Warga Lombok Timur Digegerkan Penemuan Bayi yang Dibuang di Ladang 

Bayi masih hidup dan sehat, diperkirakan baru dilahirkan

Lombok Timur, IDN Times - Warga Dusun Barang Bantun Desa Pringgabaya Utara Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) digegerkan penemuan bayi berjenis kelamin perempuan. Warga kemudian membawa bayi malang itu ke puskesmas setempat.

Pada saat ditemukan, bayi tersebut masih dalam keadaan hidup. Bayi tersebut diletakkan di atas brugak sebuah ladang milik warga setempat bernama Solatiah .

1. Bayi ditemukan terbungkus kain

Warga Lombok Timur Digegerkan Penemuan Bayi yang Dibuang di Ladang ilustrasi bayi (Pexels.com/Ryutaro Tsukata)

Kasi Humas Polres Lombok Timur, Iptu Nikolas Osman menjelaskan bayi tersebut ditemukan pada Jumat (26/8/2022) sekitar pukul 08.00 Wita berdasarkan laporan yang diterima Polsek Pringgabaya. Begitu mendapatkan laporan, Kapolsek Pringgabaya AKP Totok Suharyanto bersama Kanit Reskrim dan anggotanya langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP).

Bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh saksi atas nama Saharudin ( 43) dan Inaq Juhandi (45) warga setempat. "Pada saat ditemukan oleh saksi, bayi perempuan tersebut di temukan dalam keadaan hidup dan terbungkus kain jarik warna merah," tutur Nikolas.

Baca Juga: 1.358 Wisatawan Mancanegara Mendaki Gunung Rinjani dalam 5 Bulan

2. Bayi diduga baru dilahirkan

Warga Lombok Timur Digegerkan Penemuan Bayi yang Dibuang di Ladang Bayi diserahkan ke Dinas Sosial Lombok Timur. (dok. Polres Lombok Timur)

Polisi menduga bayi tersebut baru dilahirkan oleh ibunya dan sengaja dibuang dan diletakkan di atas brugak di ladang pinggir jalan. Saksi Saharudin mengetahui ada bayi di brugak berawal pada waktu sedang di rumahnya.

Di mana, ada ibu-ibu yang tidak dikenal lewat depan rumahnya memberitahukan ada bayi di berugak ladang pinggir jalan. "Selanjutnya saksi bersama Inaq Johani menuju brugrak tersebut," kata Nikolas.

3. Bayi diserahkan ke Dinas Sosial

Warga Lombok Timur Digegerkan Penemuan Bayi yang Dibuang di Ladang Bayi perempuan yang ditemukan warga saat diperiksa di Puskesmas. (dok. Polres Lombok Timur)

Setelah dilakukan koordinasi dengan tim kesehatan dari Puskesmas Labuhan Lombok dipimpin oleh dr. Candra Nito Setiaji kemudian memeriksa keadaan bayi tersebut. Dokter menyarankan untuk membawa bayi tersebut ke Puskesmas Labuhan Lombok untuk dilakukan perawatan.

Menurut hasil pemeriksaan tim medis Puskesmas Labuhan Lombok kondisi bayi dalam keadaan sehat. Perkiraan waktu dilahirkan di bawah 6 jam dari pada saat ditemukan. Berat bayi 2,5 kg dengan panjang 47 cm.

Selanjutnya setelah dilakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Lombok Timur bertempat di Puskesmas Labuhan Lombok. Kemudian Kapolsek Pringgabaya bersama Kepala Puskesmas Labuhan Lombok menyerahkan bayi jenis kelamin perempuan tersebut kepada Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur untuk dilakukan perawatan dan pengawasan di Dinas Sosial Provinsi NTB.

Baca Juga: Mandalika Dapat Kucuran Rp1,7 Triliun, Dua Ruas Jalan Diperlebar 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya