Hotel di Mataram Masih Sepi Pesanan Jelang WSBK Mandalika

Tingkat pesanan kamar hotel di Mataram di bawah 50 persen

Mataram, IDN Times - Gelaran balap motor bergengsi di dunia, World Superbike (WSBK) tinggal sebulan lagi. WSBK Mandalika akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 11 - 13 November 2022. Sebulan menjelang WSBK Mandalika, tingkat pemesanan kamar hotel berbintang di Kota Mataram masih di bawah 50 persen. Berbeda dari tahun 2021, pemesanan kamar hotel tamu WSBK Mandalika sudah full sejak 2 - 3 bulan sebelumnya.

"Merujuk komunikasi dengan teman-teman anggota, masih belum ada pergerakan. Mungkin ada masuk satu, dua pesanan, tapi tak seperti tahun lalu. Tingkat pesanan kamar hotel paling masih di bawah 50 persen. Kalau dulu 2 bulan, 3 bulan sebelumnya sudah full pesanan kamar hotel," kata Ketua Asosiasi Hotel Mataram (AHM) Yono Sulistyo dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Senin (3/10/2022).

1. Penyebab belum banyaknya pesanan kamar hotel tamu WSBK

Hotel di Mataram Masih Sepi Pesanan Jelang WSBK MandalikaIDN Times/Rahmat Arief

Yono mengatakan kemungkinan harga tiket pesawat yang masih mahal menjadi pemicu belum banyaknya pesanan kamar hotel tamu WSBK Mandalika 2022. Selain itu, kemungkinan para penonton balap motor lebih memilih menunggu gelaran MotoGP dibandingkan WSBK.

"WSBK ini memang kelasnya di bawah MotoGP. Apakah memang orang menunggu MotoGP saja daripada WSBK. Tapi kita lihat okupansinya tidak sama dengan dulu, namun sudah ada yang memesan.Tapi tingkat okupansi masing-masing hotel masih di bawah 50 persen," sebutnya.

Baca Juga: NTB Gelar 'Sales Mission' di 5 Kota Besar agar WSBK Ramai Penonton 

2. Pantau tingkat pesanan sampai pertengahan Oktober

Hotel di Mataram Masih Sepi Pesanan Jelang WSBK MandalikaSalah satu hotel berbintang di Kota Mataram (IDN Times/Muhammad Nasir)

Disebutkan, jumlah kamar hotel berbintang di Kota Mataram saat ini sebanyak 2.986 kamar. AHM terus memantau perkembangan tingkat pemesanan kamar sampai pertengahan Oktober ini.

Sesuai arahan dari Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) NTB, harga kamar tidak akan dinaikkan berlipat-lipat seperti tahun sebelumnya. Meskipun dalam Peraturan Gubernur NTB Nomor 9 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Akomodasi, boleh dinaikkan.

Dalam Pergub dijelaskan penyedia akomodasi diperkenankan menaikkan harga dengan batas yang sudah diatur. Harga yang diberikan harus sesuai zona lokasi event berlangsung. Maksimal kenaikan tarif kamar tiga kali jika berlokasi lebih dekat dari event. Untuk zona yang lebih luar, kenaikan tarif maksimal dua kali. Sedangkan zona terjauh dari area event kenaikan maksimal satu kali.

"Kita ikuti arahan PHRI, bahwa maksimal harga ada di publish rate, tidak menaikkan berlipat-lipat," ucapnya.

3. Permintaan tidak tinggi, hotel akan turunkan harga kamar

Hotel di Mataram Masih Sepi Pesanan Jelang WSBK MandalikaIlustrasi kamar hotel (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Yono menambahkan tarif kamar hotel tergantung supply and demand. Apabila permintaan tidak ada, maka pasti tarif kamar hotel akan rendah. Meskipun pemesanan kamar hotel masih minim jelang WSBK Mandalika, tapi pihaknya melihat prilaku orang Indonesia cenderung adanya peningkatan pesanan ketika injury time atau mendekati event.

"Nanti kita lihat perkembangan pada pertengahan Oktober. Pasti hotel akan melihat peluang WSBK. Mereka pasti akan menurunkan harga kamar secara otomatis, tidak publish rate kalau permintaan tidak tinggi. Mungkin di angka Rp600 - 700 ribu, gak mungkin Rp1 juta," katanya.

Untuk meramaikan perhelatan WSBK Mandalika 2022, Pemprov NTB bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menggelar sales mission di 5 kota besar di Pulau Jawa dan Bali.
Selain itu, bagi warga lokal NTB, harga tiket WSBK diberikan diskon sebesar 50 persen kecuali untuk kelas VIP dan VVIP. WSBK Mandalika 2022 menargetkan jumlah penonton sebanyak 45.000 orang.

Baca Juga: Buruan! Warga NTB Dapat Diskon Harga Tiket WSBK Mandalika 50 Persen 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya