Sirkuit Mandalika Ditutup Mulai Besok

Sirkuit Mandalika dilakukan track improvement

Lombok Tengah, IDN Times - Mulai besok, 1 - 30 September mendatang, Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditutup untuk umum. Penutupan Sirkuit Mandalika dilakukan karena ada pekerjaan track improvement.

"Mulai tanggal 1 sampai 30 September sirkuit ditutup. Kegiatan Mandalika Track Walk juga tutup sementara. Karena ada pengerjaan pelebaran run off," kata Pengawas Trek Sirkuit Mandalika, Deny Pribadi dikonfirmasi IDN Times, Rabu (31/8/2022).

1. Sirkuit Mandalika dibuka 1 Oktober

Sirkuit Mandalika Ditutup Mulai BesokKegiatan Mandalika Track Walk di Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selama dilakukan track improvement, masyarakat umum tidak diperbolehkan masuk Sirkuit Mandalika. Track improvement yang dilakukan bagian dari persiapan perhelatan World Superbike (WSBK) pada November mendatang.

"Tapi daerah sekitar luar sirkuit tetap bisa dikunjungi. Nanti 1 Oktober sirkuit dibuka lagi. Ini adalah persiapan untuk WSBK," terangnya.

Baca Juga: Lombok Masuk 10 Pulau Terbaik di Asia Tenggara Tahun 2022 

2. Track improvement atas permintaan FIM

Sirkuit Mandalika Ditutup Mulai BesokPekerjaan track improvement Sirkuit Mandalika. (dok. ITDC)

Sebelumnya, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menjelaskan track improvement sudah mulai dilakukan sejak 20 Agustus hingga 30 September 2022 mendatang. Track improvement adalah modifikasi Sirkuit Mandalika yang wajib dilakukan ITDC dan MGPA atas permintaan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

Kegiatan track improvement Sirkuit Mandalika terdiri dari pengaspalan di lintasan sirkuit. Kemudian penambahan pelebaran run off di 6 tikungan Sirkuit Mandalika. Selain itu, penambahan ban sebagai pelindung di beberapa area tembok pembatas Sirkuit Mandalika. Pekerjaan track improvement di Sirkuit Mandalika dilakukan dalam rangka memenuhi permintaan FIM sekaligus mematangkan pekerjaan di lapangan.

3. Area gravel di tikungan 10, 11 dan 12 dibongkar

Sirkuit Mandalika Ditutup Mulai BesokPelebaran run off Sirkuit Mandalika. (dok. ITDC)

ITDC dan MGPA telah melakukan kick off meeting dengan Dromo dan PT Pembangunan Perumahan (PP) pada 17 Agustus 2022 untuk membahas pelaksanaan track improvement. Pekerjaan track improvement dimulai pada 20 Agustus 2022 dengan pembongkaran area gravel bed di tikungan 10, 11, dan 12.

Karena untuk pekerjaan pelebaran run off, ITDC dan MGPA perlu membersihkan area gravel terlebih dahulu. Kemudian baru melanjutkan pelebaran run off. Kegiatan track improvement ini dikerjakan oleh PT PP (Persero) dengan sub kontraktor konsultan desain dan supervisi Studio Dromo Italia. Yaitu konsultan yang mendesain dan membangun sejumlah Sirkuit balap di dunia seperti Silverstone Circuit di Silverstone - Inggris, SpaFrancorchamps di Belgia, Mugello Circuit Italia serta Street Circuit di Singapura.

Di samping melakukan track improvement, ITDC dan MGPA juga tengah berupaya untuk mendapatkan homologasi roda empat dari Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) agar dapat melakukan berbagai kejuaraan internasional roda empat.

Sebelumnya, FIA sendiri telah memberikan catatan dan rekomendasi mengenai pembenahan yang perlu dilakukan di Sirkuit Mandalika. Salah satunya dengan membenahi area pit-in sembari konsultan terpilih melakukan perbaikan pada desain sirkuit.

“Kami juga berharap FIA dapat sekaligus menghomologasi sirkuit ini dan mudah-mudahan di tahun depan Pertamina Mandalika International Circuit dapat menjadi tempat untuk perhelatan berbagai balap roda empat,” harap Priandhi.

Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah sejumlah event internasional di Mandalika. Antara lain Shell Eco Marathon pada bulan Oktober 2022 dan WSBK pada bulan November 2022.

Baca Juga: NTB Kembangkan Ekowisata Kurma di Lombok dan Sumbawa 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya