Satu ABK MT Kristin Ditemukan Lagi, Mayat Korban Mengambang di Laut  

Korban masih menggunakan pakaian kerja dalam kondisi utuh

Mataram, IDN Times - Tim SAR gabungan kembali menemukan satu korban atau anak buah kapal (ABK) MT. Kristin yang terbakar di Perairan Ampenan, Kota Mataram, pada Minggu (26/3/2023) lalu. Kepala Kantor SAR Mataram Lalu Wahyu Efendi mengatakan, korban ditemukan mengambang di Perairan Jeranjang, Lombok Barat pada Rabu (29/3/2023) sekitar pukul 08.30 Wita.

"Kondisi korban meninggal dunia, jarak 6,20 NM arah barat daya dari lokasi kejadian," kata Wahyu.

1. Kondisi utuh dan masih menggunakan pakaian kerja

Satu ABK MT Kristin Ditemukan Lagi, Mayat Korban Mengambang di Laut  Kapal MT Kristin yang terbakar di Perairan Ampenan Kota Mataram, Minggu (26/3/2023) sore. (dok. Polda NTB)

Wahyu menjelaskan, korban yang ditemukan pada hari keempat pencarian ini dalam kondisi tubuh utuh dan masih menggunakan pakaian wearpack atau pakaian kerja/teknisi. Jenazah korban ke.udian dievakuasi menggunakan perahu karet dan dibawa ke Pelabuhan Penumpang Kedaro, Lembar menggunakan kapal Rescue Boat 220 Mataram.

"Tiba di Pelabuhan pukul 09.30 Wita, selanjutnya diserahkan ke pihak ambulans KKP Lembar untuk dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara," terang Wahyu.

Baca Juga: Polisi Temukan Potongan Organ Tubuh Diduga ABK Kapal MT Kristin

2. Tinggal satu korban dalam pencarian

Satu ABK MT Kristin Ditemukan Lagi, Mayat Korban Mengambang di Laut  Proses evakuasi jenazah korban oleh Tim SAR gabungan. (dok. SAR Mataram)

Sebelumnya, pada Senin (27/3/2023) pukul 03.50 Wita, korban pertama ditemukan di kapal pengangkut BBM tersebut dalam kondisi terbakar dan tubuh tidak utuh. Sehingga dari tiga korban hilang yang sudah dievakuasi berjumlah dua orang. "Tinggal satu korban lagi dalam pencarian," ucapnya.

Dalam operasi SAR kecelakaan pelayaran ini melibatkan unsur dari tim rescue Kantor SAR Mataram, Lanud Zainuddin Abdul Madjid (ZAM), TNI AL Mataram, Polairud Polda NTB, Pertamina, Babinsa Ampenan, KSOP Lembar, SROP Lembar, Pelindo Lembar, KUPP Pemenang, BPBD Provinso NTB, dan masyarakat setempat.

3. Kronologi terbakarnya Kapal MT Kristin

Satu ABK MT Kristin Ditemukan Lagi, Mayat Korban Mengambang di Laut  Kapal MT Kristin yang saat ini sandar di Dermaga PDS Pelabuhan Gili Mas Lembar Lombok Barat. (dok. PIS)

PT Pertamina International Shipping (PIS) menyampaikan kronologis terbakarnya KM Kristin. Kapal ini merupakan milik PT Hanlyn Jaya Mandiri yang disewa Pertamina guna mengangkut BBM ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Ampenan Mataram dan TBBM Sanggaran Bali.

Corporate Secretary Pertamina International Shipping Muh. Aryomekka Firdaus mengatakan, peristiwa kebakaran saat kapal melakukan proses labuh kapal. Terlihat percikan api dari mooring deck bagian depan kapal. Titik api terlihat berasal dari forecastle atau mooring deck depan dan penyebab timbulnya api masih diselidiki lebih lanjut.

Firdaus mengatakan, MT Kristin diawaki sebanyak 17 kru kapal yang berupaya memadamkan api. Namun kobaran api terlanjur membesar. Nakhoda kapan pun langsung memerintahkan proses evakuasi di mana tiga orang ABK di antaranya terlanjur terjun ke laut.

Baca Juga: Tim Labfor Polda Bali Selidiki Penyebab Kebakaran Kapal MT Kristin 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya