ASN NTB Dibimbing agar Familier dengan Event Pariwisata

50 ASN bidang pariwisata di NTB diberi bimtek 

Mataram, IDN Times - Event skala nasional dan internasional kini semakin banyak digelar di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB menggelar bimbingan teknis (Bimtek) agar Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa lebih familier dengan penyelenggaraan event berskala besar.

Selain pemberi jasa, seperti perhotelan, agen perjalanan wisata dan lainnya, keberadaan ASN juga sangat penting untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penyelenggara event atau tamu yang datang. Sehingga peningkatan kapasitas ASN juga sangat diperlukan, terutama ASN di daerah.

1. Misi: Indonesia jadi destinasi kelas dunia 

ASN NTB Dibimbing agar Familier dengan Event PariwisataBimbingan teknis ASN bidang pariwisata di NTB (Istimewa)

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Rizki Handayani mengatakan, Kemenparekraf memiliki misi utama. Misi itu adalah menjadikan Indonesia sebagai destinasi event kelas dunia.

Rizki mengatakan agar misi tersebut bisa diwujudkan, tentu dibutuhkan strategi yang baik. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang menangani langsung event-event di daerah. Mereka yang berkompeten, kreatif, dan profesional dalam penyelenggaraan event.

2. ASN daerah berperan penting 

ASN NTB Dibimbing agar Familier dengan Event PariwisataBimbingan teknis ASN bidang pariwisata di NTB (Istimewa)

Rizki menyebut salah satu faktor keberhasilan itu dari tersedianya ASN daerah yang memiliki peran penting. Mulai dari pembuat regulasi, pembina, pendamping, dan pengawas. ”Bahkan termasuk juga sebagai penyelenggara dari event tersebut,” kata Rizki saat membuka Bimtek secara hibrid.

Ia mengatakan, penyelenggaraan event di daerah yang berkualitas, akan memberi dampak positif. Seperti menarik lebih banyak kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. Yang nantinya ikut mendukung pemulihan pariwisata di daerah maupun nasional.

Baca Juga: Hotel di Mataram Masih Sepi Pesanan Jelang WSBK Mandalika

3. Implementasi di daerah masing-masing 

ASN NTB Dibimbing agar Familier dengan Event PariwisataBimbingan teknis ASN bidang pariwisata di NTB (Istimewa)

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi NTB Izzudin Mahili mengatakan, bimtek ini digelar karena Provinsi NTB menjadi tuan rumah event nasional maupun internasional. ”Harapannya bisa melahirkan ASN yang kompeten dalam merencanakan dan menyelenggarakan event,” kata Izzudin.

Bimtek yang digelar di Hotel Royal Regantris, Gili Trawangan, Lombok Utara pada 22-24 September itu diikuti 50 Aparatur Sipil Negara (ASN) di bidang pariwisata se-NTB. Seluruh peserta diharapkan mendapat ilmu yang cukup setelah mengikuti bimtek. Sehingga kemampuan dan manajerial dalam mengelola event di daerah bisa semakin baik.

”Ilmu yang didapat dari narasumber bisa diimplementasikan di daerah masing-masing. Guna mewujudkan percepatan pemulihan pariwisata di Indonesia,” tandasnya.

4. NTB punya destinasi wisata super prioritas

ASN NTB Dibimbing agar Familier dengan Event PariwisataFoto udara destinasi wisata Pantai Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (7/6/2021). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Provinsi NTB menjadi salah satu daerah yang memiliki destinasi pariwisata super prioritas (DPSP), tepatnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Keberadaan Mandalika diharapkan sebagai magnet untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Di Mandalika juga terdapat sirkuit bertaraf internasional yang sudah menyelenggarakan berbagai event balap, termasuk MotoGP. Keberadaan sirkuit ini menjadi salah satu daya tarik, karena menyelenggarakan event balap motor paling bergengsi di dunia.

Dengan potensi pariwisata yang ada, diharapkan semua elemen masyarakat, termasuk ASN dapat terus belajar untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuannya. Sehingga wisatawan bisa merasa betah dan senang saat berada di NTB.

5. Balap motor world superbike 2022

ASN NTB Dibimbing agar Familier dengan Event Pariwisatatwitter.com/ducaticorse

Gelaran balap motor bergengsi di dunia, World Superbike (WSBK) kembali digelar di NTB. WSBK Mandalika akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 11 - 13 November 2022. Semua pihak diharapkan bersama-sama menyukseskan event balap bergengsi tersebut.

Event ini akan mendatangkan banyak pembalap dunia dengan kru yang mencapai ratusan orang. Sejumlah persiapan dari Provinsi NTB sudah dilakukan sejak beberapa bulan terakhir. Event ini menjadi salah satu momentum untuk mempromosikan potensi pariwisata di NTB.

Baca Juga: Realisasi Investasi di Kota Mataram Sudah Hampir Rp1 Triliun

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya