Akses Jalan Pintu Masuk NTB di Pelabuhan Gili Mas Lombok Rusak Parah 

Gili Mas menjadi pelabuhan tempat kapal pesiar sandar

Lombok Barat, IDN Times - Akses jalan menuju Pelabuhan Gili Mas ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) bergelombang dan rusak parah. Padahal, jalan tersebut merupakan akses yang cukup vital untuk kendaraan logistik maupun jalan wisata menuju Sekotong, Lombok Barat. 

Apalagi, Pelabuhan Gili Mas semakin ramai dengan adanya kapal tol laut yang melayani transportasi laut dari Lombok menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur. Pelabuhan Gili Mas juga menjadi lokasi sandar kapal pesiar yang membawa ribuan wisatawan mancanegara.

1. Warga berharap segera diperbaiki

Akses Jalan Pintu Masuk NTB di Pelabuhan Gili Mas Lombok Rusak Parah Kendaraan melewati jalan rusakenuju Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Salah seorang warga Lombok Barat, Amar berharap pemerintah segera memperbaiki akses jalan yang bergelombang dan rusak parah tersebut. Karena jalan itu sudah bertahun-tahun tidak diperbaiki.

Amar berterima kasih pemerintah telah membangun pelabuhan yang cukup representatif. Tetapi, akses jalan menuju Pelabuhan Gili Mas cukup memprihatinkan dan rawan terjadi kecelakaan. Karena bergelombang dan pada sejumlah titik kondisi jalan berlubang rusak parah.

"Sebagai warga kita berterima kasih terhadap pembangunan Pelabuhan Gili Mas. Jalan sempat diperbaiki, bagus tapi rusak sekarang, belum ada perbaikan. Itu akses jalan wisata dan logistik," kata Amar kepada IDN Times, Senin (8/5/2023).

Pantauan IDN Times di lapangan, kondisi jalan cukup memperihatinkan. Apalagi jalan tersebut dilewati masyarakat dan truk-truk logistik maupun bus pariwisata ketika ada kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Gili Mas.

Baca Juga: Tolak RUU Kesehatan, 6 Organisasi di NTB Was-was Lakukan Tugas Profesi

2. Pemprov NTB usulkan penanganan lewat Inpres Jalan Daerah

Akses Jalan Pintu Masuk NTB di Pelabuhan Gili Mas Lombok Rusak Parah Pengendara menghindari jalan rusak menuju Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB Nurhandini Eka Dewi menjelaskan Pemprov NTB telah mengusulkan penanganan akses jalan Pelabuhan Gili Mas - Pelabuhan Lembar lewat Inpres Jalan Daerah ke Kementerian PUPR. Ia menyebut Pemprov NTB mengusulkan anggaran sekitar Rp200 miliar untuk penanganan 5 ruas jalan termasuk akses menuju Pelabuhan Gili Mas.

"Ada beberapa titik yang akan ditangani antara lain Gili Mas, Lunyuk, Langgudu dan akses jalan di kawasan Tambora. Nilainya yang diusulkan sekitar Rp200 miliar. Sekarang kita menunggu SK Menteri PUPR," sebut Eka.

3. Lelang dilakukan setelah keluar SK Menteri PUPR

Akses Jalan Pintu Masuk NTB di Pelabuhan Gili Mas Lombok Rusak Parah Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Eka menjelaskan pihaknya masih menunggu SK Menteri PUPR untuk dilakukan lelang pengerjaan proyek jalan menuju Pelabuhan Gili Mas dan 4 ruas lainnya yang sudah diusulkan. Diharapkan pada akhir Mei ini sudah keluar SK Menteri PUPR.

"Kalau belum keluar SK, gak bisa kita lelang. Berdasarkan SK itulah kita bisa lakukan lelang. Kita harapkan di akhir Mei. Kepastian penangananya sudah, tapi jumlahnya Rp200 miliar, apakah di atas itu atau tidak kita tunggu," terangnya.

Eka menambahkan akses jalan menuju Pelabuhan Gili Mas memang perlu diperbaiki dan diperlebar. Karena kendaraan yang melewatinya berkapasitas besar seperti truk-truk logistik dan bus pariwisata.

4. Penanganan akses jalan menuju Pelabuhan Gili Mas diusulkan Rp90 miliar

Akses Jalan Pintu Masuk NTB di Pelabuhan Gili Mas Lombok Rusak Parah Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah (IDN Times/Muhammad Nasir)

Terpisah, Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah menyebutkan untuk penanganan akses jalan menuju Pelabuhan Gili Mas diusulkan anggaran sebesar Rp90 miliar. Ia menyebut panjang jalan yang rusak sekitar 7 kilometer (km), namun yang rusak parah sepanjang 1 km.

Untuk saat ini, kata Ridwan, penanganan yang dilakukan bersifat sementara dengan menambal jalan-jalan yang berlubang. "Tapi penanganan permanennya insyaallah sudah diusulkan. Pada bulan Juni akan datang sudah masuk anggarannya Rp90 miliar," kata Ridwan.

Baca Juga: Pungli Tarif Tiket Pelabuhan Kayangan, Petugas Raup Jutaan Tiap Hari

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya