Pertamina Tambah Stok BBM dan LPG untuk NTB Jelang Lebaran

Jamin pasokan BBM dan LPG selama momen Idulfitri

Mataram, IDN Times - PT. Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menambah stok bahan bakar minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) untuk NTB menjelang lebaran atau Hari Raya Idulfitri 1444 H. Pertamina terus berkeliling untuk mengecek dan memastikan kesiapan seluruh sarana dan fasilitas maupun lembaga penyalur yang ada di wilayah operasi Jatimbalinus dalam keadaan optimal menjelang momen Idulfitri 1444 H.

"Selama periode Ramadan dan Idulfitri, Lombok merupakan salah satu konsentrasi perayaan mudik dan destinasi wisata yang harus diprioritaskan," kata Executive General Manager Patra Niaga Jatimbalinus Dwi Puja Ariestya, Minggu (9/4/2023).

1. Cek kesiapan sarana dan fasilitas Pertamina

Pertamina Tambah Stok BBM dan LPG untuk NTB Jelang LebaranPengecekan TBBM Ampenan. (dok. Pertamina)

Untuk memastikan suplai BBM dan LPG aman selama Ramadan dan Idulfitri untuk masyarakat NTB, Komisaris Utama PT. Pertamina Patra Niaga Ego Syahrial mengecek sarana fasilitas Pertamina yang ada di Pulau Lombok pada Rabu - Kamis, 5 - 6 April 2023. Sarana dan fasilitas Pertamina. yang dicek meliputi Depot Pengisian Pesawat Udara Bandara Internasional Lombok, Depot LPG Sekotong dan Terminal BBM Ampenan.

Pada kesempatan tersebut hadir juga Komisaris PT. Pertamina Patra Niaga Anwar, Direktur Rekayasa dan Infrastruktur Darat Patra Niaga Eduward Adolf Kawi, Executive GM Patra Niaga Jatimbalinus Dwi Puja Ariestya, Vice President LPG Sales Putut Andrianto dan Vice President HSSE Johan Kurniawan.

Pengecekan yang dilakukan untuk memastikan seluruh sarana fasilitas untuk penyaluran BBM dan LPG dalam kondisi baik dan layak digunakan, serta memastikan aspek safety dijalankan dengan maksimal oleh seluruh insan Pertamina dan pihak ketiga yang menyalurkan BBM dan LPG.

Baca Juga: Swasta Kucurkan Rp1,4 Triliun Bangun Resort Mewah di Gili Kalong 

2. Terjadi kenaikan konsumsi BBM dan LPG di NTB

Pertamina Tambah Stok BBM dan LPG untuk NTB Jelang LebaranIDNTimes/Holy Kartika

Diungkapkan, terjadi kenaikan konsumsi BBM dan LPG di NTB. Untuk BBM bensin atau gasoline terjadi kenaikan sebesar 10 persen dari normal harian selama bulan Maret sebesar 1.658 kiloliter per hari. Sedangkan untuk BBM diesel atau gasoil terdapat penurunan konsumsi sebesar 21 persen dari normal harian 593 kiloliter per hari.

Untuk konsumsi LPG terdapat kenaikan konsumsi sebesar 6 persen dari normal harian sebesar 428 metrik ton per hari. Sedangkan untuk Avtur atau bahan bakar pesawat terdapat kenaikan konsumsi sebesar 5 persen dari konsumsi normal harian 52,5 kiloliter.

"Atas dasar tersebut, untuk wilayah NTB, Pertamina menambah stok BBM dan LPG sebesar 10-15 persen dan menambah jam layanan SPBU pada jam-jam tertentu," kata Ari.

Untuk menambah kenyamanan masyarakat pada momen Idulfitri, Pertamina akan menambah pasokan LPG 3 kg pada periode 10 hari sebelum idulfitri sebesar 1.999 metrik ton. Ia mengatakan telah berkoordinasi dengan Pemda, Polri, TNI, Perbankan, Perusahaan Telekomunikasi dan seluruh stakeholder terkait lainnya guna mengantisipasi dan menjamin kelancaran momen idulfitri nanti.

"Sehingga masyarakat NTB kami harapkan tetap mengonsumsi BBM dan LPG sewajarnya," pungkas Ari.

3. Jangan ada kelangkaan BBM dan LPG saat momen Idulfitri

Pertamina Tambah Stok BBM dan LPG untuk NTB Jelang LebaranSPBU Pertamina. (IDN Times/Dhana Kencana)

Komisaris Utama PT. Pertamina Patra Niaga Ego Syahrial meminta supaya selama momen Idulfitri, jangan sampai ada kelangkaan BBM dan LPG. Ia juga mengingatkan agar standar dan budaya safety diperhatikan dan diterapkan oleh seluruh pekerja maupun mitra kerja.

Ego juga menginginkan agar distribusi LPG ke depannya bisa lebih tepat sasaran. Subsidi hanya untuk masyarakat yang kurang mampu. Sehingga, ia datang ke Lombok untuk melihat implementasi penerapan subsidi tepat LPG sebagaimana yang telah dilaksanakan untuk BBM.

"Untuk saat ini belum ada pembatasan, namun seiring dengan sosialisasi yang dilakukan kami harapkan masyarakat akan terbiasa sehingga pengaturan subsidi akan lebih baik," kata Ego.

Baca Juga: Puluhan Jemaah Umrah asal Lombok Telantar di Bandara Soekarno Hatta

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya