Sumur Warga Diduga Tercemar BBM, Operasional SPBU Disetop Sementara 

Pertamina tunggu hasil uji sampel laboratorium

Mataram, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga Area Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) turun melakukan pengecekan ke Dusun Nyiur Gading Desa Montong Are Kecamatan Kediri Lombok Barat, NTB, terkait puluhan sumur warga yang diduga tercemar bahan bakar minyak (BBM). Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus melakukan pengambilan sampel dari sumur warga untuk dicek di laboratorium.

"Terkait berita dugaan tercemarnya sumur warga disekitar SPBU 5483308 Desa Montong Are Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Pertamina telah melakukan tindak lanjut atas hal tersebut dengan melakukan pengecekan di lokasi dan pengambilan sampel air sumur warga untuk dicek di Laboratorium Lingkungan Hidup oleh tim terkait," kata Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi di Mataram, Kamis (5/10/2023).

1. Tunggu hasil uji laboratorium

Sumur Warga Diduga Tercemar BBM, Operasional SPBU Disetop Sementara Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ahad menerangkan operasional SPBU Montong Are disetop sementara sambil menunggu hasil uji laboratorium dari sampel air sumur warga. Penyetopan sementara operasional SPBU Montong Are untuk keperluan pengecekan lebih lanjut.

"Pelayanan ke konsumen sementara dialihkan ke SPBU terdekat berjarak 3 km yaitu SPBU 5483322 Jalan Kediri, Desa Merembu, Kecamatan Labuapi Lombok Barat, " ucap Ahad.

Baca Juga: Puluhan Sumur Warga di Lombok Barat Diduga Tercemar BBM

2. Warga terdampak diberikan bantuan air bersih

Sumur Warga Diduga Tercemar BBM, Operasional SPBU Disetop Sementara Pertamina menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Dusun Nyiur Gading Desa Montong Are yang sumurnya diduga tercemar BBM. (dok. Pertamina)

Sebagai bentuk kepedulian warga yang terdampak, kata Ahad, Pertamina memberikan bantuan air bersih dan tandon air cadangan kepada warga pada Kamis (5/10/2023). Pertamina memberikan bantuan yang diserahkan kepada warga sebanyak 8.000 liter air bersih yang disalurkan di 10 tandon yang tersebar di 10 titik.

"Penyaluran air bersih ini akan diberikan kepada warga terdampak sementara menunggu hasil pengecekan sampel air dari Laboratorium Dinas LH, " terangnya.

3. Air sumur warga berbau dan berubah warna seperti Pertalite

Sumur Warga Diduga Tercemar BBM, Operasional SPBU Disetop Sementara Sampel air sumur warga Dusun Nyiur Gading Desa Montong Are Lombok Barat yang berubah warna seperti Pertalite. (dok. Istimewa)

Puluhan sumur warga di Dusun Nyiur Gading, Desa Montong Are, Kecamatan Kediri, Lombok Barat diduga tercemar bahan bakar minyak. Air sumur warga berbau dan berwarna mirip BBM jenis Pertalite.

Warga menduga tercemarnya air sumur diduga akibat kebocoran pipa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Montong Are yang berada tidak jauh dari rumah warga. Akibatnya, air sumur tak bisa digunakan lagi untuk kebutuhan sehari-hari karena berbau dan berwarna seperti Pertalite.

Salah seorang warga Dusun Nyiur Gading, Mahani mengaku resah dengan apa yang terjadi di kampungnya. Ia tak berani memasak dan membakar sampah karena takut terjadi kebakaran. Mahani menuturkan puluhan sumur warga airnya berbau sejak tiga sampai empat bulan terakhir. Namun, air sumur warga berubah warna seperti Pertalite sejak beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Pj Gubernur Gita Ariadi Usir Kepala Biro AP di Pelantikan Pj Sekda NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya