PUPR Alokasikan Rp350 Miliar Perbaiki Jalan Daerah Rusak Parah di NTB 

Ruas jalan Lembar - Gili Mas rampung akhir Desember 2023

Mataram, IDN Times - Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp350 miliar untuk memperbaiki jalan daerah yang rusak parah di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tahun 2023. Perbaikan jalan daerah lewat program Inpres Jalan Daerah itu ditargetkan rampung akhir Desember 2023.

Kecuali ada satu paket proyek lanjutan pembangunan akses jalan Samota di Kabupaten Sumbawa yang dikerjakan multiyears pada 2023 dan 2024.

"Pada 31 Desember ini selesai semuanya. Kurang lebih Rp350 miliar anggarannya," kata Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTB Indra Cahya Kusuma dikonfirmasi di Mataram, Rabu (13/12/2023).

1. Ada sembilan paket proyek perbaikan jalan daerah di NTB tahun 2023

PUPR Alokasikan Rp350 Miliar Perbaiki Jalan Daerah Rusak Parah di NTB Kepala BPJN NTB Indra Cahya Kusuma. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Indra menyebutkan ada sembilan paket proyek perbaikan jalan daerah yang dikerjakan pada 2023. Sembilan paket proyek itu antara lain:

  1. Rekonstruksi Jalan Lembar, Sekotong, Pelangan Lombok Barat paket Lembar - Gili Mas Segmen I sepanjang 3,9 kilometer.
  2. Rekonstruksi jalan Lembar, Sekotong, Pelangan Lombok Barat paket Lembar - Gili Mas Segmen II sepanjang 3,58 kilometer.
  3. Rehabilitasi Jalan Wilamaci - Karumbu I Kabupaten Bima sepanjang 7,3 kilometer.
  4. Rehabilitasi Jalan Wilamaci - Karumbu II Kabupaten Bima sepanjang 6,925 kilometer.
  5. Rehabilitasi Jalan Karumbu - Sape Kabupaten Bima sepanjang 11,25 kilometer.
  6. Pembangunan Jalan Sabedo Dalem - Bukit Planing sepanjang 4 kilometer.
  7. Pembangunan Akses Jalan Samota Lanjutan sepanjang 0,68 kilometer.
  8. Peningkatan Jalan Lenangguar - Teladan Kabupaten Sumbawa sepanjang 9 kilometer.
  9. Peningkatan Jalan Pola Mata - Jelanga sepanjang 1,2 kilometer.

Baca Juga: Harta Karun Lombok Dikembalikan Belanda, Ada Bros Berlian Rp5 Miliar

2. Progres perbaikan akses jalan menuju Pelabuhan Gili Mas 95 persen

PUPR Alokasikan Rp350 Miliar Perbaiki Jalan Daerah Rusak Parah di NTB Perbaikan ruas jalan Lembar - Gili Mas Lombok yang rusak parah. (dok. Istimewa)

Salah satu akses jalan yang diperbaiki adalah ruas Lembar - Gili Mas. Indra menyebutkan progres pengerjaan proyek tersebut sudah di angka 95 persen. Sedangkan paket lainnya progresnya antara 85 - 90 persen.

"Kalau akses lanjutan Samota baru 11 persen, itu proyek multiyears. Sementara lainnya optimis selesai akhir Desember ini. Karena material sudah tersedia. Peralatan penyedia jasa sudah ada," ucapnya.

3. Terkendala review desain sehingga terjadi keterlambatan

PUPR Alokasikan Rp350 Miliar Perbaiki Jalan Daerah Rusak Parah di NTB Jembatan Samota, salah satu akses menuju kawasan Pulau Moyo. (Dok. Diskominfotik NTB)

Indra mengungkapkan eksekusi proyek perbaikan jalan daerah tahun 2023 sempat terjadi keterlambatan. Karena adanya review desain. Desain yang diajukan pemerintah daerah belum memenuhi standar Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Pihaknya melakukan review desain yang butuh waktu cukup lama. Setelah proyek perbaikan jalan daerah ini tuntas dikerjakan akhir Desember, selanjutnya akan diserahkan ke pemerintah daerah.

"Intinya yang sudah kita kerjakan akan kita serahkan ke Pemda. Karena ini ruas jalan daerah, entah provinsi dan kabupaten/kota," terangnya.

Baca Juga: Kucuran Dana Desa 2024 Naik, Desa di NTB Peroleh Rp1,118 Triliun

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya