Terungkap! ini Alasan Presiden Pilih Gita Ariadi Jadi Pj Gubernur NTB 

Kawal event internasional di NTB

Mataram, IDN Times - Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengungkapkan alasan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo memilih Sekda NTB Lalu Gita Ariadi menjadi Penjabat (Pj) Gubernur NTB. Gita Ariadi akan menggantikan Gubernur Zulkieflimansyah yang berakhir masa jabatannya pada 19 September 2023.

"Karena kenapa (Presiden memilih Gita Ariadi), menurut saya pertimbangan Pak Presiden, banyak global event yang ada di daerah kita. Misalnya awal bulan depan (Oktober), MotoGP," kata Gubernur Zulkieflimansyah dikonfirmasi, Senin (4/9/2023).

1. Supaya ada kontinuitas program

Terungkap! ini Alasan Presiden Pilih Gita Ariadi Jadi Pj Gubernur NTB Presiden Jokowi foto bersama dengan juara MotoGP Mandalika 2022 (dok. Setpres)

Menurut Zulkieflimansyah, NTB banyak menggelar event-event internasional salah satunya MotoGP Mandalika pada 13 - 15 Oktober 2023. Dengan menjadi tuan rumah event internasional, maka NTB menjadi etalase nasional. Sebagai etalase nasional, perhelatan event-event internasional di NTB harus sukses dan berjalan dengan baik. Sehingga, Presiden Jokowi memilih Sekda NTB Lalu Gita Ariadi sebagai Pj Gubernur NTB.

"Kalau orang-orang yang betul baru menjadi penjabat, ini etalase nasional. Mungkin itu salah satu pertimbangan, supaya ada kontinuitas saja," ujarnya.

Baca Juga: 21 Komunitas Seni Media Seluruh Indonesia Tampil di FKSM 2023 Lombok

2. Berpengalaman di birokrasi

Terungkap! ini Alasan Presiden Pilih Gita Ariadi Jadi Pj Gubernur NTB Sekda NTB, Lalu Gita Ariadi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Politisi PKS ini juga menyatakan Gita Ariadi sebagai Pj Gubernur NTB akan melanjutkan program-program yang dilakukan selama lima tahun terakhir. Ia menilai Gita Ariadi merupakan pejabat yang berpengalaman di birokrasi sehingga sudah tahu apa yang dilakukan ke depan.

"Karena Pak Sekda itu pimpinan birokrasi kita. Beliau menjadi Ketua TAPD, kemudian pernah menjadi Komisaris ITDC. Beliau juga pernah menjadi pejabat di Pulau Sumbawa dan apa yang kurang. Dan saya kira selama ini yang di belakang layar juga pak Gita. Mudah-mudahan kita berdoa tidak ada hal yang menghambat dan berjalan dengan baik," tandasnya.

3. Dilantik tanggal 19 September 2023

Terungkap! ini Alasan Presiden Pilih Gita Ariadi Jadi Pj Gubernur NTB Calon Penjabat Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi, Nizar Ali dan Lalu Niqman Zahir. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi rencananya akan dilantik Mendagri pada 19 September mendatang. Gita terpilih menjadi Pj Gubernur NTB mengalahkan dua calon lainnya yang telah diusulkan DPRD NTB ke Kemendagri.

Tiga nama calon Pj Gubernur NTB yang diusulkan DPRD NTB, antara lain Sekda NTB Lalu Gita Ariadi, Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal DPD RI Lalu Niqman Zahir dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama Nizar Ali. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Gita memiliki harta kekayaan sebesar Rp5,7 miliar.

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Lombok - Banyuwangi Tanggal 4 - 5 September 2023

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya