1.937 Jemaah Haji Asal NTB Sudah Pulang dari Makkah

Sebanyak lima kloter haji sudah dipulangkan

Mataram, IDN Times - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok menyatakan sebanyak 1.937 jamaah haji atau lima kelompok terbang (Kloter) asal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah tiba di Tanah Air. Mereka sudah selesai melaksanakan ibadah haji di Makkah.

"Jumlah jEmaah haji asal NTB yang telah pulang itu sebanyak 1.937 jemaah," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Arif Hariyanto seperti diberitakan Antara pada Rabu (26/7/2023).

1. Sebanyak 5 kloter sudah pulang

1.937 Jemaah Haji Asal NTB Sudah Pulang dari MakkahJemaah haji NTB saat masuk Asrama Haji NTB pada Juni lalu. (IDN Times/Muhammad Muhammad Nasir)

Ia mengatakan, ribuan jemaah haji yang telah pulang itu merupakan kloter 1 asal Kabupaten Lombok Timur dengan jumlah 385 jemaah, kloter 2 asal Kabupaten Lombok Tengah dengan jumlah 382 jemaah. Sementara kloter 3 asal Kabupaten Lombok Barat dengan jumlah 388 jemaah, kloter 4 asal Kota Mataram sebanyak 392 jemaah dan kloter 5 asal Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Lombok Timur sebanyak 390 jemaah.

"Jadwal kepulangan jemaah haji asal NTB itu dimulai 19 Juli hingga 2 Agustus 2023. Sehingga untuk kloter 6,7,8,9,10,11,12 dan 13 dipulangkan secara bertahap," katanya.

Baca Juga: Setengah Juta Warga NTB Terdampak Bencana Kekeringan

2. Total 13 kloter jemaah haji

1.937 Jemaah Haji Asal NTB Sudah Pulang dari MakkahJemaah haji NTB kloter 6 Embarkasi Lombok saat tiba di Asrama Haji NTB tahun 2022. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ia mengatakan, jumlah jemaah haji asal NTB itu sebanyak 4.999 jemaah. Terbagi dalam 13 kloter, baik itu kloter utuh maupun kloter campuran dari 10 kabupaten/kota di NTB. Sedangkan untuk keberangkatan dan kepulangan jEmaah haji Embarkasi Lombok di angkut menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Para jemaah dibawa menggunakan pesawat Garuda Indonesia PK-GIK jenis B777-300ER," katanya.

3. Dari bandara langsung ke asrama haji

1.937 Jemaah Haji Asal NTB Sudah Pulang dari MakkahJemaah haji NTB kloter 6 saat tiba di Asrama Haji NTB tahun 2022. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ia mengatakan, proses penjemputan jemaah haji dilaksanakan di Asrama haji Mataram, sehingga setelah tiba di Bandara Lombok, para jemaah dibawa menggunakan bus menuju asrama haji. Proses keberangkatan dan kepulangan jamaah haji asal NTB saat ini tetap berjalan aman dan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

"Penjemputan jemaah haji oleh keluarga dipusatkan di asrama Haji Mataram," katanya.

Baca Juga: Masuk Peringkat 6 Nasional, NTB Masih Jadi 'Sarang' Pelaku Terorisme

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya