Pembukaan Rute Internasional Lombok - Singapura Diundur Oktober 

Lombok akan kembali jadi hub AirAsia

Mataram, IDN Times - Pembukaan rute penerbangan langsung internasional Lombok - Singapura yang semula direncanakan pada Juli diundur pada bulan Oktober mendatang. Diundurnya pembukaan rute penerbangan langsung Lombok - Singapura ini karena ada penyesuaian armada.

Di sisi yang lain, maskapai penerbangan AirAsia akan kembali menjadikan Lombok sebagai hub pada akhir tahun ini. Setelah membuka penerbangan langsung Lombok - Kuala Lumpur Malaysia, Airasia rencananya akan membuka kembali rute Lombok - Perth, Australia pada November mendatang.

1. Rute Lombok - Singapura akan dilayani maskapai Scoot Tigerair

Pembukaan Rute Internasional Lombok - Singapura Diundur Oktober sbs.com.au

Penerbangan langsung internasional rute Lombok - Singapura akan dilayani maskapai Scoot Tigerair. Sebelumnya, maskapai penerbangan Scoot yang merupakan anak perusahaan maskapai penerbangan Singapore Airlines itu akan melayani rute Lombok - Singapura pada bulan Juli ini.

"Maskapai penerbangan Scoot akan buka Oktober. Agak mundur, awalnya Juli. Mereka ada penyesuaian armada sehingga akan buka rute Lombok - Singapura pada bulan Oktober," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu Moh. Faozal dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Sabtu (23/7/2022).

Baca Juga: Gegara Tumpahan BBM, Warung Nasi dan Rumah Ludes Terbakar di Lotim 

2. Maskapai penerbangan masih recovery

Pembukaan Rute Internasional Lombok - Singapura Diundur Oktober Kepala Dinas Perhubungan NTB Lalu Moh. Faozal. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Faozal menjelaskan maskapai masih recovery setelah dua tahun bisnis penerbangan dihantam pandemik Covid-19. Rata-rata persoalan yang dihadapi maskapai penerbangan adalah soal armada.

"Karena dua tahun pandemik, perusahaan mereka menyesuaikan armada. Sekarang recovery lagi. Belum lagi masalah kru yang paling berat. Karena pada saat pandemik ada kru yang resign. Melatih satu kru di airlines itu belanja besar. Makanya sekarang tiket naik di samping harga avtur juga tinggi," jelasnya.

3. AirAsia akan kembali jadikan Lombok sebagai hub

Pembukaan Rute Internasional Lombok - Singapura Diundur Oktober IDN Times/ Helmi Shemi

Selain itu, lanjut Faozal, maskapai penerbangan AirAsia juga akan membuka penerbangan langsung Lombok - Perth, Australia pada bulan November mendatang. Saat ini, AirAsia sudah membuka rute Lombok - Kuala Lumpur.

"Kemungkinan AirAsia akan kembali menjadikan Lombok sebagai hub tahun ini. Kalau Lombok dikembalikan sebagai hub pasti rute-rute donestik dan internasional akan dioperasionalkan," tandas Faozal.

Sebagaimana diketahui, AirAsia telah menetapkan Lombok sebagai hub atau pusat operasi pada 2 Mei 2019 atau pasca NTB dilanda gempa bumi dahsyat pada 2018. Peresmian hub Lombok ini merupakan bagian dari upaya berkesinambungan AirAsia dalam mendukung inisiatif Pemerintah dan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk menyukseskan Lombok sebagai salah satu dari ‘10 Bali Baru’.

Pada waktu itu, AirAsia menyiapkan pesawat Airbus A320 berkode registrasi PK-AXU melayani rute penerbangan langsung dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok menuju Perth, Australia mulai 9 Juni 2019, serta beberapa rute domestik yang rencananya akan segera beroperasi, yaitu ke Jakarta, Yogyakarta, dan Bali.

Baca Juga: Tuan Rumah Event Internasional, NTB Desak Pusat Normalkan Harga Tiket 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya