Sirkuit MXGP Selaparang Lombok Ditargetkan Rampung Pertengahan Juni 

Pembangunan tidak akan membongkar runway Bandara Selaparang

Mataram, IDN Times - Master Track Infront Moto Racing akanntiba di Lombok mulai pekan depan untuk mengawal pembangunan Sirkuit Motocross Grand Prix (MXGP) Selaparang yang berada di Eks Badara Selaparang, Kota Mataram. Koordinator Umum MXGP Indonesia, Ridwan Syah menjelaskan pembangunan Sirkuit MXGP Selaparang akan dimulai pada 8 Mei dan ditargetkan rampung pada pertengahan Juni 2023.

Kejuaraan dunia balap motocross atau MXGP di Indonesia kebagian dua seri. Dua-duanya digelar di Nusa Tenggara Barat (NTB). Yaitu, seri pertama di Sirkuit Samota Sumbawa pada 23 - 25 Juni 2023 dan seri kedua di Sirkuit Selaparang Lombok pada 1 - 2 Juli 2023.

"Master Track Infront minggu depan akan hadir di sini. Desain sirkuitnya sudah ada, memang beda sirkuit Samota dan Selaparang. Jadi setelah mereka (pembalap MXGP) berlaga di Sirkuit yang ekstrem di Samota Sumbawa, seminggu kemudian berlaga di Sirkuit Selaparang sambil menikmati liburannya di Lombok," kata Ridwan dikonfirmasi di Mataram, Senin (1/5/2023).

1. Pembangunan sirkuit tidak membongkar runway Bandara Selaparang

Sirkuit MXGP Selaparang Lombok Ditargetkan Rampung Pertengahan Juni Bagian sisi kanan runway Bandara Selaparang yang banyak ditumbuhi rumput. Tampak warga sekitar sedang mencabut rumput untuk pakan ternak. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ridwan menjelaskan pembangunan Sirkuit MXGP Selaparang Lombok, dilakukan di sisi kiri dan kanan runway Bandara Selaparang yang berada di bagian tengah. Ia memastikan saat pengerjaan tidak akan membongkar runway Bandara.

"Jadi nanti, runway tetap tidak dibongkar. Sirkuitnya itu menyeberangi runway. Mungkin nanti memakai gorong-gorong atau apa. Jadi mereka lompati. Tapi tidak kita bongkar, timbun saja kasih terpal di bawahnya supaya gak kotor," terang Kepala Dinas PUPR NTB ini.

Baca Juga: Sirkuit MXGP Lombok Dibangun Mulai 8 Mei di Eks Bandara Selaparang

2. Pembangunan sirkuit ditargetkan sebulan

Sirkuit MXGP Selaparang Lombok Ditargetkan Rampung Pertengahan Juni Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mantan Komandan Lapangan MXGP Samota 2022 ini menargetkan pembangunan Sirkuit MXGP Selaparang Lombok selama sebulan. Sehingga paling lambat pada pertengahan Juni 2023, pembangunan sirkuit sudah rampung.

Dikatakan, penyelenggara sudah punya pengalaman saat pembangunan Sirkuit MXGP Samota Sumbawa tahun 2022. Menurutnya, pembangunan Sirkuit MXGP Selaparang relatif lebih mudah karena tempatnya mudah dijangkau dan berada di tengah-tengah Kota Mataram.

Sehingga, dropping alat berat juga relatif lebih mudah dibandingkan saat pembangunan Sirkuit MXGP Samota 2022. Saat ini, PT. Samota Enduro Gemilang (SEG) sebagai penyelenggara lokal sedang mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk pengerjaan Sirkuit MXGP Selaparang.

3. 68 hektare lahan eks Bandara Selaparang dikelola Pemprov NTB

Sirkuit MXGP Selaparang Lombok Ditargetkan Rampung Pertengahan Juni Eks Bandara Selaparang Kota Mataram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Untuk pembangunan sirkuit, akan dimanfaatkan tanah yang berada di Eks Bandara Selaparang. Namun sebagian akan didatangkan dari luar untuk pembangunan sirkuit. Pemprov NTB dan PT. Angkasa Pura I telah sepakat untuk pengelolaan lahan seluas 68 hektare tersebut.

"Sehingga tidak ada persoalan lagi untuk pemanfaatan bandara termasuk memaksimalkan tanah yang ada di sini dengan sistem gali dan timbun," terangnya.

Penyelenggara MXGP Infront Moto Racing telah memutuskan penyelenggaraan kejuaraan dunia MXGP selama 5 tahun di NTB. Sehingga untuk penyelenggaraan MXGP Selaparang, Pemprov NTB ada memorandum of understanding (MoU) dengan PT. Angkasa Pura I untuk pengelolaan lahan seluas 68 hektare.

"Pemprov NTB akan meminjamkan kepada pelaksana lokasi ini dipakai. Selain untuk sirkuit juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang lain seperti UMKM, kegiatan olahraga dan lainnya," tandas mantan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB ini.

Baca Juga: Bukan Demo, Serikat Pekerja Mataram Rayakan May Day dengan Makan Bakso

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya