Mengenal Lebih Dekat H Djohan Sjamsu, Bupati Lombok Utara Dua Periode

Pernah jadi anggota dewan hingga sekda

Lombok Utara, IDN Times - H. Djohan Sjamsu, S.H. merupakan sosok pemimpin bangsa yang lahir tepat tepat pada tahun 1950 di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dia mendapat amanah dari rakyat untuk menduduki posisi penting dalam pemerintahan daerah yaitu sebagai Bupati Lombok Utara selama periode tahun 2010-2015 dan 2020 sampai sekarang.

Dia berpasangan dengan wakilnya Danny Karter Febrianto yang merupakan sosok milenial di Kabupaten Lombok Utara. Keduanya tengah berupaya membangkitkan kembali perekonomian warga setelah diterpa gempa pada tahun 2018 silam dan covid-19 pada tahun 2020 hingga saat ini.

1. Riwayat pendidikan

Mengenal Lebih Dekat H Djohan Sjamsu, Bupati Lombok Utara Dua PeriodeIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Djohan Sajmsu mengenyam pendidikan dasar di Sekolah Rakyat Negeri Gondang Tahun 1963. Kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Tahun 1966. Dia  menghabiskan masa-masa remaja di Sekolah Menengah Atas Negeri Cakranegara pada tahun 1969. Terakhir, menamatkan studi strata 1 di jurusan Ilmu Hukum Universitas 45 Mataram Tahun 1988.

Baca Juga: Profil Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy

2. Riwayat karir

Mengenal Lebih Dekat H Djohan Sjamsu, Bupati Lombok Utara Dua Periodepexels.com

Riwayat pekerjaan Djohan, dia memulai karirnya sebagai PNS pada tahun 1973. Kemudian dipercaya sebagai Anggota DPRD Kabupaten Lombok Barat Tahun 1982, dan menjadi anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 1987, 1992, dan 1997. 

Setelah itu, dia menduduki posisi Kepala Sub Bidang Pemberdayaan Lembaga Tahun 2001, dan sempat menjadi Sekretaris BKD Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2002. Lanjut pada tahun 2003 diangkat sebagai Kepala Bagian Perangkat Daerah, dan Kepala Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Setda Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2004.

Kemudian pada tahun 2006 terpilih menjadi Kepala Biro Umum Setda Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lalu pada tahun 2008 menjadi Sekretaris Korpri Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Sekretaris daerah kabupaten Lombok Utara tahun 2009.

3. Geografis Lombok Utara

Mengenal Lebih Dekat H Djohan Sjamsu, Bupati Lombok Utara Dua Periodehttp://www.klikhotel.com/

Kabupaten Lombok Utara merupakan salah satu kabupaten atau daerah tingkat II yang berlokasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kabupaten ini terbentuk dengan dasar Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2008 yang ternyata adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Lombok Barat. Lombok Utara memiliki semboyan Tioq Tata Tunaq, luas wilayah dari kabupaten ini sebesar 776,25 km².

Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di bagian Utara, kemudian di bagian timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Lombok Timur. Lalu di bagian selatan berbatasan langsung dengan Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Tengah, terakhir di bagian barat berbatasan langsung dengan Selat Lombok dan kabupaten Lombok Barat. 

Kabupaten ini menaungi sebanyak 5 kecamatan, dan 43 desa. Untuk jumlah penduduknya tercatat pada tahun 2017 sebanyak 233.691 jiwa. Dengan sebaran penduduk mencapai 301 jiwa per km².

Ini 5 kecamatan yang dinaungi oleh Kabupaten Lombok Utara: Kec. Bayan dengan 12 desa, Kec. Gangga dengan 8 desa, Kec. Kayangan dengan 10 desa, Kec. Pemenang dengan 5 desa, dan Kec. Tanjung dengan 8 desa.

Demografi menitikberatkan pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lombok Utara tahun 2020 lalu, berada di posisi 10 dari 10 kabupaten/kota di Provinsi NTB, dengan Indeks Skor 64,42. Sebagai sebuah kabupaten baru, Pemerintah Lombok Utara sedang berupaya keras demi meningkatkan IPM tersebut agar dapat bersaing dengan daerah lainnya. Dengan adanya keterbatasan yang dimiliki, Lombok Utara berhasil meraih peringkat 2 nasional sebagai Daerah Otonomi Baru Terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Profil Indah Dhamayanti Putri, Bupati Perempuan Pertama di NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya