KPU NTB Temukan Banyak Nama Warga Dicatut sebagai Anggota Parpol

KPU lakukan verifikasi ke lapangan

Mataram, IDN Times  - Komisi Pemilihan Umum, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menemukan banyak warga yang namanya dicatut sebagai anggota partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 selama pelaksanaan verifikasi faktual di lapangan.

"Mencatut itu banyak sekali, meski kita belum bisa katakan mencatut, tetapi ketika kita turun lapangan itu sangat banyak," kata anggota KPU NTB Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM Agus Hilman seperti dikutip dari ANTARA pada Kamis (3/11/2022).

1. Warga merasa keberatan

KPU NTB Temukan Banyak Nama Warga Dicatut sebagai Anggota ParpolIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia menjelaskan selama verifikasi faktual ada banyak warga yang masuk data sampel ketika ditemui petugas KPU mengaku bukan anggota parpol.

"Jadi, banyak warga yang merasa bukan anggota parpol dan menyampaikan keberatan. Itu merata terjadi pada 10 kabupaten dan kota di NTB, tetapi secara persentase berapa kita belum hitung," terangnya.

Selain nama warga yang banyak dicatut, saat verifikasi faktual juga banyak ditemukan nama warga yang salah dan NIK tidak jelas sehingga anggota parpol ini tidak valid.

"Ada tahap perbaikan dan diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan, lalu disampaikan kepada KPU untuk diverifikasi faktual ulang tahap kedua. Nanti ada tahap kedua perbaikan, bisa saja laporan kami nanti disampaikan kepada petugas partai untuk dikomunikasikan lagi dengan anggotanya," kata Agus Hilman.

Baca Juga: Jaksa Selidiki Kasus Dugaan SPPD Fiktif DPRD Lombok Utara

2. Verifikasi faktual

KPU NTB Temukan Banyak Nama Warga Dicatut sebagai Anggota ParpolIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk tahap perbaikan nanti, KPU NTB telah menyiapkan sejumlah cara, salah satunya meminta parpol mengumpulkan anggotanya pada satu tempat, seperti kantor desa, lurah, atau kecamatan untuk diverifikasi. Jika tidak bisa pada satu tempat, KPU akan melakukan verifikasi menggunakan panggilan video dengan anggota parpol.

Hilman menambahkan secara umum verifikasi faktual anggota parpol di NTB sudah selesai dengan jumlah sampel yang diverifikasi sekitar 18 ribu orang pada 10 kabupaten/kota.

"Meski ada beberapa orang yang masih belum bisa ditemui karena
tidak berada di tempat," katanya.

3. Banyak temukan saat di lapangan

KPU NTB Temukan Banyak Nama Warga Dicatut sebagai Anggota ParpolIlustrasi capres cawapres (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, saat anggota KPU NTB Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Syamsuddin melakukan verifikasi faktual di Kabupaten Lombok Timur, pihaknya juga menemukan banyak data anggota parpol baru dan nonparlemen yang tidak valid.

"Contohnya saat kami turun memantau di Kabupaten Lombok Barat, dari empat titik lokasi yang kami kunjungi persoalannya hampir sama seperti saat kami turun di Lombok Timur. Hampir seluruh anggota yang dimasukkan datanya oleh parpol tidak
ada yang valid," ujarnya.

Baca Juga: Penyidik Telusuri Peran Tersangka pada Proyek Jalan TWA Gunung Tunak

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya