Wisatawan Prancis Hilang saat Berenang dari Trawangan ke Gili Meno

Korban hilang saat berenang dari Gili Trawangan ke Gili Meno

Lombok Utara, IDN Times - Seorang wisatawan asal Prancis, Lydie Annie Mauricette (50) dilaporkan hilang saat mencoba berenang dari Gili Trawangan menuju Gili Meno, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (18/12) siang. Pelaksana Tugas Kepala Kantor SAR Mataram, Muhdar mengatakan pihaknya menerima laporan dari Pokwasmas Gili Trawangan mengenai kejadian tersebut.

Muhdar menjelaskan, pihaknya telah menerjunkan tim rescue dari Pos Siaga SAR Bangsal. Selanjutnya bergabung dengan potensi SAR dari unsur Pos AL Gili Indah, Polsek Pemenang, Barasiaga, Pokmaswas, Diver Gili Trawangan, masyarakat setempat dan lainnya untuk melakukan pencarian.

1. Korban belum ditemukan

Wisatawan Prancis Hilang saat Berenang dari Trawangan ke Gili MenoIlustrasi korban tenggelam. (Shutterstock)

Muhdar mengungkapkan hingga saat ini pencarian telah dilakukan di sekitar perairan Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air (Tramena). Pada Senin (19/12/2022) merupakan pencarian hari kedua.

"Korban atas nama Lydie Annie Mauricette umur 50 tahun. Memasuki hari kedua, pencarian dilakukan melalui pesisir pantai dan perairan. Namun sampai dengan siang hasil sementara masih nihil," ungkapnya.

Baca Juga: Polda NTB Hentikan Penyelidikan Kasus Dugaan Eksploitasi Joki Cilik 

2. Pada bulan Oktober, wisatawan asal Jawa Timur tewas saat snorkeling

Wisatawan Prancis Hilang saat Berenang dari Trawangan ke Gili MenoSpot snorkeling di Gili Air. (dok. Pokdarwis Trawangan)

Sebelumnya, pada 6 Oktober 2022 lalu, seorang wisatawan asal Madiun, Jawa Timur atas nama Christine Elsje Maria (63) tewas usai snorkeling di Gili Meno, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara. Korban tewas saat melakukan snorkeling bersama teman-temannya.

Korban sempat dilarikan ke klinik untuk mendapatkan penanganan. Namun nyawa korban sudah tak tertolong lagi. Selanjutnya, jenazah korban dibawa ke RS Bhayangkara Mataram untuk dilakukan autopsi. Korban meninggal dunia saat snorkeling di Patung Spot Pantai Gili Meno bersama 5 orang rekannya dengan menggunakan glass buttom boat.

3. Banyak sport snorkeling

Wisatawan Prancis Hilang saat Berenang dari Trawangan ke Gili MenoDelman di sekitar Pearl of Trawangan untuk menjelajah Gili Trawangan (IDN Times/Naufal Al Rahman)

Gili Trawangan merupakan sebuah pulau kecil yang cantik dengan memiliki luas sekitar 340 hektare. Gili Trawangan dikelilingi pantai cantik dan berpasir putih. Pulau kecil itu merupakan destinasi tujuanneisatawan domestik dan mancanegara yang banyak memiliki spot snorkeling menarik.

Wisatawan datang ke Gili Trawangan menggunakan kapal cepat dari Bali dan Pelabuhan Bangsal Lombok Utara. Jelang libur natal dan tahun baru, tingkat okupansi hotel di kawasan tiga Gili mencapai 85 persen. Gili Trawangan menjadi destinasi tujuan wisatawan di Lombok karena suasana alamnya yang masih alami. Alat transportasi di daerah itu hanya menggunakan becak dan sepeda.

Baca Juga: Pembangunan Proyek Kereta Gantung Rinjani Ditargetkan Tuntas 2025 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya