The Mandalika Ultra T100 Ramaikan Jelang Balapan MotoGP di Lombok 

Lari maraton sepanjang 114 KM lewati pinggiran pantai

Mataram, IDN Times - Lari maraton The Mandalika Ultra T100 bakal ikut meramaikan euforia ajang balap motor di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit. 

The Mandalika Ultra T100 digelar awal bulan Desember 2021 mendatang. Event ini dipercaya mampu membangkitkan gairah sektor pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) jelang balapan MotoGP di Pulau Lombok.

"Event ini akan mendatangkan pelari dari berbagai daerah hingga mancanegara," kata Gubernur Nusa Tenggara Barat, usai menerima panitia The Mandalika Ultra T100, Rabu (10/11/2021) kemarin.

1. Mandalika dijadikan magnet pariwisata NTB

The Mandalika Ultra T100 Ramaikan Jelang Balapan MotoGP di Lombok Gubernur NTB, Zulkieflimansyah datangi Kantor IDN Media HQ untuk berbincang di acara "Suara Millennial: Gubernur NTB Buka-Bukaan Protek Moto GP Mandalika" pada Jumat (8/10/2021). (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Menurut Gubernur NTB, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dipercaya akan menjelma menjadi magnet wisatawan dunia.

Apalagi ujar Zul, Provinsi NTB salah satu di antara 33 Provinsi di Indonesia yang memiliki Sirkuit MotoGP berkelas Internasional.

"Kita ini daerah wisata, harus membuat banyak hiburan baik untuk pengunjung lebih-lebih masyarakat kita,"ujarnya.

Gubernur berpesan kepada penyelenggara event The Mandalika Ultra T100 dalam pelaksanaannya tetap harus memperhatikan kearifan lokal dan budaya masyarakat setempat.

Sebab, lari maraton ini Ultra akan banyak melewati pinggiran pantai di wilayah Selatan Pulau Lombok.

"Akan lewati pinggiran pantai dengan medan yang berat juga. Ini harus dijaga termasuk ibadah untuk orang Islam, agar image masyarakat kita yang religius bisa tetap baik dan terjaga," ujar pria kelahiran Sumbawa itu.

Dalam hal ini jelas Zul, bahwa jajaran Pemda NTB bersama Dinas Pariwisata NTB akan menyambut baik dan siap mendukung penuh rencana  event lari maraton The mandalika Ultra T100.

"Event sport tourism ini akan menjadi salah satu ajang pemanasan akhir tahun 2021. Serta akan menyambut balapan MotoGP awal tahun 2022 juga," katanya.

Baca Juga: Ribuan Personel TNI Akan Amankan Event Balap di Sirkuit Mandalika

2. Dilaksanakan pada tahun 2022

The Mandalika Ultra T100 Ramaikan Jelang Balapan MotoGP di Lombok Penampakan Sirkuit Mandalika dari Udara tepat di tikungan ke 16 dan 17/dok. Humas Kemenparekraf RI

Lomba maraton  The Mandalika Ultra T100 akan diselenggarakan di tahun 2022. Jadi event-event di NTB terus berlangsung tanpa putus.

Founder The Mandalika Ultra T100, Hendra Wijaya menyampaikan bahwa telah beberapa kali menggelar lomba lari maraton sejak tahun 2013 di NTB. Salah satunya di Gunung Rinjani Ultra  dengan jarak 100 kilometer. 

"Tahun ini, kami akan gelar lomba lari The Mandalika Ultra T100," kata Hendra.

Hendra menyebutkan lomba maraton ini akan diikuti para pelari dari dalam hingga luar negeri. Bahkan jauh-jauh hari, beberapa pelari telah mendaftarkan diri ketika pendaftaran dibuka secara online.

"Sudah ada yang daftar kok," timpal Hendra.

3. Melewati pinggiran pantai sejauh 114 kilometer

The Mandalika Ultra T100 Ramaikan Jelang Balapan MotoGP di Lombok Salah satu jalur The Mandalika Ultra T100 di Pantai Mekaki Sekotong Lombok Barat IDN Times/Ahmad Viqi

Hendra menambahkan, bahwa rute lomba maraton dimulai dari garis start di Kecamatan Sekotong  Lombok Barat bagian Selatan dan melewati 13 pantai yang belum pernah dikunjungi banyak wisatawan.

The Mandalika Ultra T100 akan melewati pantai, tebing, gunung hingga finisnya di KEK Mandalika Lombok.

Untuk kelas yang dipertandingkan ada kelas 5 kilometer,  24 kilometer, dan 114 kilometer. Penanda titik kilometernya akan ditandai dengan pal jarak, dan beberapa lokasi rumah makan, restoran, masjid dan tempat istirahat lainnya.

"Kami bukan hanya menggelar sebuah lomba lari saja. Kami bertujuan mendatangkan pengunjung wisata sebagai penggerak sektor ekonomi masyarakat Lombok khususnya," tutup pria kelahiran Bogor ini.

Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika, Pemprov NTB Tak Khawatir Akomodasi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya