Warga Loteng Siap-siap, Pemda Verifikasi Data Penerima BLT DBHCHT

Anggaran yang disiapkan sebesar Rp9 miliar

Lombok Tengah, IDN Times - Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mulai memverifikasi data calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

"Sosialisasi sudah dilaksanakan dan saat ini sedang verifikasi data penerima," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah Lalu Wiraningsung seperti dikutip dari ANTARA pada Sabtu (8/10/2022).

1. Penerima sebanyak 5.376 keluarga

Warga Loteng Siap-siap, Pemda Verifikasi Data Penerima BLT DBHCHTILUSTRASI PEMBAGIAN BLT (20/5/2022). (dok. Kemensos)

Ia menjelaskan bahwa jumlah warga yang diusulkan mendapat BLT sekitar 12 ribu. Itu tersebar di 60 desa pada 10 kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah. Namun, pemerintah daerah mengalokasikan dana Rp9 miliar untuk memberikan BLT dari DBHCHT kepada 5.376 keluarga penerima manfaat.

"Data yang masuk cukup banyak, sehingga verifikasi hingga saat ini masih dilakukan," kata Lalu Wiraningsung.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Lombok Tengah Lacak Keberadaan Pasien TBC

2. Disalurkan selama enam bulan

Warga Loteng Siap-siap, Pemda Verifikasi Data Penerima BLT DBHCHTilustrasi memberi dan menerima uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Menurut ketentuan pemerintah, penyaluran BLT dari DBHCHT dilaksanakan selama enam bulan. Nilai bantuannya Rp300 ribu per bulan per penerima manfaat.

"Warga yang menerima BLT dari DBHCHT meliputi buruh tani tembakau dan buruh pabrik tembakau atau rokok," kata Lalu Wiraningsung.

3. Diberikan kepada warga kurang mampu

Warga Loteng Siap-siap, Pemda Verifikasi Data Penerima BLT DBHCHTIlustrasi warga miskin (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Selain itu, menurut dia, BLT dari DBHCHT diberikan kepada warga kurang mampu yang belum pernah mendapatkan bantuan sosial apapun dari pemerintah.

"BLT dari DBHCHT ini akan disalurkan langsung ke rekening warga supaya tepat sasaran," katanya.

Baca Juga: PGRI NTB Minta Pemerintah Tambah Kuota Sertifikasi Guru

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya