Proyek SPAM Segera Dimulai, Fokus Tangani Wilayah Selatan Lotim

Nilai proyek lebih dari Rp 150 M

Lombok Timur, IDN Times - Pemerintah akan segera memulai proses pembangunan instalasi pengolahan air dan jaringan distribusi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pantai Selatan, yang akan menuju wilayah selatan Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Anggaran proyek sekitar Rp 151 miliar bakal dibagi menjadi dua paket.

Pertama instalasi pengolahan air 2x50 L/detik, kedua Jaringan Distribusi Utama (JDU) dengan jarak sekitar 44 kilometer dari kecamatan sikur menuju Selatan Lotim. Rencananya proyek tersebut akan segera dilaunching pada bulan ini, dimulai dari pembangunan instalasi pengolahan air baku di desa Kotaraja Kecamatan Sikur, kemudian dilanjutkan pembangunan distribusi pipa ke wilayah Selatan.

Program ini merupakan salah satu program strategis nasional sebagai bagian dari upaya mengatasi kekurangan air bersih di wilayah selatan.

1. Bupati ingatkan OPD terkait serta jajaran berpartisipasi

Proyek SPAM Segera Dimulai,  Fokus Tangani Wilayah Selatan LotimHumas Pemda Lotim

Terkait pelaksanaan pembangunan SPAM,  Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy, meminta pimpinan OPD, serta jajaran camat dan kepala desa, khususnya yang berlokasi di tempat kegiatan menunjukkan partisipasinya.Ditegaskannya keberhasilan kegiatan tersebut tidak lepas dari partisipasi serta kolaborasi seluruh pihak.

“Proyek ini adalah proyek pusat yang dikawal oleh kita semua, sebab program ini dihajatkan untuk menyejahterakan masyarakat kita di wilayah selatan,” ujar Bupati.

Baca Juga: Bupati Lotim Minta Timbangan di Pasar Hewan Masbagik Ditiadakan

2. Proyek ini diharapkan menuntaskan persoalan air bersih warga

Proyek SPAM Segera Dimulai,  Fokus Tangani Wilayah Selatan LotimDok Polres Lotim

Pelaksanaan kegiatan pembangunan SPAM ini diharapkan menuntaskan persoalan air bersih, yang setiap tahun dialami warga selatan, karena minimnya mata air di kawasan tersebut. Bupati juga menyampaikan sejumlah upaya Pemda untuk menyediakan air bersih untuk warga selatan yang sejatinya hanya merupakan solusi jangka pendek.

Karena itu, dengan kehadiran program SPAM untuk kawasan selatan ini, di tahun 2024 mendatang masyarakat setempat diharapkan sudah dapat menikmati air bersih sepanjang musim.

"Tahun 2024 semoga tidak ada lagi warga kesulitan air bersih," terangnya.

3. Layani 6 kecamatan di Lotim

Proyek SPAM Segera Dimulai,  Fokus Tangani Wilayah Selatan LotimHumas Pemda Lotim

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman wilayah (BPPW) NTB Ika Sri Rezeki pada sosialisasi yang berlangsung di Rupatama 1 Kantor Bupati Lombok Timur itu menjelaskan SPAM wilayah selatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat di kawasan strategis pariwisata.

Ia berharap tuntasnya program ini dapat meningkatkan cakupan air bersih di Lombok Timur hingga 100 persen.Ika lebih jauh menjelaskan bahwa pembangunan SPAM dengan dana bersumber dari Bank Dunia tersebut diharapkan dapat melayani masyarakat di enam kecamatan, yaitu Sakra, Sakra Timur, Sakra Barat, Keruak, dan Jerowaru. Kepada para Camat dan kepala desa di enam kecamatan tersebut, ia meminta dukungan untuk sumber air baku yang akan digunakan.

"Keberadaan SPAM ini jangan lupa memperhatikan aspek kelestasrian lingkungan," pungkasnya.

Baca Juga: Siap-siap! Pemkab Lotim akan Awasi Predaran Rokok Ilegal

Ruhaili Photo Community Writer Ruhaili

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya