PLN Gunakan Kendaraan Listrik Selama Operasional WSBK Mandalika

Penggunaannya lebih mudah dan ramah lingkungan

Mataram, IDN Times - PT PLN (Persero) menggunakan motor listrik untuk operasional menjaga keandalan pasokan listrik saat penyelenggaraan World Superbike (WSBK). Event balap motor bergengsi ini diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 11-13 November 2022.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Mataram Wiedhyarno Arief Wicaksono mengatakan selain mempercepat akses, penggunaan motor listrik di ajang WSBK juga diharapkan dapat lebih mengenalkan motor listrik sebagai salah satu moda transportasi yang aman dan nyaman.

1. Ada 11 titik penjagaan

PLN Gunakan Kendaraan Listrik Selama Operasional WSBK Mandalikailustrasi motor listrik

Saat ini, kata dia, pasar pengguna motor listrik sendiri sudah sangat tinggi. Minat masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan itu juga semakin meningkat dari hari ke hari. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya distributor motor listrik yang berbisnis, khususnya di Pulau Lombok.

"Total sebanyak 11 titik di area sirkuit yang harus dijaga oleh petugas PLN, lokasinya pun tersebar. Di sini, tentunya akan diperlukan kecepatan akses antar lokasi akan sangat membantu, utamanya apabila misalkan ada gangguan. Untuk itu, kami mengoperasikan lima unit motor listrik," katanya seperti dikutip dari ANTARA pada Sabtu (12/11/2022).

Baca Juga: Berkas Kasus Narkoba Dua Oknum Polisi Dilimpahkan ke Jaksa

2. Operasional lebih mudah

PLN Gunakan Kendaraan Listrik Selama Operasional WSBK MandalikaPembalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder memacu kecepatan sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Menurut Wiedhyarno, salah satu alasan yang menarik minat masyarakat adalah dikarenakan pengoperasian motor listrik ini sangat praktis, mudah dan murah. Ditambah saat ini harga motor listrik sudah bersaing dengan motor berbahan bakar minyak.

"Ketika baterai listrik penuh, bisa menempuh jarak hampir 40-50 kilometer. Tapi, ini juga tergantung dari jenis baterai listriknya. Apabila baterai habis, proses charging dapat langsung dilakukan di rumah tanpa perlu ada perusahaan instalasi lagi," ujarnya.

3. Ratusan PLN siaga

PLN Gunakan Kendaraan Listrik Selama Operasional WSBK MandalikaFoto udara tikungan ke 5 dan tikungan ke 6 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Untuk melistriki WSBK Mandalika 2022, PLN menyiapkan skema zero down time, sistem suplai listrik berlapis untuk layanan kelistrikan yang andal, bermutu dan berkualitas. Besar kebutuhan daya listrik untuk Sirkuit Mandalika sendiri saat ini adalah sebesar 5,19 mega volt ampere (MVA) yang disuplai dari dua gardu induk (GI), yakni GI Kuta dan GI Sengkol.

Sebanyak 384 petugas PLN disiagakan selama tiga hari ke depan untuk menjaga kontinuitas suplai listrik ajang internasional yang digelar tahunan tersebut.

Baca Juga: Jaksa Siapkan 68 Saksi Kasus Dugaan Korupsi Anggota DPRD Bima Boymin

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya