Tim Saber Pungli NTB Pantau Kawasan Wisata dan Pelabuhan

Dugaan pungli parkir di kawasan Mandalika jadi atensi

Mataram, IDN Times - Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Satgas Saber Pungli Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyisir sejumlah kawasan wisata dan Pelabuhan Lembar, Kamis (27/4/2023). Satgas Saber Pungli NTB melakukan pemantauan arus mudik di pelabuhan dan mencegah potensi pungutan liar (pungli) di kawasan wisata.

Pemantauan dipimpin langsung Ketua UPP Satgas Saber Pungli NTB Kombes Pol Djoko Hariutomo, Wakil Ketua UPP Satgas Saber Pungli NTB Ibnu Salim, Pokja Inteljen AKBP Yunus dan Pokja Pencegahan AKBP Zamroni.

"UPP Satgas Saber Pungli NTB melakukan pemantauan di beberapa titik kawasan wisata mulai dari Pantai Loang Baloq, Pantai Gading, Mandalika dan Pelabuhan Lembar," kata Wakil Ketua UPP Satgas Saber Pungli NTB Ibnu Salim di Mataram, Kamis (27/4/2023).

1. Masyarakat diminta laporkan jika ada kenaikan tarif transportasi dan pungli

Tim Saber Pungli NTB Pantau Kawasan Wisata dan PelabuhanUPP Satgas Saber Pungli NTB melakukan pemantauan di Pelabuhan Lembar Lombok Barat. (IDN Times/Muhammad Nasir/bt)

Inspektur Inspektorat Provinsi NTB ini menjelaskan UPP Satgas Saber Pungli melakukan penyisiran kawasan wisata dan pelabuhan untuk mencegah terjadinya pungli pada masa arus balik dan libur lebaran 2023. Pada masa arus balik dan masyarakat yang libur lebaran diharapkan tidak terhambat dan dirugikan dengan kenaikan tarif maupun pungli di kawasan wisata

"Tim memantau ada tidaknya potensi atau terjadinya kenaikan tarif dari standar yang telah ditetapkan," katanya.

Apabila ada masyarakat yang merasa dirugikan atas kenaikan tarif transportasi atau pungutan liar di kawasan wisata supaya segera melapor ke pos pelayanan kepolisian terdekat. Nantinya, semua laporan akan ditindaklanjuti dan diarahkan sesuai porsi penyelesaiannya.

Baca Juga: Tarif Parkir Mahal, Dispar NTB Khawatir Wisatawan Kapok ke Mandalika 

2. Pungli parkir di kawasan Mandalika jadi atensi

Tim Saber Pungli NTB Pantau Kawasan Wisata dan PelabuhanInspektur Inspektorat Provinsi NTB Ibnu Salim (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ibnu menambahkan pemantauan ini dalam rangka pengamanan lebaran, arus mudik dan balik lebaran guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Mantan Penjabat Bupati Lombok Tengah ini menyatakan dugaan adanya pungli parkir liar di kawasan Mandalika juga menjadi atensi UPP Satgas Saber Pungli NTB.

"Sesuai petunjuk Ketua UPP, nanti penindakannya akan diarahkan ke Polres masing-masing sesuai kapasitas temuannya. Dugaan pungli parkir di Mandalika nanti akan menjdi atensi untuk dilakukan pencegahan," tandasnya.

3. Pungli parkir di kawasan Mandalika

Tim Saber Pungli NTB Pantau Kawasan Wisata dan PelabuhanWisatawan mancanegara saat berlibur ke kawasan Mandalika Lombok Tengah. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB Jamaluddin Maladi mengatakan persoalan parkir liar yang mahal di kawasan Mandalika diatensi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Selain itu, masalah ini juga diatensi Tim Saber Pungli Pusat. Tim Saber Pungli Pusat turun ke Mandalika setelah mendengar adanya informasi pungli parkir.

"Terkait itu, saya tadi lagi dihubungi teman-teman kementerian terkait dengan parkir liar yang mahal di kawasan Mandalika. Parkir motor Rp10 ribu, mobil Rp15 ribu dan bus Rp20 ribu. Kalau memang tidak ada payung hukumnya, itu ilegal," tegas Jamaluddin.

Baca Juga: Puncak Arus Balik Lebaran, Penumpang Bandara Lombok Tembus 7.763 Orang

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya