Puluhan Rumah Warga di Bima Ludes Terbakar "si Jago Merah"

Penyebab kebakaran diselidiki

Bima, IDN Times - Puluhan rumah warga RT 07 dan RT 11 Desa Renda Kecamatan Belo Kabupaten Bima di Nusa Tenggara Barat (NTB) ludes terbakar pada Sabtu (30/4/2022) pukul 15.40 Wita. 

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima melaporkan, sebanyak 53 rumah warga yang dilahap "si jago merah". Penyebab kebakaran masih belum diketahui, tetapi ada informasi sumber titik api di salah satu bernama Jamaluddin di RT 11 Desa Renda. 

Saat kejadian kebakaran, rumah dalam kondisi kosong dan dikunci. 

1. Bupati Bima tinjau lokasi kebakaran

Puluhan Rumah Warga di Bima Ludes Terbakar si Jago MerahBupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri meninjau lokasi kebakaran (Dok. Kominfo Bima)

Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri pun langsung meninjau lokasi kebakaran di RT 07 dan RT 11 Desa Renda pada Sabtu (30/4/2022) sore. Ia menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas musibah yang menimpa masyarakat Desa Renda.

Bupati meninjau lokasi kebakaran bersama Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko, Komandan Batalyon Pelopor C Brimob Polda NTB AKBP Zulkarnain, Wakapolres dan Kabag Ops serta pejabat dari Kodim 1608 Bima Kapten Gusti.

"Pemerintah daerah menyampaikan duka cita mendalam atas musibah yang menimpa keluarga di RT. 07 dan RT.11 Desa Renda dan semoga keluarga diberikan kesabaran menerima cobaan ini," ucap Indah.

Baca Juga: Limbah di Teluk Bima Diduga Fenomena Sea Snot Akibat Pemanasan Global

2. Instruksikan Dinas Sosial operasikan dapur umum

Puluhan Rumah Warga di Bima Ludes Terbakar si Jago MerahBupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri menemui warga terdampak kebakaran (Dok. Kominfo Bima)

Pada kesempatan tersebut, Indah meminta Dinas Sosial Bima agar langsung menyiapkan nasi bungkus untuk para korban bencana kebakaran. Secepatnya, mereka diminta mengoperasikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makanan warga.

Di sisi lain, pihak BPBD Bima melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Nurul Huda diminta melakukan pendataan para korban, bersama aparat terkait dari Dinas Sosial, Camat Belo, dan Kepala Desa.

3. Sebanyak 53 rumah warga terbakar

Puluhan Rumah Warga di Bima Ludes Terbakar si Jago MerahRumah warga yang ludes terbakar (Dok. Kominfo Bima)

Berdasarkan data sementara, terdapat 53 rumah mengalami kerusakan akibat kebakaran tersebut. Aparat daerah saat ini masih fokus dalam proses pendataan berbarengan tugas polisi menyelidiki penyebab kebakaran.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyampaikan duka cita terhadap peristiwa kebakaran yang terjadi di Desa Renda Kabupaten Bima. Ia mengatakan Pemprov NTB akan berkoordinasi dengan Kabupaten Bima dalam pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak.

"Semoga (masyarakat) diberi kesabaran dan ketabahan. Insyaallah kami segera berkoordinasi dengan pemda Kabupaten Bima untuk segera memberikan bantuan kepada sauadara-saudara kita yang terkena musibah ini," katanya. 

Baca Juga: Limbah di Teluk Bima, Pertamina: Terminal BBM Bima Tidak Ada Masalah

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya