Penonton WSBK Disiapkan 30 Bus Gratis Menuju Mandalika 

Penonton dibekali infografis rute jalan

Mataram, IDN Times - Meski tidak mendapatkan dukungan anggaran dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) seperti saat gelaran MotoGP Mandalika pada Maret lalu, Pemprov NTB akan tetap menyiapkan shuttle bus gratis bagi penonton World Superbike (WSBK) pada 11 - 13 November mendatang. Pemprov NTB melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menyiapkan 30 bus gratis pada tiga koridor.

Tiga koridor yang akan melayani angkutan gratis bagi penonton WSBK Mandalika, yaitu Bandara Internasional Lombok - Sirkuit Mandalika, Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram - Sirkuit Mandalika dan Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara - Sirkuit Mandalika.

"Dinas Perhubungan bersama Organda akan menyiapkan free transport. Kita siapkan 30 unit bus, sedang kita finalisasi dari DAMRI dan dukungan stakeholders yang lain," kata Kepala Dishub NTB Lalu Moh. Faozal di Mataram, Senin (31/10/2022).

1. Bus gratis disiapkan mitra perhubungan

Penonton WSBK Disiapkan 30 Bus Gratis Menuju Mandalika Kepala Dishub Provinsi NTB Lalu Moh. Faizal. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Faozal menjelaskan pada gelaran WSBK Mandalika 2022, tidak ada dukungan fasilitasi penyiapan bus gratis untuk penonton dari Kemenhub. Namun, Pemprov NTB akan tetap menyiapkan angkutan gratis bagi penonton untuk menyukseskan event internasional tersebut.

"Bus gratis ini disiapkan oleh mitra-mitra perhubungan. Kemudian untuk BBM (bahan bakar minyak) dan operasional sopir akan disiapkan dari Dinas Perhubungan," terang Faozal.

Dikatakan, Pemda tetap menghadirkan bus gratis bagi masyarakat yang tidak memiliki kendaraan pribadi ke Mandalika. Sehingga disiapkan angkutan gratis dari tiga koridor tersebut.

Baca Juga: Pembalap WSBK Xavi Vierge Jajal Sirkuit Mandalika Pakai Sepeda 

2. ITDC siapkan 16.350 lot parkir di kawasan Mandalika

Penonton WSBK Disiapkan 30 Bus Gratis Menuju Mandalika Kantong parkir yang disiapkan ITDC di kawasan Mandalika. (dok. ITDC)

General Manager The Mandalika Bram Subiandoro menjelaskan pihaknya tengah merampungkan penyediaan fasilitas parkir kawasan berikut jalan penghubung dari Roundabout Sunggung menuju area parkir selatan di Kawasan Mandalika. Selain sebagai upaya peningkatan standarisasi sirkuit, pemenuhan fasilitas dan akses ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi penonton dan wisatawan.

Penataan fasilitas parkir di area Sirkuit dan Kawasan Mandalika yang dilakukan meliputi pekerjaan pengerasan area kantong parkir, pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan solarcell dan sinage penunjuk arah lot parkir. Ia menyebutkan ITDC menyediakan 16.350 lot parkir yang terbagi menjadi 12.207 kantong parkir pada radius 1 Km, terdiri dari 360 lot untuk parkir bus, 6. 588 parkir mobil dan 5.259 parkir sepeda motor. Pada radius 2 Km terdapat 794 lot parkir bus dan radius 3 Km terdiri dari 110 lot parkir bus, 2.791 parkir mobil dan 448 parkir sepeda motor.

Adapun jalan penghubung atau akses dari Roundabout Sunggung menuju area parkir selatan dibangun sepanjang 2,5 km. Terdiri dari 2 jalur kendaraan yaitu 1 jalur kendaraan roda empat dan 1 jalur kendaraan roda 2 selebar masing-masing 9 meter yang dilengkapi dengan sidewalk atau jalur pejalan kaki selebar 4 meter dan bike lane atau jalur khusus sepeda selebar 2 meter.

3. Penonton yang memiliki tiket dibekali infografis rute jalan

Penonton WSBK Disiapkan 30 Bus Gratis Menuju Mandalika General Manager The Mandalika, Bram Subiandoro (IDN Times/Muhammad Nasir)

Untuk memastikan penyelenggaraan event berjalan lancar dari sisi crowd control dan manajemen lalu lintas, ITDC dan MGPA telah melakukan koordinasi dan kerja sama dengan Polda NTB dan Dishub NTB. Berkaca dari penyelenggaraan WSBK dan MotoGP sebelumnya, lanjut Bram, crowd control dan manajemen lalu lintas selama event perlu mendapat perhatian khusus.

Oleh karena itu, ITDC dan MGPA telah melakukan koordinasi dan kerja sama dengan pihak terkait untuk mekanisme pengaturan crowd control dan manajemen lalu lintas selama event WSBK 2022. "Salah satu bentuk antisipasi kita adalah penonton yang telah memiliki tiket akan dibekali infografis rute jalan untuk mengetahui titik kedatangan dan rute menuju tribun penonton di Sirkuit Mandalika,” terang Bram.

Baca Juga: 148,85 Ton Logistik WSBK 2022 Telah Tiba di Lombok 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya