NTB akan Fokuskan Penguatan Industrialisasi dan Transformasi Ekonomi 

Gubernur harap bahan baku diolah agar untung lebih banyak

Mataram, IDN Times - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan fokus pada penguatan program industrialisasi dan transformasi ekonomi pada penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) NTB tahun 2024. Harapannya perekonomian masyarakat bisa berkembang dengan mengolah hasil-hasil pertanian.

"Industrialisasi akan memberikan nilai tambah pada produk UMKM-UMKM kita. Masyarakat tidak lagi menjual bahan baku keluar tapi harus mampu diolah untuk mendapatkan keuntungan yang besar," kata Gubernur NTB, Zulkieflimansyah saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi NTB.

1. Penguatan SDM

NTB akan Fokuskan Penguatan Industrialisasi dan Transformasi Ekonomi Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah dan Kadiskominfotik NTB Dr Najamuddin saat menghadiri pelantikan dan pengukuhan FJPI NTB (Dok Diskominfotik NTB)

Diberitakan Antara, Musrenbang Provinsi NTB untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) NTB tahun 2024 mengambil tema "peningkatan produktivitas daerah untuk mempercepat transformasi ekonomi melalui sumber daya manusia dan lingkungan yang berkualitas,".

Zulkieflimansyah berharap dalam perencanaan dan penyusunan dokumen RKPD agar penguatan industrialisasi dan transformasi ekonomi melalui SDM lebih diperkuat untuk menggerakkan masyarakat memiliki gagasan dan inovasi ke depan.

Bang Zul sapaan akrabnya menegaskan tidak sedikit orang "menyinyir" tentang program industrialisasi, tapi mereka tidak tahu bahwa perjuangan mengubah pola pikir demi menikmati hasilnya ke depannya. Butuh waktu yang panjang dan kesabaran yang intens.

Baca Juga: Status Pandemik COVID-19 Dicabut WHO, Warga NTB Diminta Tidak Terlena 

2. Program seribu cendekia

NTB akan Fokuskan Penguatan Industrialisasi dan Transformasi Ekonomi Ilustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, program 1.000 cendekia yang dikirim untuk kuliah di luar negeri merupakan aset yang akan dinikmati pada 10-25 tahun mendatang.

"Kita berharap anak-anak ini tidak usah dipaksa pulang ke NTB karena kalau dipaksa-paksa melawan biarkan mereka tinggal di luar negeri. Biarkan mereka menguasai kota-kota besar di Indonesia ini," katanya.

Sementara Kepala Bappeda NTB Iswandi mengatakan, penyusunan RKPD tahun 2024 telah berjalan dengan baik. Evaluasi RPJMD tahun 2018-2023 yang dilaksanakan dengan 37 indikator telah berhasil dapat diselesaikan dan dituntaskan. Sebanyak 27 indikator dengan capaian sebanyak 73 persen indikator.

"Masih ada waktu satu tahun untuk menuntaskan program pembangunan yang lain," ujarnya.

3. Semua sektor diharapkan bekerja dengan baik

NTB akan Fokuskan Penguatan Industrialisasi dan Transformasi Ekonomi ifepal.co.id

Iswandi menyatakan penyusunan rencana pembangunan daerah untuk tahun 2024-2028 adalah berfokus pada upaya membangun manusia, lingkungan, kesejahteraan dan didukung dengan pembangunan tata kelola pemerintahan daerah pembangunan yang berkomitmen untuk mencapai tujuan bersama.

"Oleh karena itu, semua sektor yang produktif diharapkan dapat bekerja dengan sebaik-baiknya untuk memastikan yang ada mengalami peningkatan produktivitas," ungkap dia.

Baca Juga: Kisah Dewi Utami, Petugas Damkar Perempuan Satu-satunya di NTB

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya