Rekor MURI 2.023 Penenun, NTB akan Gelar Fashion Show Internasional

NTB akan hadirkan 120 desainer lokal hingga internasional

Lombok Barat, IDN Times - Pemprov NTB akan menggelar Lombok International Modest Fashion Festival (Limoff) pada 6 - 9 Juli 2023. Event fashion show internasional itu ditargetkan dapat banyak menarik kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

Serangkaian Limoff tahun 2023, NTB juga merencanakan memecah rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan menampilkan sebanyak 2.023 penenun dari 10 kabupaten/kota di NTB. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Desa Sukarara, Lombok Tengah.

1. Hadirkan 120 desainer lokal, nasional hingga internasional

Rekor MURI 2.023 Penenun, NTB akan Gelar Fashion Show InternasionalPeluncuran Limoff 2023 oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Founder Limoff, Niken Widyawati Zulkieflimansyah menjelaskan event fashion show internasional ini digelar pada 6 - 9 Juli 2023. Event ini diharapkan menjadi brand fashion show internasional dari NTB.

Ia menyebutkan sejumlah kegiatan Limoff tahun 2023, antara lain fashion show dan fashion exibition, seminar, workshop, talkshow, festival handycraft exibition dan Lombok Tour and Travel terkait fashion.

Disebutkan, sekitar 120 desainer lokal, nasional hingga internasional akan hadir dalam event Limoff 2023. Perwakilan desainer internasional dari masing-masing benua akan dihadirkan untuk memberikan wawasan tentang fashion.

Selain itu, ada 150 booth juga disiapkan untuk produk-produk fashion lokal, kuliner dan kosmetik. Khusus untuk kuliner khas NTB, disiapkan sebanyak 45 booth. "Kita juga bekerja sama dengan Ikatan Chef Indonesia Provinsi NTB untuk membantu menampilkan kuliner daerah yang berstandar internasional," kata Niken saat peluncuran Limoff 2023 di Kawasan Wisata Senggigi, Sabtu (11/2/2023).

Baca Juga: Target 100.000 Penonton, Tiket WSBK Baru Terjual 15.000 Lembar 

2. Destinasi wisata baru terkait fashion

Rekor MURI 2.023 Penenun, NTB akan Gelar Fashion Show Internasionalpotret desa sukarara (instagram.com/lutfiagizal)

Kegiatan Limoff 2023 juga diharapkan dapat membuka atraksi dan destinasi wisata baru terkait fashion. Untuk itulah, pada Limoff 2023 disiapkan booth untuk tour and travel supaya memberikan pilihan kepada pengunjung mengunjungi destinasi wisata tenun di Lombok.

"Harapannya membuka destinasi dan atraksi wisata baru kaitan dengan fashion. Banyak sekali di Lombok ini yang memiliki potensi wisata dikunjungi terkait tenun," kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB ini.

Niken memberikan contoh, seperti Dusun Bun Mudrak, Desa Sukarara, Lombok Tengah. Di dusun tersebut ada mata air yang dikelilingi pohon beringin. Masyarakat setempat menjadikan tempat itu sebagai lokasi ritual memandikan bayi, sebelum mereka nantinya menjadi penenun.

3. Pecahkan rekor MURI sebanyak 2.023 penenun

Rekor MURI 2.023 Penenun, NTB akan Gelar Fashion Show InternasionalGadis menenun di desa sade (instagram.com/fikhanf)

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB Nuryanti menambahkan serangkaian kegiatan Limoff 2023, direncanakan akan memechkan rekor MURI. Nantinya akan ditampilkan sebanyak 2.023 penenun dari 10 kabupaten/kota di Desa Sukarara Lombok Tengah.

"Ada rekor MURI 2023 penenun terbanyak se NTB. Tempatnya di Sukarara, peserta dari 10 kabupaten/kota. Alat tenun disiapkan tinggal dipakai. Produk tenunnya menjadi bahan baku produksi fashion kita," kata Nuryanti.

Profesi sebagai penenun nantinya akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat NTB dengan dikembangkannya industri fashion. Sehingga diharapkan ke depan dapat menekan jumlah masyarakat NTB menjadi buruh migran ke luar negeri. Karena kampung tenun juga akan menjadi destinasi wisata yang akan dipromosikan bersama asosiasi pelaku wisata yang ada di NTB.

"NTB bukan hanya punya keindahan alam tetapi juga fashion dan kuliner bahkan kosmetik. Kosmetik brand kita semua bahan-bahannya dari petani kita," tandasnya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Resmikan 846 BLK Komunitas di Lombok 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya