Harta Karun Lombok Dikembalikan Belanda, Ada Bros Berlian Rp5 Miliar

Harta karun Lombok akan dipamerkan di NTB

Mataram, IDN Times - Ratusan benda peninggalan sejarah atau harta karun Lombok yang sempat dijarah tentara kolonial Belanda telah dikembalikan ke Pemerintah Indonesia. Harta karun yang dijarah dari Puri Mayura Cakranegara setelah terjadinya Perang Lombok tahun 1894 itu banyak berupa perhiasan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB Aidy Furqan menjelaskan harta karun Lombok yang dikembalikan Belanda ke Indonesia lebih banyak berupa perhiasan. Seperti gelang kaki, tangan, cincin, bros, kalung yang terbuat dari emas dan berlian. Salah satunya perhiasan berupa bros berlian senilai Rp5 miliar.

"Saya melihat saat pameran di Galeri Nasional Indonesia kemarin ada perhiasan berupa bros, berliannya sebesar jari nilainya Rp5 miliar. Belum lagi bicara emasnya, sebesar telapak tangan," kata Aidy dikonfirmasi di Mataram, Rabu (13/12/2023).

1. Benda bersejarah bernilai tinggi

Harta Karun Lombok Dikembalikan Belanda, Ada Bros Berlian Rp5 MiliarHarta karun Lombok yang dikembalikan Belanda ke Pemerintah Indonesia. (dok. Pemprov NTB)

Aidy mengatakan benda-benda bersejarah asal Lombok yang dikembalikan Belanda terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari senjata atau keris, perangkat makanan dan minuman, dan lebih banyak perhiasan.

Sehingga, nilainya sangat tinggi. Pada saat pameran di Galeri Nasional Indonesia pada 28 November sampai 10 Desember lalu, harta karun Lombok yang dipamerkan sebanyak 130 jenis. Ada lagi yang belum dipamerkan karena masih dilakukan validasi.

"Benda-benda bersejarah yang dipamerkan kemarin 60 persen milik Lombok. Dari 320 benda bersejarah yang dikembalikan itu, sekitar 130 barang dari Lombok," sebutnya.

Baca Juga: Harta Karun Lombok yang Dijarah Belanda Akhirnya Dipamerkan di Jakarta

2. Pj Gubernur NTB surati Mendikbud

Harta Karun Lombok Dikembalikan Belanda, Ada Bros Berlian Rp5 MiliarHarta karun Lombok yang dikembalikan Belanda ke Pemerintah Indonesia. (dok. Pemprov NTB)

Aidy menambahkan Penjabat (Pj) Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi telah bersurat ke Mendikbud untuk meminta agar harta karun Lombok dapat dipamerkan di NTB. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kemendikbud.

"Tetapi estimasi kita mungkin tidak bisa dipamerkan Desember ini. Mungkin Januari nanti. Tapi film dokumenter tentang proses penarikan dari Belanda sampai melihat benda-benda detailnya kita sudah minta. Kalau kita diberikan film dokumenternya, nanti kita putar di HUT NTB di Taman Budaya Mataram," terangnya.

3. Bakal gelar rapat dengan aparat keamanan

Harta Karun Lombok Dikembalikan Belanda, Ada Bros Berlian Rp5 MiliarKepala Dinas Dikbud NTB Aidy Furqan. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Aidy mengungkapkan sudah ada sinyal dari Kemdikbud, harta karun Lombok dapat dipamerkan di NTB. Namun, kemungkinan pamerannya hanya bisa seminggu. Karena benda bersejarah itu bernilai tinggi, Pemprov NTB akan menggelar rapat koordinasi dengan kepolisian dan TNI.

"Dari sisi keamanannya kita akan menggelar rapat koordinasi dengan Korem dan Polda NTB. Karena selain bersejarah, nominalnya juga sangat tinggi. Jadi sangat menarik dan itu cukup membanggakan," tandasnya.

Baca Juga: Masuk Penyidikan, Kejati NTB Usut Dugaan Korupsi Aset Gili Trawangan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya