Dampak Elnino, Warga Lombok Timur Mulai Kesulitan Air Bersih

Solusi jangka panjang yaitu sukseskan SPAM wilayah selatan

Lombok Timur, IDN Times - Fenomena Elnino sudah mulai berdampak terhadap perubahan iklim di Wilayah Lombok Timur. Dampaknya, warga Gumi Patuh Karya sudah mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih, terutama yang tinggal di wilayah selatan, yaitu Kecamatan Sakra, Sakra Timur, Sakra Barat, Jerowaru dan Keruak.

Di Desa Kabar Kecamatan Sakra misalnya, warga sudah mulai mengeluhkan kesulitan air bersih, karena sumber utama air bersih warga dari PDAM yang sudah macet sejak dua hari yang lalu. Di tempat lain yaitu di Desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru, warga juga sudah mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih. 

Sumur yang merupakan sumber air bersih utama warga sudah mulai mengering sejak seminggu yang lalu. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga terpaksa harus membeli menggunakan jeriken. 

1. 11 kecamatan terdampak kekeringan

Dampak Elnino, Warga Lombok Timur Mulai Kesulitan Air Bersihdok. Pribadi Ruhaili

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur, menyebutkan sebanyak  11 Kecamatan yang mulai dilanda kekeringan, di antaranya ialah Kecamatan Jerowaru, Keruak, Sikur, Terara, Sakra, Sakra Timur, Selong, Lenek, Aikmel, Sambelia, dan Sembalun. Dampak kekeringan tersebut menyebabkan warga mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih, dan berharap pemerintah mulai melakukan pendropan air bersih.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, Juaini Taofik mengatakan, untuk intervensi jangka pendek, pihaknya mulai melakukan pengiriman air bersih menggunakan mobil tanki ke warga-warga yang membutuhkan. Salah satunya di Desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru Lombok Timur. Di Desa ini, sekitar 8.000 kepala keluarga yang terdampak kekeringan dan kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

"Intervensi sementara kita dropping air bersih menggunakan mobil tankibke desa terdampak" ungkap Taofik.

Baca Juga: Dewan: Alihkan Saja Anggaran Belanja Hal Tak Penting untuk PPPK Lotim

2. Siapkan SPAM Selatan sebagai Solusi berkesinambungan

Dampak Elnino, Warga Lombok Timur Mulai Kesulitan Air Bersihdok. Pribadi Ruhaili

Taofik mengatakan bahwa kekeringan yang terjadi di Lombok Timur bukan hanya disebabkan oleh Elnino, tetapi merupakan musibah yang terjadi setiap tahun ketika memasuki bulan Agustus. Terutama di wilayah selatan yang kekurangan sumber air bersih.

Pilihan yang paling tepat untuk menyelesaikan persoalan kekeringan yang selalu terjadi setiap tahun ini adalah SPAM Selatan. Karena itu, Taofik berharap agar seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan proyek pembangunan SPAM Selatan yang saat ini dalam proses pembangunan di Desa Terara.

"Tidak Elnino pun, air sudah mengering utamanya di bagian Selatan, opsinya adalah SPAM Selatan. Solusi yang lebih berkesinambungan," terterang Taufik.

3. Salurkan air selama tiga bulan

Dampak Elnino, Warga Lombok Timur Mulai Kesulitan Air Bersihdok. Pribadi Ruhaili

Intervensi sementara penanganan kekeringan ini yaitu menyalurkan bantuan air bersih menggunakan mobil tanki ke dusun dan desa terdampak. Penyaluran air bersih ini dilakukan berdasarkan permintaan dari warga. Untuk penanganan ini, Pemkab Lombok Timur telah menyiapkan anggaran melalui pagu anggaran tidak terduga. 

Rencana penanganan jangka pendek ini akan dilakukan penyaluran air bersih selama 3 bulan, yaitu Agustus, September dan Oktober.

"Untuk sementara hanya bisa mendropping air ke desa-desa terdampak, sambil menunggu pembangunan SPAM Selatan tuntas dibangun sebagai solusi permanen," tutup Taofik.

Baca Juga: Kejari Lombok Timur Tangani Dugaan Korupsi Dana Simpan Pinjam di Suela

Ruhaili Photo Community Writer Ruhaili

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya