25 Puskesmas di Lombok Tengah Sediakan Layanan USG Gratis untuk Bumil

Cegah risiko stunting serta kematian ibu dan anak

Lombok Tengah, IDN Times - Sebanyak 25 puskesmas di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, telah menyediakan layanan ultrasonografi (USG) gratis. Semua ibu hamil (bumil) di wilayah itu bisa memanfaatkan layanan tersebut.

"Pelayanan ini diberikan secara gratis, sehingga kita berharap masyarakat datang melakukan pemeriksaan kesehatan kehamilan di puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah H Suardi seperti diberitakan Antara pada Selasa (18/7/2023).

1. Pelayanan di 12 kecamatan

25 Puskesmas di Lombok Tengah Sediakan Layanan USG Gratis untuk BumilWebsite

Menurut dia, pelayanan USG tersedia di 25 puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Praya, Praya Tengah, Praya Timur, Praya Barat, Praya Barat Daya, Pujut, Janapria, Kopang, Batukliang, Batukliang Utara, Jonggat, dan Pringgarata.

"Dari 29 puskesmas yang ada, tinggal empat puskesmas yang belum kita berikan alat USG, seperti di Puskesmas Awang, Batujangkih, dan beberapa puskesmas lainnya yang saat ini sedang diperbaiki," katanya.

Baca Juga: Keturunan Raja Cakranegara Minta Dilibatkan soal Harta Karun Lombok 

2. Deteksi dini risiko stunting

25 Puskesmas di Lombok Tengah Sediakan Layanan USG Gratis untuk Bumililustrasi usg (pexels.com/Valeriia Svietlova)

Penyediaan pelayanan USG di puskesmas ditujukan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan. Guna mencegah kematian ibu melahirkan dan bayi serta memantau pertumbuhan janin guna mendeteksi dini risiko stunting.

"Ini juga upaya pemerintah dalam mendukung penuntasan stunting di Lombok Tengah," kata Suardi.

3. Petugas sudah dilatih

25 Puskesmas di Lombok Tengah Sediakan Layanan USG Gratis untuk BumilKepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah H Suardi (Antara)

Dia mengatakan bahwa dokter dan bidan yang bertugas di puskesmas sudah dilatih untuk memberikan pelayanan USG. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, sebab pelayanan yang diberikan juga sama seperti di rumah sakit.

"Petugas telah diberikan pelatihan," katanya.

Baca Juga: Diduga Setubuhi Anak Kandung, Pria di Lombok Babak Belur Diamuk Massa 

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya