Comscore Tracker

Empat Kejuaraan Balap Dunia akan Digelar di NTB Tahun 2023

Jajaki penyediaan motor dan mobil balap di Mandalika

Mataram, IDN Times - Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memastikan empat kejuaraan balap dunia di gelar di Lombok dan Sumbawa. Empat kejuaraan balap dunia itu antara lain World Superbike (WSBK), Motocross Grand Prix (MXGP) seri Sumbawa dan Lombok serta MotoGP.

Ketua Umum IMI Provinsi NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra di Mataram, Rabu (23/11/2022) menjelaskan WSBK akan digelar pada bulan Maret di Sirkuit Mandalika. Kemudian MXGP telah diputuskan sebanyak dua seri di NTB, yaitu seri pertama di Sirkuit Samota Sumbawa pada akhir bulan Juni dan seri Lombok di Sirkuit Eks Bandara Selaparang pada 2 Juli 2023. Sedangkan MotoGP 2023 akan dgelar di Sirkuit Mandalika pada pertengahan bulan Oktober 2023.

1. Bukan hanya gelar event balap dunia

Empat Kejuaraan Balap Dunia akan Digelar di NTB Tahun 2023Veda Ega Pratama usai penyerahan tropi juara race 2 IATC Mandalika, Minggu (13/11/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pria yang biasa disapa Dokter Jack ini mengatakan Sirkuit Mandalika bukan hanya akan menggelar event balap kelas dunia. Tetapi juga akan diperbanyak event balap skala nasional dan lokal.

"Bukan hanya WSBK dan MotoGP tetapi juga MXGP. Bahkan Desember, IMI akan buat Kejurnas Gubernur Cup Open Road Race di Sirkuit Mandalika. Kita koordinasi dengan MGPA (Mandalika Grand Prix Association)," kata Dokter Jack.

Baca Juga: Transaksi Jualan UMKM NTB saat WSBK Mandalika Capai Rp1,7 Miliar 

2. Siapkan cikal bakal sekolah balap di Mandalika

Empat Kejuaraan Balap Dunia akan Digelar di NTB Tahun 2023Ketua Umum IMI NTB dr. Lalu Herman Mahaputra. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pembalap mobil off-road ini juga mengatakan akan menjajaki kerja sama dengan MGPA untuk penyiapan motor dan mobil balap di Sirkuit Mandalika. Sehingga para pembalap nasional maupun lokal tinggal menyewa motor dan perlengkapan balap yang telah disediakan.

Hal ini dilakukan untuk dapat melahirkan pembalap-pembalap yang bisa berkompetisi di level internasional, seperti WSBK dan MotoGP. "Karena kalau beli motor dan mobil balap secara perorangan mahal sekali karena pajak. Itu kita minta untuk bisa membebaskan pajaknya. Kita lagi diskusikan antara IMI NTB dan MGPA. Itulah salah satu cara memancing pembalap untuk mengeksplor Sirkuit Mandalika," katanya.

3. NTB jangan hanya menjadi penonton

Empat Kejuaraan Balap Dunia akan Digelar di NTB Tahun 2023Ketua IMI NTB Lalu Herman Mahaputra menggelar latihan di Sirkuit Balap Off-road Mandalika, Jumat sore (13/5/2022) (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dokter Jack menambahkan, selain punya sirkuit MotoGP dan MXGP, NTB tidak ingin hanya menjadi penonton. Pembalap lokal dan nasional diharapkan dapat menembus kejuaraan balap WSBK dan MotoGP serta MXGP.

Salah seorang pembalap asal Dompu, NTB, Dimas sedang berupaya menembus kejuaraan balap Supersport WSBK 2023. Dimas telah bertemu Gubernur NTB Zulkieflimansyah pada Selasa (22/11/22). Dimas sudah melanglang buana ke Eropa sejak 2015 untuk latihan balap.

"Dimas akan berlaga di Supersport. Kemarin ketemu pak gubernur. Kita akan bertemu sama yang bersangkutan seperti apa. Nanti itu saya lapor dulu ke IMI Pusat bahwa ada atlet dari NTB yang akan turun di WSBK bulan Maret. Yang jelas, kita jangan jadi penonton saja," tandas Dokter Jack.

Baca Juga: [LIPSUS] Darurat Kekerasan Seksual, Provinsi NTB Dikepung Pedofil 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya