Terbang Perdana ke Lombok, Scoot Angkut 90 Persen Wisman

NTB optimis pertumbuhan ekonomi tembus di atas 6 persen

Lombok Tengah, IDN Times - Maskapai penerbangan bertarif rendah yang berbasis di Singapura, Scoot Tigerair akhirnya membuka direct flight (penerbangan langsung) Singapura - Lombok, Minggu (16/10/2022). Scoot melayani rute Singapura - Lombok PP dua kali dalam seminggu.

Dalam penerbangan perdananya ke Bandara Internasional Lombok, Scoot mengangkut sebanyak 170 penumpang. Dimana, 90 persen merupakan wisatawan mancanegara (wisman).

"Scoot mengangkut 170 penumpang datang pada penerbangan perdananya ke Lombok. 90 persen wisatawan mancanegara yang tiba. Sedangkan yang terbang dari Lombok ke Singapura 70 orang," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi NTB Lalu Moh. Faozal.

1. Pemprov NTB akan dirikan TIC di Bandara Changi Singapura

Terbang Perdana ke Lombok, Scoot Angkut 90 Persen WismanScoot saat mendarat di Bandara Internasional Lombok, Minggu (16/10/2022). (dok. Pemprov NTB)

Direct flight Singapura - Lombok dilayani pada hari Minggu dan Rabu. Untuk jadwal keberangkatannya, Scoot nomor penerbangan TR-258 berangkat dari Singapura (SIN) pukul 07.50 waktu setempat dan tiba di Lombok (LOP) pukul 10.20 WITA.

Sedangkan Scoot nomor penerbangan TR-259 berangkat dari Lombok (LOP) pukul 11.20 WITA dan dijadwalkan tiba di Singapura (SIN) pukul 14.05 waktu setempat. Faozal menjelaskan pembukaan direct flight Singapura - Lombok PP akan berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisman ke Lombok.

Untuk itu, Pemprov NTB akan mendirikan tourism information centre (TIC) di Bandara Changi Singapura. "Kita harus punya TIC di Changi. Itu bandara paling ramai di Asia. Kalau kita punya TIC di Changi, itu sangat strategis," ujarnya.

Baca Juga: Irjen Djoko Poerwanto, Kapolda Termiskin di Indonesia Tahun 2022

2. Jembatan emas penghubung Singapura dan Lombok

Terbang Perdana ke Lombok, Scoot Angkut 90 Persen WismanSuasana di tempat kedatangan penumpang di Bandara Internasional Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB Lalu Gita Ariadi mengatakan dengan dibukanya direct flight itu, menjadi jembatan emas yang menghubungkan Singapura dan Lombok. Akses wisatawan dari berbagai negara di dunia akan semakin mudah berlibur ke destinasi pariwisata super prioritas Mandalika.

Pemerintah memberikan slot time untuk Scoot dua kali dalam seminggu. Nantinya, slot time akan ditambah menjadi 4 kali dalam seminggu. "Pada saatnya nanti akan terbang 4 kali seminggu ke Lombok," kata Gita.

Pada 28 Oktober mendatang, kata Gita, penerbangan domestik rute Jogja - Lombok juga akan kembali dibuka. Rute Jogja - Lombok akan dilayani maskapai penerbangan Super Air Jet. Diharapkan kedepan rute Lombok - Semarang juga akan segera menyusul. Rute lainnya yang terus diperjuangkan adalah Lombok - Bandung, Lombok - Makassar, Lombok - Sepinggan Balikpapan.

3. NTB optimistis ekonomi akan tembus di atas 6 persen

Terbang Perdana ke Lombok, Scoot Angkut 90 Persen WismanSekda NTB, H. Lalu Gita Ariadi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dengan semakin banyaknya direct flight ke Lombok, lanjut Gita, aksesibilitas ke NTB sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas semakin lancar. Sektor pariwisata akan menggeliat. Multiplier effect-nya akan mampu membangkitkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Disebutkan, pertumbuhan ekonomi triwulan II 2022, NTB berada pada peringkat 7 nasional dengan angka pertumbuhan 5,99 persen. Apabila sektor pariwisata terus menggeliat dan kembali normal dengan banyaknya event-event berskala nasional dan internasional, ia optimistis angka pertumbuhan ekonomi NTB di atas 6 persen.

Baca Juga: 1.000 Kru dan Pembalap WSBK akan Hadir, Disambut Karnaval Budaya NTB 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya