MXGP Selaparang Lombok Dihadiri 50 Ribu Orang 

Penonton MXGP Sumbawa dan Lombok diklaim mencapai 100 ribu

Mataram, IDN Times - Perhelatan kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) Selaparang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) behasil menyedot perhatian penonton. Penyelenggara menyatakan jumlah penonton MXGP Selaparang Lombok selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 1 - 2 Juli 2023 sebanyak 50.000 orang.

Jumlah penonton terbanyak terlihat pada final race MXGP Selaparang Lombok, Minggu (2/7/2023). Puluhan ribu masyarakat memadati Sirkuit Selaparang Lombok untuk menyaksikan ajang MXGP yang baru pertama kali di Pulau Lombok.

"Hasil penjualan tiket selama dua hari dengan estimasi penonton setelah kita kroscek ulang sesuai target kita mencapai 50.000 penonton. Teman-teman media tadi sempat meliput keramaian yang terjadi di Sirkuit Selaparang, di semua titik ramai, dipadati penonton," kata Media Director MXGP Carsten Indonesia Baiq Yulia Fatmawati usai perhelatan MXGP Lombok di Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, Minggu (2/7/2023) sore.

1. Terbanyak penonton kelas festival

MXGP Selaparang Lombok Dihadiri 50 Ribu Orang Penonton memadati Sirkuit MXGP Selaparang Lombok, Minggu (2/7/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Yulia mengatakan penonton MXGP Selaparang Lombok bukan saja dari NTB, tetapi juga dari luar daerah. Bahkan ada juga penonton dari luar negeri. Namun Yulia tak menyebutkan secara detil jumlah penonton yang berasal dari NTB, luar daerah dan luar negeri berdasarkan hasil penjualan tiket.

Tiket yang dijual terdiri dari empat kategori, yaitu festival, tribun festival, VIP dan VVIP. Sesuai tiket dari empat kategori tiket yang dijual, paling banyak untuk kelas festival. Sementara itu, untuk tiket kelas festival dijual seharga Rp50 ribu untuk masyarakat umum, sedangkan pelajar seharga Rp25 ribu untuk menonton selama dua hari.

Karena balap motocross ini ajang internasional yang ditunggu masyarakat Indonesia. Karena motocross itu ajang balap motor yang sangat merakyat, semua orang menggemarinya cuma memang biasanya dalam skala komunitas. Tapi kali ini didatangkan ke Indonesia dua seri. Antusias warga sekitar ramai sekali," tuturnya.

Baca Juga: Antisipasi Ajaran Sesat, NTB Awasi Alumni Ponpes Al Zaytun

2. Penonton MXGP Sumbawa dan Lombok diklaim mencapai 100 ribu orang

MXGP Selaparang Lombok Dihadiri 50 Ribu Orang Final race MXGP Selaparang Lombok, Minggu (2/7/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Yulia menambahkan tingginya antusiasme masyarakat menonton MXGP Selaparang Lombok, karena dirangkaikan juga dengan konser musik Band Dewa 19 dan band-band lokal NTB. Ia menyebut untuk dua gelaran seri MXGP di NTB, baik Sumbawa dan Lombok, jumlah penonton mencapai 100 ribu orang.

"Kalau MXGP Samota Sumbawa sekitar 40 ribu sampai 60 ribu penonton. Kalau kita gabung MXGP Sumbawa dan MXGP Lombok sekitar 100 ribu penonton," sebutnya.

3. Kru dan pembalap meninggalkan NTB besok pagi

MXGP Selaparang Lombok Dihadiri 50 Ribu Orang Orang tua membawa anak-anaknya menonton final race MXGP Selaparang Lombok, Minggu (2/7/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Perhelatan kejuaraan dunia MXGP Selaparang Lombok diikuti sebanyak 38 pembalap. Dengan rincian, 20 pembalap kelas MX2 dan 18 pembalap kelas MXGP. Pada kelas MX2, ada tiga pembalap Indonesia yang ikut berlaga yaitu Delvintor Alfarizi (Honda), Diva Ismayana (Kawasaki) dan Nakami Vidi Makarim (KTM).

Sedangkan untuk kelas utama atau MXGP, ada satu pembalap asal Indonesia yang ikut berlaga yaitu Hilman Maksum (KTM). Dari dua seri MXGP Indonesia yaitu Sumbawa dan Lombok, Hilman Maksum mengoleksi 17 poin. Sementara itu, pemimpin klasemen sementara MXGP 2023 adalah pembalap asal Spanyol Jorge Prado dari Red Bull Gasgas Factory Racing.

Yulia mengatakan bahwa para pembalap MX2 dan MXGP mulai meinggalkan Lombok pada Senin (3/7/2023) sekitar pukul 09.45 WITA. Sedangkan untuk logistik mulai diangkut malam ini.

Baca Juga: Libur Panjang dan MXGP, Penumpang Bandara Lombok Naik 10 Persen

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya