Pemkot Usulkan Rp12,5 Miliar untuk Revitalisasi Pasar Cakranegara

Berharap pasar semakin bersih dan rapi

Mataram, IDN Times - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengusulkan kembali bantuan anggaran sebesar Rp12,5 miliar untuk revitalisasi Pasar Cakranegara melalui dana tugas pembantuan (TP) Kementerian Perdagangan RI.

"Sampai saat ini usulan kami masih diproses, jadi kebutuhan itu kami usulkan lagi pada 2023. Proposal sudah kami ajukan dan terus kami perjuangkan," kata Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram Uun Pujianto seperti dikutip dari ANTARA pada Sabtu (24/12/2022).

1. Agar pasar lebih bersih dan nyaman

Pemkot Usulkan Rp12,5 Miliar untuk Revitalisasi Pasar CakranegaraIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Uun mengatakan, kendati usulan itu belum direalisasikan pada 2022, namun tidak mematahkan semangatnya untuk terus meminta dukungan pemerintah pusat bagi kegiatan revitalisasi Pasar Cakranegara.

"Tujuannya agar Pasar Cakranegara bisa menjadi sebuah pasar tradisional yang bersih, aman, dan nyaman untuk berbagai aktivitas transaksi masyarakat," katanya.

Menurutnya, dengan dana tersebut kegiatan revitalisasi Pasar Cakranegara akan dilakukan secara menyeluruh hingga rampung dengan mengoptimalkan los pasar di lantai dua.

Baca Juga: Seorang Guru di Lombok Tewas Jatuh dari Tebing saat Foto-foto 

2. Pasar terkesan sempit dan semrawut

Pemkot Usulkan Rp12,5 Miliar untuk Revitalisasi Pasar CakranegaraIlustrasi pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww)

Para pedagang sembako, konveksi dan lainnya akan menempati los lantai dua Pasar Cakranegara, sehingga parkir kendaraan bisa masuk dan tidak ada lagi yang menggunakan tepi atau badan jalan.

"Selama ini keberadaan Pasar Cakranegara terkesan sempit bahkan semrawut karena kendaraan parkir di badan jalan," katanya.

Kendaraan yang parkir di badan jalan, tambahnya, juga berdampak pada kemacetan di jalan utama yang semestinya kawasan tersebut harus steril dari parkir pinggir jalan.

"Karena itu, kami berharap ke depan pemerintah bisa membantu penataan agar kawasan tersebut bisa tertata lebih baik dan bisa mengoptimalkan pendapatan daerah," katanya.

3. Retribusi parkir

Pemkot Usulkan Rp12,5 Miliar untuk Revitalisasi Pasar CakranegaraIlustrasi tukang parkir. nu.or.id

Dikatakannya, apabila parkir sudah masuk ke areal pasar maka bisa mengoptimalkan pendapatan dari retribusi parkir. Begitu juga dengan pedagang bisa lebih optimal memanfaatkan los di lantai dua.

"Setiap hari, Pasar Cakranegara menyumbang retribusi sekitar Rp600 ribu. Harapannya, setelah ditata retribusi bisa meningkat," ujarnya.

Baca Juga: Taman Sangkareang, Rekomendasi Tempat Rekreasi Ibu dan Anak di Mataram

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya