Pemudik di Mataram Disiapkan Kompresor dan Tempat Ngopi

Berikan kenyamanan pemudik selama perjalanan

Mataram, IDN Times - Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang mudik lebaran tahun 2022, Polresta Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiapkan pos pelayanan dan pengamanan. Ada 4 pos yang didirikan, yaitu Pos Kebon Roek, Pos Epicentrum Mal, Pos Narmada, dan Pos Karang Jangkong.

Pada setiap pos telah disiapkan kompresor bagi pemudik untuk menambah tekanan udara roda ban kendaraan. Selain itu, pemudik juga disiapkan tempat ngopi.

1. Berikan rasa nyaman selama perjalanan mudik

Pemudik di Mataram Disiapkan Kompresor dan Tempat NgopiKasat Lantas Polresta Mataram Kompol Bowo Tri Handoko (Dok. Polresta Mataram)

Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi dan Wakapolresta Mataram AKBP Syarif Hidayat mengunjungi Pos Pengamanan Karang Jangkong guna melihat secara langsung bentuk pengamanan lalu lintas serta pelayanan yang diberikan kepada arus mudik lebaran, Sabtu (30/4/2022) malam.

Kasat Lantas Polresta Mataram Kompol Bowo Tri Handoko mengatakan, Pos Pengamanan dan Pelayanan yang disiapkan Polresta Mataram bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi warga. Pada pos tersebut, telah disiapkan berbagai fasilitas yang mungkin dibutuhkan para pemudik seperti masker, layanan vaksinasi, kompresor untuk menambah tekanan udara roda kendaraan. Serta disediakan kopi bagi pengendara sambil menunggu kendaraan yang sedang dipompa.

"Kami sengaja menyiapkan fasilitas tersebut guna memberi rasa nyaman selama perjalanan mudik," kata Bowo.

Baca Juga: Puluhan Rumah Warga di Bima Ludes Terbakar "si Jago Merah"

2. Bisa istirahat ngopi untuk menghindari ngantuk di perjalanan

Pemudik di Mataram Disiapkan Kompresor dan Tempat Ngopihttps://pixabay.com/id/images

Salah seorang pemudik tujuan Lombok Tengah Hardi (42) mengaku terbantu dengan keberadaan pos arus mudik ini. Apalagi kondisi tekanan ban kendaraan berkurang dari kondisi normal.

Situasi malam hari tentunya menyulitkan arus mudik mencari bengkel yang buka. "Saya juga bisa istirahat ngopi untuk menghindari ngantuk di perjalanan," kata Hardi.

3. Polda NTB terjunkan 1.658 personel amankan arus mudik lebaran

Pemudik di Mataram Disiapkan Kompresor dan Tempat NgopiPos Pengamanan dan Pelayanan Mudik 2022 (Dok. Polresta Mataram)

Sementara itu, Polda NTB telah menyebar sebanyak 35 pos pengamanan dan pelayanan di sejumlah titik rawan selama operasi bersandi Ketupat Rinjani 2022.  Dimulai dengan mengamankan arus mudik, saat lebaran Idul Fitri dan ketika arus balik nantinya.

Polda NTB menerjunkan sebanyak 1.658 personel yang disebar di 35 titik Pos Pengamanan dan Pelayanan tersebut. Dari 35 pos ini sebanyak 23 Pos Pengamanan dan 12 Pos Pelayanan diberdayakan untuk menjaga stabilitas kamtibmas dan kelancaran lalu intas sampai pada melayani kebutuhan para pemudik selama di perjalanan.

“Selain untuk akselerasi vaksinasi dan tetap mengingatkan pada menjaga Prokes, juga memberi informasi tentang pelayanan mudik, seperti di pelabuhan, bandara, dan terminal,” kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto.

Sedangkan untuk Pos Pengamanan, lebih pada memaksimalkan pengamanan terutama di kawasan wisata dan jalur mudik, penjagaan fasilitas publik, perumahan/pemukiman, kantor pemerintah, tempat ibadah, kawasan perbelanjaan dan wisata.

“Pos pengamanan lebih fokus pada bagaimana menjaga dan menanagani gangguan Kamtibmas selain pengamanan wilayah dan mengurai kemacetan lalu lintas,” jelasnya.

Baca Juga: Imam Masjid di Lombok Dilaporkan Kasus Pencurian Pelantang Suara 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya