Comscore Tracker

Ribuan Warga Lombok Kirim Doa untuk Korban Gempa Cianjur 

Pemprov NTB akan kirim bantuan makanan siap saji

Lombok Timur, IDN Times - Ribuan masyarakat di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengirim doa untuk korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Ribuan warga Lombok mengirim doa di Pondok Pesantren Darunnadwah Al -Majidiah NWDI Aikmel, Lombok Timur, Rabu (23/11/2022) yang dihadiri Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) Tuan Guru Bajang (TGB) M. Zainul Majdi.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi NTB juga akan mengirimkan bantuan kepada korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Bantuan yang dikirimkan dalam bentuk makanan siap saji hasil UMKM NTB, seperti Sate Rembiga, Ayam Taliwang dan Ayam Rarang.

1. Gempa dahsyat pernah terjadi di NTB pada 2018

Ribuan Warga Lombok Kirim Doa untuk Korban Gempa Cianjur Ketua Umum PBNWDI TGB. M. Zainul Majdi. (dok. Istimewa)

Saat memberikan tausyiah kepada ribuan jemaah yang hadir, TGB menyinggung bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Gubernur NTB periode 2008 - 2018 ini mengatakan, peristiwa gempa bumi pernah juga terjadi di NTB pada tahun 2018 silam. Saat itu gempa berturut-turut terjadi hingga satu bulan lebih.

“Kita tahu beratnya hati yang tak tenang setiap saat, begitu gempa terjadi hati tak pernah tenang. Dua hari lalu saudara kita di Cianjur mendapat musibah. Mari kita bacakan Al Fatihah untuk saudara-saudara kita yang meninggal di Cianjur,” ajak TGB.

Ketua Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia ini mengajak jemaah yang hadir mendoakan korban yang sakit maupun luka-luka akibat gempa di Cianjur agar segera disembuhkan oleh Allah.

"Semoga disembuhkan Allah dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Baca Juga: Empat Kejuaraan Balap Dunia akan Digelar di NTB Tahun 2023

2. Gubernur NTB perintahkan segera kirim bantuan ke Cianjur

Ribuan Warga Lombok Kirim Doa untuk Korban Gempa Cianjur Sekda NTB, Lalu Gita Ariadi (dok. Pemprov NTB)

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi NTB Lalu Gita Ariadi mengatakan Gubernur NTB Zulkieflimansyah telah memerintahkan dirinya untuk segera menyiapkan delegasi untuk mengirim bantuan untuk korban gempa bumi di Cianjur. Pemprov NTB juga mengajak Pemda kabupaten/kota untuk mengirimkan bantuan untuk korban gempa di Cianjur.

"Sebagai ungkapan empati kepada saudara kita di Cianjur, kita akan hadir berbagi beban derita. Karena ketika kita juga mengalami musibah yang sama pada 2018, mereka juga hadir di NTB," kata Gita.

3. Bawakan bantuan makanan siap saji

Ribuan Warga Lombok Kirim Doa untuk Korban Gempa Cianjur Ilustrasi produk Sate Rembiga yang sudah dikemas dalam bentuk kemasan. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gita mengungkapkan saat bencana gempa bumi di NTB pada 2018, Gubernur Jawa Barat yang sekarang, Ridwan Kamil juga pernah membawa bantuan ke kabupaten/kota terdampak gempa di Lombok pada 2018. Untuk itu, Pemprov NTB juga akan segera membawa bantuan untuk korban gempa Cianjur yang saat ini berada di pengungsian.

"Ada rencana kita membawakan kebutuhan-kebutuhan mereka, yang dihasilkan UMKM. Dalam suasana pengungsian, selain beras di sana, lauknya kita bawakan seperti Sate Rembiga, Ayam Rarang, Ayam Taliwang. Sehingga hasil-hasil UMKM kita juga terserap, berbagi sambil berpromosi," ujar Gita.

Baca Juga: Bansos BLT BBM, BPNT dan PKH untuk 274.931 KPM di Lombok Sudah Cair 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya