtube miliknya, Rabu malam (11/11/2021).

Dalam status Facebook milik aku Syamsoul Kuta mengaku unboxing motor Ducati Panigale V4 R milik Michael Ruben Rinaldi dilakukan oleh pihak bea cukai untuk mengecek kelengkapan dokumen. 

Saat proses pengambilan gambar, menurutnya kondisi motor telah terbuka. 

"Tapi saya paham. Ini dunia netizen. Berita pertama pasti dikira fakta. Tapi saya tetap ngaku salah telah merekam video terlalu dekat proses pengecekan jadi saya minta maaf yang sebesar-besarnya untuk rakyat Indonesia telah membuat kalian malu," tulisnya dalam status Facebook.

Syamsoul juga mengaku berterima kasih telah mengingatkan dan memberi pelajaran yang sangat berharga bagi dirinya.

"Saya tidak tau sama sekali ini tidak boleh dipublikasikan. Saya norak, saya goblok. Dan terima kasih kalian memang luar biasa," ujarnya usai mendapat komentar dari nitizen.

Sejauh ini, IDN Times telah mencoba meminta keterangan dari Humas PT Indonesia Tourism Development Corporation sebagai pengelola kawasan Sirkuit Mandalika.

Tetapi hingga hari Rabu malam (10/11/2021) belum menanggapi perihal terkait.

Selain itu, IDN Times juga telah menghubungi pemilik akun Facebook Syamsoul Kuta untuk meminta keterangan lanjutan karena telah membuat video review pada akun YouTube Soul Kuta Lombok melalui pesan singkat. 

Meskipun juga tidak memperoleh respons tanggapan. 

Baca Juga: Gubernur NTB Siapkan Tiket Gratis MotoGP Mandalika untuk Siswa SMA-SMK

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya