Pelaku IKM di Lombok Tengah Diajarkan Cara Promosi Secara Digital

Agar pelaku UKM bisa memasarkan produk melalui media sosial

Lombok Tengah, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar pelatihan digital konten kreator untuk para pengusaha industri kecil menengah (IKM) di daerah itu. Tujuannya agar mereka dapat promosi produk secara digital.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari," kata Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Setiawan seperti diberitakan Antara pada Senin (3/7/2023).

1. Agar pelaku IKM mandiri

Pelaku IKM di Lombok Tengah Diajarkan Cara Promosi Secara DigitalIlustrasi seorang wanita sedang membuat konten untuk media sosial. (Pexels.com/RODNAE Productions)

Kegiatan itu diharapkan dapat meningkatkan promosi produk hasil dari IKM tersebut, sehingga mereka bisa mandiri dalam menjalankan usahanya. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Ini untuk mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Dengan adanya program pelatihan digital ini diharapkan juga usaha dari para UKM terus bisa bertahan dan berkembang, sehingga bisa membuka peluang kerja bagi masyarakat setempat.

Baca Juga: Usai MXGP, Gubernur NTB Mutasi Tiga Pejabat Eselon II 

2. Tingkatkan SDM

Pelaku IKM di Lombok Tengah Diajarkan Cara Promosi Secara Digitalilustrasi membagikan foto di Instagram (pexels.com/ready made)

Kegiatan ini juga bertujuan untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) para pelaku usaha IKM di tengah kemajuan teknologi, sehingga produk mereka bisa dipasarkan secara online atau melalui media sosial.

"Pemasaran tidak hanya dilakukan secara langsung, namun diharapkan bisa memanfaatkan media sosial atau digital dalam membantu promosi bagi produk-produk IKM," katanya.

Kegiatan pelatihan digital itu melibatkan para UKM milenial atau, sehingga mereka lebih paham tentang pemanfaatan teknologi untuk kemajuan usaha yang dilaksanakan.

"Rata-rata peserta ini mereka yang masih muda atau milenial," katanya.

3. Pelatihan pengelolaan bisnis

Pelaku IKM di Lombok Tengah Diajarkan Cara Promosi Secara DigitalIlustrasi berkas-berkas (pexels.com/Pixabay)

Selain diberikan pelatihan digital, para pelaku usaha UKM tersebut juga diberikan pelatihan tentang pengelolaan bisnis dan kewirausahaan, sehingga bisa mendukung pengembangan produk yang dihasilkan.

"Pembinaan ini untuk bagaimana menciptakan peluang kerja melalui IKM," katanya.

Baca Juga: Festival Fesyen di Lombok Diharapkan Bangkitkan Pariwisata Senggigi

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya