Para Pedagang dari Penjuru NTB Panen Rezeki di Lokasi Hultah NWDI

Akan dihadiri 100 ribu jemaah dari seluruh Indonesia

Lombok Timur, IDN Times - Perayaan hari ulang tahun (Hultah) Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) ke-88 di Anjani Lombok Timur (Lotim) yang berlangsung pada hari ini, Minggu (29/10/2023) memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. Khususnya bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Panitia memperkirakan jumlah pedagang yang berjualan mencapai ribuan orang.

Dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh perayaan tahunan yang digelar setiap tahun di bulan Oktober ini, tidak kalah dengan event besar lainnya. Karena pada setiap perayaan, diklaim ada ribuan pelaku UMKM dan pedagang yang datang dari penjuru Nusa Tenggara Barat (NTB) datang untuk berjualan. Mulai dari asongan, lapak-lapak makanan, pakaian dan produk lokal lainnya. 

Potensi untuk mendapatkan banyak keuntungan cukup besar, karena setiap perayaan Hultah, jemaah NW yang datang tidak pernah kurang dari 100.000 jemaah. Bahkan pada perayaan tahun ini diperkirakan lebih dari 100.000 jemaah yang akan datang dari seluruh Indonesia.

1. Diperkirakan diikuti 1.500 pedagang

Para Pedagang dari Penjuru NTB Panen Rezeki di Lokasi Hultah NWDIRibuan pedagang di jalan raya anjani memasang lapak dagangan (dok. Ruhaili)

Momentum perayaan Hultah NWDI selalu ditunggu-tunggu oleh para pedagang, baik itu pedagang makanan, minuman, buah-buahan pakaian, mainan dan peralatan rumah tangga. Sebab barang dagangan mereka selalu laku terjual, sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang lebih. 

Ketua panitia Hultah NWDI yang ke-88 TGH Zainal Arifin Munir mengatakan, dampak ekonomi yang ditimbulkan pada momen Hultah ini cukup besar bagi masyarakat NTB, khusunya masyarakat Lombok Timur. Karena setiap orang bisa mengambil bagian dalam momen perayaan ini.

Diperkirakan jumlah pedagang yang berjualan pada momen Hultah ini lebih dari seribu orang. Panjang lapaknya sekitar tiga kilometer. Di pinggir jalan raya Anjani dipenuhi oleh lapak pedagang, belum lagi di dalam arena Hultah dan gang-gang lingkungan.

"Momen Hultah ini sangat ditunggu, bukan hanya oleh jEmaah NW di seluruh Indonesia, tetapi oleh para pedagang di penjuru NTB, karena ini yang diharapkan Al-magfurullah, NW ini bisa membawa kemaslahatan bagi umat, bangsa dan negara," ungkapnya.

Baca Juga: Jaga Ketahanan Pangan, Lotim Siapkan 4000 hektare Lahan Tanaman Padi

2. Panen keuntungan

Para Pedagang dari Penjuru NTB Panen Rezeki di Lokasi Hultah NWDIPedagang di arena Hultah NWDI ke 88 di Anjani (dok. Ruhaili)

Salah seorang penjual minuman dan seblak Nurul Hikmah, menuturkan, hampir setiap momen Hultah, dirinya tidak pernah absen untuk berjualan di lingkungan YPP Syaikh Zainuddin NW Anjani. Bahkan ia sekeluarga tinggal di tempat itu dengan membawa tenda sebagai tempat tidur bersama anak dan suami.

Omzet yang di dapatkan pada hari perayaan Hultah mencapai jutaan rupiah hanya dari hasil penjualan minuman dan makanan saja. Itu jauh dari rata-rata omzet yang didapatkan ketika berjualan di rumah.

"Saya sudah berjualan sudah lima hari, sejak rangkaian Hultah dimulai, di mana omzet yang didapatkan tidak pernah kurang dari Rp1 juta per hari, puncaknya pada hari H, ini bisa lebih banyak," Tutur Nurul.

Hal yang sama juga disampaikan pedagang lainnya, Hauliah. Ia mengatakan setiap momen Hultah selalu panen keuntungan. Tidak jarang stok dagangan habis, sehingga membuat para pedagang harus bolak balik untuk mengambil stok. 

"Itulah kenapa, momen ini selalu menjadi momen yang kami tunggu. selain dagangan kami habis terjual, di sini juga tidak ada sewa-sewa atau uang kebersihan atau apalah yang kami harus bayar. Selesai dagang atau selesai acara kita tinggal bersihkan saja bekas sampah kita, kalau nyumbang seikhlasnya saja," pungkasnya.

3. Kabarnya akan dihadiri tokoh politik

Para Pedagang dari Penjuru NTB Panen Rezeki di Lokasi Hultah NWDIKetua PB NW, Maulana Syaikh Zainuddin Atssani (dok. Ruhaili)

Seperti diketahui, semarak rangkaian perayaan Hultah NWDI ke 88 di Anjani telah berlangsung sejak tiga pekan yang lalu. Kegiatan semarak Hultah yang diselenggarakan yang ada kaitannya dengan visi misi besar NW yaitu untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Ketua PBNW Maulana Syaikh TGKH LG Muhammad Zainuddin Ats Sani mengatakan, puncak perayaan Hultah NWDi akan diselenggarakan pada hari ini akan dikutii oleh lebih 100 ribu jemaah. Mereka akan ditampung di bawah terop daun kelapa seluas 3 hektare.

Selain itu juga dihadiri oleh pengurus wilayah dari 38 provinsi di Indonesia, serta pejabat pejabat penting lainnya. Sementara untuk tokoh politik, kemungkinan akan dihadiri oleh bakal calon presiden Prabowo Subianto atau tokoh politik lainnya yang mewakili.

"Yang jelas sudah kita undang, tetapi hingga saat ini masih menunggu kepastian apakah beliau bisa hadir atau tidak," ungkapnya.

Baca Juga: Program Berantas Rentenir untuk Peternak dan UMKM di Lotim Berlanjut 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya