500 Ribu Benih Ikan Dilepaskan di Bendungan Wisata Gunung Jae

Diharapkan bisa bermanfaat bagi warga sekitar

Lombok Barat, IDN Times - Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) menebar 500 ribu benih ikan dan di destinasi wisata Gunung Jae Desa Sedau Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan ini. Apalagi jumlah bibit ikan yang ditebar sekitar 500 ribu ekor.

"Hari ini kita tebar setengah juta bibit ikan, mudahan satu saat akan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (14/8/2023).

1. Tebar benih ikan di sejumlah bendungan

500 Ribu Benih Ikan Dilepaskan di Bendungan Wisata Gunung Jaeilustrasi ikan mujair jantan di dalam akuarium (commons.wikimedia.org/Destinationkho)

Zulkieflimansyah mengatakan kegiatan menebar benih ikan ini tidak hanya di danau Gunung Jae, namun di sejumlah bendungan besar di Lombok seperti bendungan Batujai, Pandanduri dan lainnya.

"Acara ini luar biasa, apalagi banyak pihak yang hadir. Kita melihat spot yang bagus dan mudah-mudahan dengan penataan yang lebih baik ini akan menjadi destinasi unggulan kita ke depan," katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah mengatakan kegiatan yang dilakukan sekarang ini akan memberikan multiplier effect bagi masyarakat.

"Pertama menebar ikan. Potensi perairan kita luar biasa. Ini menunjukkan bahwa banyak tempat-tempat untuk menebar ikan," ujarnya.

Baca Juga: Rusak Parah, Jalan Rute Lembar - Gili Mas Lombok Mulai Diperbaiki

2. Harus dijaga

500 Ribu Benih Ikan Dilepaskan di Bendungan Wisata Gunung Jaeilustrasi ikan kecil (leisurepro.com)

Selanjutnya, kegiatan tebar bibit ikan ini adalah wujud bagaimana memperhatikan masalah lingkungan ,sehingga bibit ikan yang sudah ditebar harus dijaga dan dipelihara sampai nantinya bisa dinikmati.

"Kemudian kegiatan tanam pohon ini juga merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat dan tak hanya dinikmati saja namun manfaatnya dalam jangka waktu lima atau 10 tahun ke depan, sangat bermanfaat," kata Wagub.

Menurutnya, ikan adalah sumber protein hewani. Jika dikaitkan dengan upaya menurunkan angka stunting, maka ikan adalah salah satu asupan protein yang sangat bermanfaat untuk menurunkan angka stunting di NTB.

"Oleh karena itu kita dorong semua potensi ini. Kita sudah diberikan banyak sekali nikmat oleh Allah SWT, harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jadi kegiatan ini bagus sekali dalam rangka meningkatkan konsumsi protein hewani," katanya.

3. Diskusi bersama warga

500 Ribu Benih Ikan Dilepaskan di Bendungan Wisata Gunung JaeGubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah (dok. Gubernur NTB)

Kegiatan menebar benih ikan dan penanaman pohon ini juga diramaikan oleh kehadiran Kwarda Gerakan Pramuka NTB. Acara ini didahului dengan kegiatan diskusi atau berbincang dengan masyarakat Desa Sedau, kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan Pokdarwis.

Usai kegiatan diskusi dengan masyarakat, Gubernur NTB kemah bersama di destinasi wisata Gunung Jae. Kegiatan ini bagian dari promosi pariwisata yang dilakukan oleh Pemprov NTB, sebab Gunung Jae memiliki potensi wisata yang sangat besar untuk terus berkembang.

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket Kapal Rute Lombok-Banyuwangi 

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya