Siap-siap! Empat Event Balap Dunia Digelar di Mandalika Tahun 2022 

Gubernur ajak semua daerah mulai berbenah sambut event dunia

Mataram, IDN Times - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah mengatakan ada empat event balap dunia yang akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 2022. Dengan berbagai event internasional yang dilaksanakan di daerah ini menjadi momentum kebangkitan pariwisata NTB.

"Jadi ayo mulai berbenah dan optimistis di tahun 2022 ini. InsyaAllah kebangkitan pariwisata kita menemukan banyak momentumnya," kata Gubernur dalam akun facebook pribadinya, Sabtu (22/1/2022).

1. Empat event balap dunia di Sirkuit Mandalika

Siap-siap! Empat Event Balap Dunia Digelar di Mandalika Tahun 2022 Balapan WSBK Mandalika 2021 (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gubernur Zulkieflimansyah menyebutkan empat event otomotif internasional yang digelar di Sirkuit Mandalika pada 2022. Pertama, tes pramusim MotoGP pada 11 - 13 Februari dan MotoGP pada bulan Maret mendatang.

Kedua, World Superbike (WSBK) pada bulan November. Ketiga, Asia Talent Cup (ATC) pada bulan Maret dan November. Dan keempat, GT World Challenge pada bulan Oktober. Gubernur Zulkieflimansyah menyatakan apabila penyelenggaraan GT World Challenge sukses, maka selangkah lagi akan menjadi tuan rumah balap Formula 1 di Sirkuit Mandalika.

"Insyaallah kalau GT World Challenge sukses penyelenggaraannya maka kita selangkah lagi akan menjadi host dari Formula 1," ungkapnya.

Baca Juga: NTB Siapkan 1.000 UMKM Lokal Jualan saat MotoGP Mandalika 2022 

2. Mini MotoGP kemungkinan digelar dua seri di NTB

Siap-siap! Empat Event Balap Dunia Digelar di Mandalika Tahun 2022 Penonton menyaksikan aksi pembalap WSBK di Sirkuit Mandalika yang digelar November 2021. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain empat event balap dunia tersebut, Gubernur yang biasa disapa Bang Zul ini mengungkapkan Mini MotoGP kemungkinan digelar dua seri di NTB, satu seri di Pulau Lombok dan satu seri di Pulau Sumbawa.

Mini MotoGP di Pulau Lombok akan diselenggarakan di eks Bandara Selaparang Kota Matara. Sedangkan di Pulau Sumbawa akan dilaksanakan di Bima atau Dompu.
Sedangkan gelaran Moto Cross Grand Prix (MXGP) akan diaksanakan di Samota Kabupaten Sumbawa pada 26 Juni 2022. Kemudian Enduro Challenge akan diaksanakan di Pulau Moyo. Sementara Power Track event nasional Motocross akan diselenggarakan di Savana Tambora Kabupaten Dompu.

"Ini baru event automotive, belum lagi event-event olahraga lain seperti sepeda, lari, renang dan lain-lain sudah siap untuk diselenggarakan di tempat kita di NTB ini," kata Bang Zul.

3. Ajak kabupaten/kota berbenah sambut event internasional

Siap-siap! Empat Event Balap Dunia Digelar di Mandalika Tahun 2022 Bundaran GMS Lombok Barat yang akan didandani jelang perhelatan sejumlah event internasional di NTB (IDN Times/Muhammad Nasir)

Menyambut berbagai event internasional yang dilaksanakan di NTB, Bang Zul telah berkunjung ke sejumlah kepala daerah. Seperti Kota Mataram dan Lombok Barat.

Beberapa waktu lalu, Bang Zul menemui Wali Kota Mataram, Mohan Roliskana terkait pembenahan taman-taman dan pintu masuk Kota Mataram seperti Gerbang Tembolak yang berada di jalan bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) II untuk didandani jelang perhelatan tes pramusim MotoGP dan MotoGP.

Selain itu, Bang Zul juga menemui Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid terkait pembenahan Bundaran Giri Menang Square (GMS) yang berada di jalan bypass BIL. Pemprov NTB akan mendukung Pemda Lombok Barat untuk mendandani Bundaran GMS jelang perhelatan sejumlah event internasional yang digelar di NTB.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya