Rekrutmen PPPK Tenaga Teknis, 800 Pelamar Gugur Gegara Masalah Sepele 

Salah satunya karena pakai materai yang sama

Mataram, IDN Times - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mengumumkan hasil seleksi administrasi rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Teknis Tahun 2023. Dari 204 formasi yang dibuka, jumlah pelamar sebanyak 1.944 orang.

Berdasarkan hasil seleksi administrasi, sebanyak 800 orang lebih dinyatakan gugur karena masalah sepele. "Karena tidak sesuai ketentuan dan persyaratan yang ada. Dia tidak jeli melihat persyaratan. Kadang-kadang karena masalah sepele," kata Kepala BKD Provinsi NTB Muhammad Nasir dikonfirmasi di Mataram, Selasa (17/1/2023).

1. Gunakan materai yang sama untuk tiga surat pernyataan berbeda

Rekrutmen PPPK Tenaga Teknis, 800 Pelamar Gugur Gegara Masalah Sepele Materai Palsu (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Nasir mengungkapkan masalah sepele yang membuat pelamar digugurkan atau tidak lulus seleksi administrasi. Misalnya, pelamar menggunakan materai yang sama untuk tiga surat pernyataan dalam surat lamaran.

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) cukup jeli melihat dokumen persyaratan yang diupload oleh para pelamar. Panselnas dapat mendeteksi penggunaan materai yang sama pada tiga surat pernyataan dalam surat lamaran PPPK Tenaga Teknis. Karena setiap materai punya nomor seri berbeda.

"Ada tiga surat pernyataan dalam surat lamaran, dia pakai materai yang sama. Sistem yang bekerja, terdeteksi pelamar yang menggunakan materai yang sama," terang Nasir.

Selain itu, persoalan yang membuat pelamar tidak lulus seleksi administrasi lantaran ijazahnya tidak linier dengan formasi yang dilamar meskipun sudah punya pengalaman kerja. Ia memberikan contoh, ada yang sudah lama menjadi cleaning service (CS), tetapi jabatan yang dilamar sebagai perencana. Karena tidak linier, maka langsung tertolak oleh sistem.

Baca Juga: Porprov NTB 2023, 6 Atlet Lombok Tengah Bela Bima dan Lombok Barat 

2. Diberikan masa sanggah sampai 18 Januari 2023

Rekrutmen PPPK Tenaga Teknis, 800 Pelamar Gugur Gegara Masalah Sepele Kepala BKD Provinsi NTB, Muhammad Nasir (IDN Times/Muhammad Nasir)

Nasir menyatakan bagi pelamar yang tidak lulus seleksi administrasi diberikan waktu untuk menyampaikan sanggahan selama tiga hari, mulai 16 - 18 Januari 2023. Pelamar yang tidak puas dapat mengajukan sanggahan ke panitia seleksi rekrutmen PPPK Tenaga Teknis Pemprov NTB.

"Setelah itu kita umumkan hasil seleksi administrasi pasca sanggah. Setelah itu keluar jadwal seleksi CAT dari Panselnas," terangnya.

Nasir menambahkan dari 204 formasi PPPK Tenaga Teknis, tidak seluruhnya terisi. Karena ada formasi yang tidak ada pelamarnya, seperti tenaga pengamanan hutan (pamhut) untuk lulusan SMK Kehutanan. "Syaratnya, pelamar lulusan SMK Kehutanan. Ada sekolahnya tapi yang bekerja minimal 2 tahun tidak ada," terangnya.

3. 24 pelamar PPPK Nakes ajukan sanggahan hasil seleksi

Rekrutmen PPPK Tenaga Teknis, 800 Pelamar Gugur Gegara Masalah Sepele Ilustrasi perawat. IDN Times/Wira Sanjiwani

Sementara untuk rekrutmen PPPK Tenaga Kesehatan (Nakes), BKD NTB telah mengumumkan pelamar yang lulus menjadi PPPK. Dari 446 formasi yang dibuka, sebanyak 367 pelamar yang dinyatakan lulus menjadi PPPK Nakes Pemprov NTB.

Setelah pengumuman itu, ada 24 peserta yang mengajukan sanggahan. Nasir menyebutkan ada 5 peserta yang diterima snggahannya. Tetapi keputusan final tetap berada di Panselnas, apakah semuanya lulus menjadi PPPK atau tidak.

Jumlah pelamar dalam rekrutmen PPPK Nakes Pemprov NTB tahun 2022 sebanyak 2.103 orang. Dari jumlah tersebut, 2.079 pelamar yang hadir mengikuti seleksi kompetensi menggunakan sistem CAT, sedangkan 24 pelamar tidak hadir. Dari formasi 446 formasi PPPK Nakes yang dibuka, terisi 367 formasi. Kemudian ada 79 formasi yang tidak terisi, sebagian besar formasi dokter spesialis.

Baca Juga: Tim Pemenangan Anak TGB Siapkan 3.000 Dukungan Perbaikan Balon DPD RI 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya