Waspada! Siklon Tropis Freedy Pengaruhi Cuaca Ekstrem di NTB  

NTB berpotensi dilanda cuaca ekstrem dalam seminggu ke depan

Mataram, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Lombok memprediksi wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) berpotensi terjadi cuaca ekstrem dalam seminggu ke depan. Selain karena faktor Madden Julian Oscillation (MJO), siklon tropis Freedy juga berpengaruh secara tidak langsung terhadap potensi cuaca ekstrem di NTB.

"Prediksi untuk seminggu ke depan wilayah NTB masih berpotensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah NTB," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi ZAM Lombok Agastya Ardha Chandra Dewi dikonfirmasi IDN Times, Senin (13/2/2023).

1. Faktor pergerakan awan konveksi dan siklon tropis Freedy

Waspada! Siklon Tropis Freedy Pengaruhi Cuaca Ekstrem di NTB  Ruang pengamatan cuaca BMKG (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat dipengaruhi beberapa faktor. Di antaranya, Madden Julian Oscillation (MJO), yaitu pergerakan awan awan konveksi dari arah Samudera Hindia sebelah barat Indonesia menuju Samudera Pasifik sebelah timur Indonesia yang sedang aktif di wilayah Indonesia.

Selain itu, kata Chandra Dewi, adanya siklon tropis Freedy di Samudera Hindia sebelah barat daya Banten yang berdampak secara tidak langsung. Serta belokan angin di wilayah NTB dan didukung dengan kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup labil.

Baca Juga: Seorang Anak Tewas saat Banjir dan Longsor di Lombok Barat

2. Waspada peningkatan curah hujan

Waspada! Siklon Tropis Freedy Pengaruhi Cuaca Ekstrem di NTB  Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Melihat kondisi tersebut, BMKG Stasiun ZAM Lombok mengimbau masyarakat lebih waspadai terkait peningkatan curah hujan yang akan terjadi. Pada saat musim penghujan, hujan lebat disertai petir dan angin kencang masih akan terus berpeluang terjadi di NTB.

"Masyarakat diimbau lebih mewaspadai dampak yang di timbulkan seperti banjir, genangan air, longsor, pohon tumbang, puting beliung, angin kencang hingga hujan es," kata Chandra Dewi.

3. Wilayah di NTB dilanda hujat lebat

Waspada! Siklon Tropis Freedy Pengaruhi Cuaca Ekstrem di NTB  Ilustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Dijelaskan pada 13 - 15 Februari 2023, cuaca di NTB pada umumnya diprakirakan berawan hingga hujan lebat. Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Kota Bima dan Bima pada pagi hingga dini hari.

Suhu udara berkisar 23°C - 32°C dan angin pemukaan bertiup dengan variasi arah dari barat hingga utara, dengan kecepatan angin maksimum mencapai 40 km per jam.

Sedangkan pada 16 - 19 Februari 2023, cuaca di NTB pada umumnya diprakirakan cerah berawan hingga hujan lebat. Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Kota Bima dan Bima pada pagi hingga dini hari. Suhu udara berkisar 22°C- 34°C dan angin permukaan bertiup dengan variasi arah dari barat hingga utara, dengan kecepatan angin maksimum mencapai 35 km per jam.

Baca Juga: Tiga Sekolah Terbaik di NTB, Kepala Sekolah Beberkan Rahasianya! 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya