Siap-siap! Pemkab Lotim akan Awasi Predaran Rokok Ilegal

Pengusaha rokok diimbau segera urus izin dan bea cukai

Lombok Timur, IDN Times - Menjelang beroperasinya Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) yang dibangun oleh Pemprov NTB di Desa Paok Motong, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur (Lotim), Pemkab Lotim akan menggencarkan operasi razia rokok ilegal yang beredar.

Gedung KIHT itu direncanakan mulai beroperasi pada Maret 2023 mendatang. Di tempat ini nantinya dipusatkan untuk proses pengurusan izin operasi dan cukai bagi pengusaha rumahan rokok dan tembakau. Sehingga pengusaha industri rokok bisa lebih cepat mengurus dokumen izin tanpa perlu di dinas terkait.

1. Pengusaha rokok diimbau segera mengurus izin dan bea cukai

Siap-siap! Pemkab Lotim akan Awasi Predaran Rokok IlegalPenulis

Jelang beroperasinya KIHT ini, Pemerintah Kabupaten Lotim, akan melakukan  razia rokok Ilegal secara massif, hal itu untuk  menghentikan peredarannya. Sehingga diharapkan para pelaku UMKM terutama yang bergerak dalam produksi rokok rumahan agar segera melakukan pengurusan Izin usaha dan bea cukai.

“Jadi tidak ada alasan untuk pengusaha rokok rumahan atau yang lain untuk tidak mengurus izin operasional dan sebagainya, karena Pemerintah sudah memberikan fasilitas terkait hal tersebut,” Ucap Sekretaris Dinas (Sekdis) Perindustrian Lotim Lalu Alwan Wijaya, Rabu (15/02/2023).

Baca Juga: Pengamat Sebut Target PAD Lotim Tak Realistis dan Membebani Masyarakat

2. Sudah Susun MOU dengan Pemerintah Provinsi terkait operasional

Siap-siap! Pemkab Lotim akan Awasi Predaran Rokok IlegalDokumen Penulis

Jelang beroperasinya Gedung KIHT ini, draf Memorandum Of Understanding (MOU) terkait operasional gedung sudah selesai dibuat. Penyusunannya dilakukan bersama-sama dengan instansi terkait, baik dari Pihak Pemda dan Pemprov, sehingga tinggal menunggu tanda tangan Bupati Lotim dan Gubernur NTB.

Terkait tenaga yang dibutuhkan untuk pekerja di KIHT tersebut, dirinya belum bisa memastikan, namun itu nanti sifatnya menyesuaikan. Akan tetapi yang paling penting saat ini menurutnya kesepakatan itu keluar. Jangan sampai nanti sepihak saja yang diuntungkan, terutama terkait perekrutan tenaga yang akan bekerja di KIHT tersebut.

“Kita sangat mengharapkan sebelum KIHT Ini mulai beroprasi kita meminta pihak provinsi segera menyelesaikan permasalahan terkait nota kesepahaman antara Pemprov NTB dan Pemda Lotim,” ungkapnya.

3. Keberadaan KIHT diharapkan memberikan dampak ekonomi

Siap-siap! Pemkab Lotim akan Awasi Predaran Rokok IlegalIlustrasi Utang (IDN Times/Mardya Shakti)

Setalah KIHT ini telah beroperasi, keberadaan bisa berdampak pada pelaku UMKM yang berada di sekitar bangunan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Selain itu ada pembagian keuntungan kepada Pemerintahan Kabupaten Lombok Timur.

“Karena di KIHT ini kan nanti banyak tenaga kerja otomatis para pedagang juga akan mendapatkan keuntungan, baik dari dagang kopi, buah, nasi dan sebagainya,” ucapnya.

Baca Juga: Event Budaya di Lombok yang Wajib Disaksikan Wisatawan, Unik dan Seru!

Ruhaili Photo Community Writer Ruhaili

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya