198 Calon Kades di Lotim Berjanji akan Damai saat Pilkades Berlangsung

Calon kades harus siap kalah dan siap menang

Lombok Timur, IDN Times - Sebanyak 198 calon Kepala Desa dari 53 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak di Lombok Timur menggelar deklarasi damai. Semuanya berjanji akan melaksanakan pilkades dengan damai, apapun hasilnya.

Bupati Lombok Timur H M Sukiman Azmy sangat mengapresiasi Polres Lombok Timur yang telah menginisiasi pelaksanaan apel deklarasi damai Pilkades serentak ini. Apel deklarasi ini merupakan langkah awal untuk mendeteksi masalah-masalah politik uang dan lainnya.

"Terima kasih saya ucapkan kepada Polres Lombok Timur yang telah menginisiasi apel deklarasi ini dan terima kasih juga kepada semua pihak atas terselenggaranya apel deklarasi ini," ungkapnya.

1. Pilkades berbeda dengan pemilihan presiden, Pilkada dan Pileg

198 Calon Kades di Lotim Berjanji akan Damai saat Pilkades BerlangsungDokumen pribadi

Pilkades serentak ini dinilai berbeda dengan pemilihan Presiden, Pilkada dan Pileg. Sebab, ruang lingkup Pilkades ini sangat kecil, sehingga sangat rentan terjadinya sentuhan antarmasyarakat. Untuk itu, dengan adanya deklarasi ini diharapkan bisa mengatasi adanya gesekan-gesekan yang mengakibatkan terjadinya hal-hal yang melenceng dari regulasi.

Dalam deklarasi damai tersebut, terdapat delapan butir poin yang telah diutarakan oleh semua calon. Sehingga delapan butir poin yang telah diucapkan dalam deklarasi tersebut betul-betul bisa diantisipasi.

"Tadi ada delapan butir yang telah di ucapkan dalam deklarasi. Maka ada delapan butir juga yang menjadi penekanan saya untuk mencegah, mendeteksi dini adanya hal-hal yang bisa menganggu kelancaran Pilkades," ungkapnya.

Baca Juga: Dapat 159 Medali, Kontingen Lotim Lampui Terget Pada Porprov NTB XI

2. Simpatisan yang fanatik diharapkan tidak melakukan hal-hal yang berlebihan

198 Calon Kades di Lotim Berjanji akan Damai saat Pilkades BerlangsungDokumen pribadi

Pada Pilkades serentak ini disebutnya terdapat pendukung yang sangat fanatik terhadap satu calon. Sehingga para pendukung yang fanatik ini diharapakan bisa diantisipasi agar tidak melakukan hal-hal yang berlebihan dalam memenangkan calon yang didukungnya.

Selain itu, yang perlu diantisipasi dalam Pilkades serentak ini ialah kampanye hitam. Kampanye hitam ini, kata dia, dilakukan oleh orang-orang tertentu untuk bisa memengaruhi seseorang. Terlebih di tengah gempuran media sosial saat ini.

"Apalagi saat ini media sosial sangat mudah memengaruhi seseorang, terutama dalam kampanye hitam ini. Orang baik-baik dikatakan tidak baik, begitu juga sebaliknya. Mari kita antisipasi adanya kampanye hitam ini," ucapnya.

3. TNI-POLRI siap mengawal

198 Calon Kades di Lotim Berjanji akan Damai saat Pilkades BerlangsungDokumen pribadi

Sementara itu, Kapolres Lombok Timur AKBP Hery Indra Cahyono mengungkapkan sejauh ini pelaksanaan Pilkades serentak di Lombok Timur masih berjalan dengan aman dan kondusif. TNI-POLRI bersama dan pihak lainnya siap mengamankan Pilkades serentak.

"Kami bersama TNI mengawal dan mengamankan Pilkades serentak ini, tentunya Pilkades ini akan sukses akan berjalan dengan aman apabila kita sama berpartisipasi untuk menjaga kondusivitas, sehingga Pilkades ini bisa sukses dan aman" ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga ia meminta agar seluruh masyarakat yang memiliki hak suara agar tidak golput. Sementara bagi kepala desa yang terpilih nantinya diharapakan bisa memimpin dan membawa masyarakat ke arah yang lebih baik dan lebih sejahtera lagi.

Ditekankan, Calon kades harus siap kalah dan siap menang. Semua calon kepala desa dan simpatisan juga diharapkan bisa menjaga kondusivitas dan keamanan selama Pilkades serentak berlangsung.

"Apapun hasilnya, kami harap para calon kades bisa menerima dengan lapang dada. Siapa pun yang terpilih agar mengajak masyarakat untuk sama membangun desa secara bersama-sama," Pungkasnya.

Baca Juga: Potret Mentigi Bay Dome Villa, Penginapan Artistik di Bukit Lombok

supardi ardi Photo Community Writer supardi ardi

Saya suka menulis dan jalan-jalan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya