Seleksi Nasional, Sekolah Terbaik NTB ini Hanya Terima 96 Siswa Baru

Harus hafal Al-Quran minimal 5 juz

Lombok Timur, IDN Times - Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) hanya menerima sebanyak 96 siswa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023. MAN IC Lombok Timur merupakan sekolah terbaik di NTB berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) 2022.

"Kalau di MAN IC Lombok Timur, siswa yang diterima hanya 96 orang, hanya empat rombongan belajar sesuai kapasitas ruang kelas dan asrama. Setiap kelas sebanyak 24 orang siswa," kata Kepala MAN IC Lombok Timur Aozar Zawad dikonfirmasi IDN Times, Rabu (21/6/2023).

1. Seleksi dilakukan secara nasional seperti PTN

Seleksi Nasional, Sekolah Terbaik NTB ini Hanya Terima 96 Siswa BaruKepala MAN Insan Cendikia Lombok Timur Aozar Zawad. (dok. MAN IC Lotim)

Aozar menjelaskan penerimaan siswa baru di MAN IC Lombok Timur dilakukan lewat seleksi secara nasional bersama puluhan sekolah unggulan MAN IC, MAN Programn Keagamaan (MANPK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).

Proses pendaftaran dilakukan pada Januari lalu, kemudian pelaksanaan tes seleksi pada bulan Februari. Setelah keluar hasil seleksi, dilanjutkan daftar ulang pada bulan Maret 2023.

"Jadi seleksinya kayak model seleksi nasional perguruan tinggi negeri. Jadi anak dari Jakarta bisa memilih sekolah yang di Lombok, dari Lombok juga bisa memilih MAN IC Serpong," terang Aozar.

Baca Juga: Penjualan Seragam Dilarang, Dikbud NTB Perbolehkan Jual Baju Olahraga 

2. 20 persen siswa MAN IC Lombok Timur dari luar NTB

Seleksi Nasional, Sekolah Terbaik NTB ini Hanya Terima 96 Siswa Baruilustrasi siswa Sekolah Dasar (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Aozar menyebutkan dalam seleksi masuk MAN unggulan di bawah Kementerian Agama (Kemenag) tersebut jumlah pendaftar mencapai 500 orang. Meskipun seleksi dilakukan secara nasional, tetapi 80 persen siswa baru MAN IC Lombok Timur berasal dari NTB. Sisanya 20 persen siswa baru berasal dari luar NTB, seperti dari Jakarta, Bali dan NTT.

"Siswa baru yang sudah diterima akan masuk mulai 15 Juli, kemudian siswa yang lama tanggal 16 Juli. Mulai tanggal 17 Juli sudah mulai kegiatan pembelajarannya," terang Aozar.

3. Optimis MAN IC tetap pertahankan peringkat terbaik di NTB

Seleksi Nasional, Sekolah Terbaik NTB ini Hanya Terima 96 Siswa BaruMAN Insan Cendikia Lombok Timur. (dok. MAN IC Lotim)

Aozar optimis MAN IC Lombok Timur akan tetap mempertahankan predikat sekolah terbaik di NTB pada 2023. Pasalnya, dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2023, banyak siswa MAN IC Lombok Timur yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit di Tanah Air, seperti Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya dan Universitas Airlangga.

Sebagai sekolah terbaik di NTB, MAN IC mewajibkan seluruh calon siswa baru membuat karya tulis. Karya tulis tersebut kemudian dipresentasikan dan diuji. Selain itu, calon siswa baru MAN IC Lombok Timur juga harus menghafal Al-Quran sebanyak 5 juz.

"Kalau nasional sesuai juknis minimal 3 juz tapi MAN IC minimal 5 juz," sebutnya.

Adapun tiga sekolah terbaik di NTB berdasarkan hasil pemeringkatan 1.000 sekolah terbaik di Indonesia versi LTMPT Kemendikbud Ristek 2022. LTMPT melakukan pemeringkatan 1.000 sekolah terbaik di Indonesia berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022. Berdasarkan hasil UTBK 2022, tiga SMA dan MA di NTB berhasil masuk 1.000 sekolah top di Indonesia.

Tiga sekolah terbaik yang berada di NTB, yaitu MAN Insan Cendikia Lombok Timur, SMAN 1 Mataram dan SMAN 1 Sumbawa Besar. MAN Insan Cendikia Lombok Timur berada di peringkat 1 di NTB dan 95 nasional dengan nilai UTBK 2022 sebesar 571,076.
Kemudian SMAN 1 Mataram peringkat 2 di NTB dan 471 nasional dengan nilai 533,910. Sedangkan SMAN 1 Sumbawa Besar peringkat 3 di NTB dan rangking 815 nasional dengan nilai 518,847.

UTBK 2022 diikuti sebanyak 23.657 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 745.115 orang di seluruh Indonesia. Jumlah sekolah yang memenuhi kriteria sebanyak 3.381 sekolah dengan peserta sebanyak 515.165 orang.

Baca Juga: Biaya PMB Jalur Mandiri Unram Dinilai Mencekik, PTN Diminta Transparan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya