Comscore Tracker

Mengenal Kekayaan Alam Flora Taman Nasional Gunung Rinjani

Berikut deretan daftar flora yang indah dan mengagumkan

Gunung Rinjani sebagai Taman Nasional merupakan kawasan pelestarian alam yang memiliki beragam potensi. Fungsinya tak hanya untuk tujuan rekreasi, namun juga memiliki manfaat untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, dan pendidikan.

Terletak di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Taman Nasional Gunung Rinjani merupakan bagian dari hutan hujan tropis yang menyimpan ragam kekayaan flora dan fauna. Berdasarkan Profil Obyek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Rinjani, teridentifikasi 447 jenis pohon, 6 jenis rotan, 28 jenis liana, 55 jenis anggrek, 59 jenis paku-pakuan dan 117 jenis jamur.

Beberapa jenis flora endemik Nusa Tenggara yang ditemukan di antaranya Vernonia albiflora, Vernonia tengwalii dan beberapa jenis anggrek di antaranya Peristylus rintjaniensis dan Peristylus lombokensis. Selengkapnya, apa saja kekayaan flora yang dapat ditemukan di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, berikut pembahasannya. 

1. Flora di ketinggian < 1.000 mdpl

Mengenal Kekayaan Alam Flora Taman Nasional Gunung Rinjanidok.pribadi/Eka Fitriani

Di ketinggian < 1.000 mdpl terdapat jenis-jenis seperti Beringin (Ficus benyamina), Jelateng (Laportea stimulan), Jambu-jambuan (Syzigium sp), Pala Hutan (Myritica fatna), Buni Hutan (Antdesma sp), Imba (Azadiractha indica)dan  Bajur (Pterospermum javanicum).

Ada pula Randu Hutan (Gossampinus heptophylla), Terep (Artocarpus elastica), Harending (Melastoma sp), Pandan (Pandanus tectorius), Keruing Bunga (Dipterocrapus haseltii), Salam (Syzigium polyantha).

Baca Juga: 6 Fakta dan Makna Menarik tentang Bunga Edelweiss, Pendaki Wajib Tahu!

2. Flora di ketinggian 1.000 – 2.000 mdpl

Mengenal Kekayaan Alam Flora Taman Nasional Gunung Rinjanidok.pribadi/Eka Fitriani

Di ketinggian 1.000 – 2.000 mdpl banyak dijumpai jenis tumbuhan seperti Anggrek (Vanda, sp), Meniran (Calicarpa sp), Kayu Jakut (Syzigium sp), Menang/Garu (Dysoxylum sp) dan Sentul (Aglaia sp).

Ada pula Deduren (Aglaia  argentea), Pandan (Pandanus tectorius), Paku Pandan (Asplenium nidus), Glagah (Saccharum  spontaneum), Alang-alang (Imperata cylindrica), Paku-pakuan (Cyclocorus sp), Bunga Abadi (Anaphalis viscida), Lumut Jenggot (Usnea sp)  dan Rotan Besar (Daemonorops sp).

3. Flora di ketinggian >2.000 mdpl

Mengenal Kekayaan Alam Flora Taman Nasional Gunung Rinjanidok.pribadi/Eka Fitriani

Di ketinggian >2.000 mdpl banyak didominasi oleh Cemara Gunung (Casuarina junghuhniana), Bunga Abadi (Anaphalis viscida) dan Bangsal (Engelhardia spicata).

Ada pula Melela (Podocarpus vaccinium, Pacar Gunung (Vacinium caringiifolia),  Jambu-jambuan (Syzigium sp) dan Raksasa (Photinia noniana).

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru saat Berwisata di Gunung Jae Lombok, Bisa Berkemah!

4. Di ketinggian > 3.000 mdpl tandus

Mengenal Kekayaan Alam Flora Taman Nasional Gunung Rinjanidok.pribadi/Eka Fitriani

Pada ketinggian > 3.000 mdpl dekat dengan puncak Rinjani keadaanya hampir gundul  dan tandus, tanah berpasir, berbatu sedangkan di bawah puncak banyak dijumpai rumput dan semak belukar yang mempunyai daun tebal serta cemara gunung yang tumbuh sporadis.

Sehingga dapat dikatakan bahwa di ketinggian ini tidak ada tanaman yang spesifik. Sebab kondisinya yang berada di puncak, cenderung tandus dan kering serta berpasir.

5. Tumbuhan Endemic Rinjani

Mengenal Kekayaan Alam Flora Taman Nasional Gunung Rinjanidok. pribadi/Eka Fitriani

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, tumbuhan endemik Rinjani antara lain Strobilanthes renschiae, Gynura elbertii, Senecio lombokensis, Vernonia albifolia, Vernonia tengwallii, Begonia lombokensis, Begonia multibracteata, Clethra javanica var. lombokensis, Stictocardia cordatosepala, Pilogyne elbertii dan Flacourtia inermis var. rindjanica.

Ada pula Swertia oxyphylla var.parvula, Hymenophyllum elbertii, Dendrobium eriiflorum var. lombokense, Dendrobium rindjaniense, Oberonia elbertii, Peristylus elbertii, Peristylus lombokensis, Peristylus rindjaniensis danThrixspermum lombokense.

Ditemukan pula Vanda lombokensis, Freycinetia lombokensis, Piper aberrans, Piper curtilimbum, Piper kalimatina, Piper mollicaulis, Piper pubicaulis, Piper reflexa forma nana, Piper rigidicaulis, Piper rindjanense, Piper sapitense, Piper tenuipeduncula, Pteris tremula var. cheilanthoides, Symplocos brandisii var. pseudoclethra, Tectaria lombokensis dan Clerodendrum hettae.

Itulah sederet daftar tumbuhan yang terdapat di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Taman Naisonal Gunung Rinjani.

Dengan ragam flora yang dimiliki oleh Taman Nasional Gunung Rinjani tersebut, wisatawan tak hanya dapat mengeksplor keindahan panorama alam yang dimiliki Taman Nasional Gunung Rinjani, namun juga dapat memberikan pengetahuan tentang berbagai macam tumbuhan yang hidup di salah satu tempat mengagumkan yang ada di Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Baca Juga: 10 Potret Terbaru Pesona Gunung Rinjani, Surganya para Pendaki!

Eka Fitriani Photo Community Writer Eka Fitriani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya