Pembangunan IPA SPAM Pantai Selatan di Desa Kotaraja Dilanjutkan 

Proyek SPAM pantai selatan ditargetkan selesai tahun ini 

Lombok Timur, IDN Times - Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) untuk proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Kotaraja, Kecamatan Sikur dilanjutkan setelah situasi mulai kondusif. Proyek tetap dilanjutkan meskipun dalam perjalanannya beberapa kali mendapatkan penolakan dari masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Timur Achmad Dewanto Hadi menyampaikan pembangunan IPA ini ditargetkan selsai pada tahun ini.  Dengan demikian, pembangunan IPA harus berlanjut.

"IPA ini sendiri merupakan salah satu fasilitas penunjang pembangunan SPAM. Jadi harus selesai tahun ini," ungkapnya, Senin (19/06/2023).

1. IPA sebagai tempat penampung air 

Pembangunan IPA SPAM Pantai Selatan di Desa Kotaraja Dilanjutkan Pembangunan IPA (Dokumen pribadi/Supardi)

Disebut IPA ini akan dijadikan sebagai lokasi penampungan air yang datang dari sumber mata air, sebelum air tersebut dialirkan ke wilayah selatan dengan kapasitas daya tampung 100 liter per detik.

Selain sebagai tempat penampungan IPA ini juga dijadikan sebagai lokasi pengolahan, sebelum dialirkan ke Selatan. Progres pengerjaan jaringan SPAM ini diakui saat ini telah berjalan dengan sangat baik. Terutama beberapa pekerjaan inti proyek tersebut. Baik itu berkaitan dengan pemasangan jaringan pipa termasuk juga pekerjaan IPA. 

"Sekarang semuanya sudah berjalan dengan baik, Mulai dari pembangunan IPA-nya sendiri maupun pemasangan pipanya," katanya.

Baca Juga: Mahasiswa di Lotim Tuntut Pemda Segera Tutup Tambang Ilegal

2. Sumber mata air dipastikan sudah tidak ada masalah

Pembangunan IPA SPAM Pantai Selatan di Desa Kotaraja Dilanjutkan Massa aksi saat menolak pembangunan IPA (Dokumen pribadi/Supardi)

Sumber mata air yang akan dialirkan untuk proyek ini dipastikan sudah tidak ada masalah atau penolakan lagi dari masyarakat. Sebab pihaknya bersama unsur terkait telah telah mencari alternatif lain dengan mencari sumber mata air lain untuk mengairi proyek tersebut.

"Kami sudah punya mata air lain yakni mata air Tibu Kroket yang ada di Kembang Kuning, air di Kali Odang yang juga telah kita beli, itu nanti yang akan kita dropping ke IPA," Ujarnya

3. Air SPAM diprioritaskan untuk masyarakat selatan

Pembangunan IPA SPAM Pantai Selatan di Desa Kotaraja Dilanjutkan Achmad Dewanto Hadi (Dokumen Pribadi/Supardi)

Aliran air SPAM Pantai Selatan ini nantinya akan memprioritaskan masyarakat yang ada di wilayah selatan seperti kecamatan Jerowaru dan Kecamatan Keruak. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Sebab daerah ini setiap tahunnya menjadi langganan kekeringan.

Setelah di daerah selatan terpenuhi, maka selanjutnya akan dilakukan pengembangan air bersih SPAM ini untuk masyarakat di Kecamatan Sikur, dan kecamatan lainnya.

Baca Juga: 25.000 Ton Limbah Batu Bara Dipakai Bangun Sirkuit MXGP Lombok

supardi ardi Photo Community Writer supardi ardi

Saya suka menulis dan jalan-jalan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya